Beri Jeda 30 Menit Bila Ingin Sikat Gigi Setelah Makan

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 28 Juni 2022 08:48
Beri Jeda 30 Menit Bila Ingin Sikat Gigi Setelah Makan
Sudah tahu alasannya?

Dream - Menyantap hidangan yang bearoma kuat atau menyisakan banyak kotoran di gigi, membuat kita ingin segera membersihkannya. Beberapa orang memamiliki kebiasaan untuk menyikat gigi segera setelah makan.

Hal tersebut memang buat aroma tak sedap hilang dan mulut terasa lebih segar. Sayangnya, menyikat gigi langsung setelah makan sangat tidak direkomendasikan. Efeknya bisa membuat gigi jadi sangat sensitif dan terasa ngilu.

Dikutip dari KlikDokter.com, saat makan, pH air liur (saliva) akan turun dari nilai normal dan berubah menjadi asam. Hal ini disebabkan oleh gula yang merupakan hasil dari proses pengolahan makanan, yang kemudian mengundang bakteri untuk bersarang pada plak gigi.

 

1 dari 4 halaman

Suasana rongga mulut yang asam tersebut dapat melunakkan permukaan lapisan enamel gigi. Akhirnya terjadilah proses demineralisasi yaitu hilangnya mineral gigi.

Setelah makan, biasanya produksi air ludah akan meningkat. Suasana mulut pun dapat netral dan kembali normal. Nah, menyikat gigi setelah makan malah menghentikan proses remineralisasi alami dari saliva.

Berapa Kali Sikat Gigi Ketika Puasa?© MEN

Akibatnya, mineral-mineral akan larut dan membuat gigi lama-kelamaan keropos, serta berisiko menyebabkan rasa ngilu pada gigi. Selain itu, penyikatan akan memperparah erosi gigi, yaitu proses pengeroposan permukaan email gigi yang tidak melibatkan kuman.

Jika dibiarkan terus-menerus, lapisan email akan menipis dan lapisan dentin terbuka. Hal inilah yang akan mengakibatkan bertambahnya rasa ngilu di gigi (dentin hipersensitif). Tak hanya itu, erosi asam dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gigi.

 

2 dari 4 halaman

Beri Jeda 30 Menit hingga 1 Jam

Waktu yang paling baik untuk menyikat gigi adalah kurang lebih 30 menit sampai 1 jam setelah makan. Selama waktu tersebut, air liur menetralisir asam yang terbentuk setelah makan, sehingga pH-nya kembali normal.

Gunakan sikat gigi dengan ujung kepala yang kecil dan berbulu lembut, serta pasta gigi mengandung fluoride. Cara ini dapat membantu air liur menghilangkan asam. Pasta gigi mengandung fluoride juga dapat membantu memperkuat gigi.

Lalu, durasi menyikat gigi yang benar adalah dua menit. Tujuannya agar sisa-sisa makanan ikut terangkat. Kamu disarankan menyikat gigi pada pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Bila ingin tetap membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel setelah makan, lakukan flossing pakai dental floss dengan teknik yang benar. Hal ini bertujuan untuk mengangkat sisa makanan di sela-sela gigi agar tetap bersih.

Jika ingin membersihkan gigi setelah makan, kamu disarankan untuk berkumur dengan air dahulu. Cara ini dapat membantu pH saliva di dalam mulut untuk segera normal kembali.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

3 dari 4 halaman

Jangan Lupa Kumur atau Sikat Gigi Setelah Minum Kopi, Ingin Tahu Alasannya?

Dream - Sahabat Dream ada yang rutinitas paginya wajib minum kopi? Minum kopi memang bikin semangat dan aromanya menenangkan. Sayangnya, kopi dapat menyebabkan gigi berubah warna.

Zat warna pada kopi dapat terserap dalam gigi, menyebabkannya tampak lebih kuning. Untuk itu jika memang selalu minum kopi, setelahnya usahakan untuk sikat gigi atau setidaknya berkumur.

Christina Meiners, seorang dokter gigi di Pusat Kesehatan CommuniCare nirlaba, mengatakan sikat gigi sebelum minum kopi perlu dilakukan agar noda kopi mudah terangkat.

" Jika menjaga gigi tetap bersih, maka noda kopi tidak akan menempel di gigi anda," kata Meiners, dikutip dari MarthaStewart.

Keasaman dari minuman seperti kopi membuat email gigi (lapisan luar pelindung gigi) lebih rentan terhadap kerusakan saat menyikat gigi setelah minum kopi. Jadi, daripada menyikat gigi lagi, Meiners mengatakan sebaiknya berkumur dengan air setelah menghabiskan kopi.

 

4 dari 4 halaman

Menambah lebih banyak asam ke gigi dapat menyebabkan gigi rusak lebih cepat dan lebih sensitif ketika membersihkan gigi setelah minum kopi. " Kamu harus menunggu 30 menit setelah minum kopi baru bisa menggosok gigi.

Sonya Krasilnikov, seorang dokter gigi di Rumah Gigi Kota New York, berpendapat, air liur menetralkan pH di mulut.

" Dalam waktu setengah jam, mulut kembali ke kondisi sehatnya di mana pH berada di mulut, sehingga menyikat gigi dan segala sesuatunya benar-benar aman," ungkap Sonya.

Selain menggosok gigi, cara lain membersihkan noda kopi pada gigi dengan flossing (benang gigi). Bisa juga berkumur, mengunyah permen karet bebas gula (sebaiknya mengandung xylitol untuk menghindari penumpukan bakteri) yang dapat memberikan sensasi segar dan merangsang produksi air liur yang bisa membersihkan gigi.

Laporan Syifa Putri Naomi

Beri Komentar