Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Berhenti Merokok yang Efektif, Mudah dan Cepat Tapi Hasilnya Permanen

Cara Berhenti Merokok yang Efektif, Mudah dan Cepat Tapi Hasilnya Permanen Cara Berhenti Merokok Yang Efektif, Mudah Dan Cepat. (Foto: Ilustrasi/Pixabay.com)

Dream - Merokok telah terbukti menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti penyakit paru kronik, kanker paru-paru, serangan jantung, serta beragam penyakit lainnya.

Rokok diketahui mengandung bahan kimia berbahaya seperti nikotin, tar, sianida, benzene, cadmium, metanol, amonia, arsenik, serta karbon monoksida.

Melihat dampaknya yang mematikan, membuat sebagian perokok ingin berhenti merokok secara total. Mereka bahkan berusaha mencari cara berhenti merokok yang efektif, mudah dan cepat tapi hasilnya permanen.

Banyak sekali cara berhenti merokok yang mudah dan cepat yang bisa dilakukan. Namun, kunci utama cara berhenti merokok yang efektif itu tergantung pada kesadaran si perokok untuk meninggalkan kebiasaan berbahaya ini.

Jika tidak ada kesadaran dan niat tulus, apapun cara yang digunakan untuk berhenti merokok secara efektif, mudah dan cepat ini tidak akan berhasil.

Cara berhenti merokok yang efektif, mudah dan cepat ini tidak memerlukan obat-obatan. Kamu cukup mengikuti saran dan tips yang diberikan.

Tapi ada cara berhenti merokok dengan permen karet nikotin, tablet isap atau tablet sublingual. Ini adalah cara berhenti merokok dengan produk pengganti nikotin.

Cara berhenti merokok dengan produk pengganti nikotin ini disebut Nicotine Replacement Therapy atau NRT. Namun produk ini agak susah didapatkan secara bebas.

Masalahnya, untuk menggunakan cara berhenti merokok dengan produk pengganti nikotin, perokok perlu datang ke sesi terapi oleh seorang psikiater atau profesional di bidangnya.

Cara berhenti merokok dengan produk pengganti nikotin yang bisa didapatkan perokok berat di antaranya adalah permen karet nikotin dan tablet isap yang dikonsumsi dengan meletakkannya di bagian dalam pipi.

Perokok berat juga bisa menggunakan cara berhenti merokok dengan inhaler pengganti nikotin, atau mengonsumsi tablet sublingual yang diletakkan di bawah lidah.

Cara berhenti merokok dengan produk pengganti nikotin lainnya adalah transdermal atau 'koyo' nikotin yang ditempel di punggung atau tubuh bagian atas, serta obat semprot hidung atau mulut.

Sayangnya, perokok terkadang merasa susah harus berhenti merokok secara total. Jika demikian, dia bisa menggunakan cara berhenti merokok secara bertahap.

Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas cara berhenti merokok yang efektif, mudah dan cepat tapi hasilnya permanen yang bisa diterapkan di rumah.

Cara Berhenti Merokok Yang Efektif, Mudah dan Cepat Tapi Hasilnya Permanen

Berikut adalah beberapa cara berhenti merokok yang efektif, mudah dan cepat tapi hasilnya permanen yang dirangkum Dream dari berbagai sumber.

Cara Berhenti Merokok Secara Alami

Beberapa tips berikut ini bisa kamu terapkan sebagai cara berhenti merokok secara alami.

  1. Cari hobi baru yang sesuai dengan passion. Hal ini akan membantu mengalihkan pikiran agar tak tergoda rokok.
  2. Cari kata-kata yang bisa jadi "sugesti otomatis" ketika akan tergoda rokok. Misalnya "Kalau aku tergoda, kapan aku berhenti merokok?" atau sesederhana, "Aku tidak merokok".
  3. Kurangi asupan kafein, seperti dari kopi. Pasalnya kafein akan dua kali lebih efektif ketika nikotin berkurang. Nah, efek kafein membuat kamu terjaga sehingga tergoda untuk merokok.
  4. Hindari orang-orang yang merokok dan dengarkan nasihat orang-orang yang tidak suka merokok.
  5. Mencari bantuan profesional seperti psikiater, karena kecanduan rokok biasanya adalah kecanduan psikologis. Ini adalah kecanduan di mana kamu telah terbiasa dengan perilaku merokoknya, lebih dari sekedar kecanduan nikotin namun kebiasaan sehari-hari yang ada rokok di dalamnya. Hal ini harus ditangani secara profesional untuk mengetahui pemicu dan dorongan untuk merokok.

Cara Berhenti Merokok Secara Bertahap

Untuk berhenti merokok, ada dua metode yang bisa digunakan, yakni cara berhenti merokok tiba-tiba atau disebut "Cold Turkey". Ada juga cara berhenti merokok secara bertahap.

Berikut ini tips dan cara berhenti merokok secara bertahap yang bisa dilakukan di rumah.

  1. Tentukan berapa lama kamu menggunakan cara berhenti merokok secara bertahap ini, dan berkomitmenlah dengan keputusan tersebut. Misalnya kamu ingin berhenti merokok secara bertahap dalam 3 minggu, maka tandai kalender dan jangan merokok di tanggal di mana kamu seharusnya telah berhenti.
  2. Mulailah di hari yang tidak terlalu sibuk, tidak berpotensi stres, atau ketika libur. Jika kamu mulai berhenti merokok secara bertahap di hari Senin yang penuh tumpukan deadline, kamu akan tergoda lagi untuk merokok.
  3. Tentukan secara spesifik berapa banyak rokok yang kamu kurangi. Penentuan ini cukup sederhana. Misalnya satu batang rokok dalam satu hari, atau satu batang dua hari. Jumlah rokok tentu harus berkurang dari waktu ke waktu, di mana di akhir deadline berhenti merokok, kamu harus benar-benar berhenti. Contoh, minggu pertama 7 batang seminggu, minggu kedua 3 batang, minggu ketiga 1 batang, minggu berikutnya berhenti total.
  4. Kombinasikan cara berhenti merokok bertahap ini dengan konseling ke pskiater profesional, atau ke teman dekat kamu yang kontra dengan kebiasaan merokok kamu. Hal ini akan memberi dorongan lebih untuk makin semangat berhenti merokok total.

Cara Berhenti Merokok dengan Vape

Vape atau Vaporizer adalah rokok elektrik yang diciptakan sebagai salah satu alternatif untuk berhenti merokok secara total.

Rokok elektrik ini menggunakan cairan beraroma yang nantinya akan menjadi uap yang menyerupai asap yang dihasilkan rokok konvensional.

Pada awalnya, Vape merupakan alternatif menarik untuk berhenti merokok. Namun lama kelamaan, terungkap kalau nge-vape ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Para pengguna vapor ternyata berisiko mengidap penyakit paru-paru, jantung, dan juga kanker. Terlebih lagi nge-vape juga membuat kecanduan seperti rokok.

Jadi, cara berhenti merokok dengan vape sebenarnya tak terlalu efektif. Apabila kamu tetap ingin menempuh cara berhenti merokok dengan vape, sepertinya kamu harus menggunakannya saat terpaksa.

Cara berhenti merokok dengan vape harus dianggap hanya untuk menggantikan sensasi asap rokok.

Selebihnya, tetap jalani cara berhenti rokok secara alami yakni berhenti total atau mengurangi secara bertahap.

Demikianlah berbagai cara berhenti merokok yang mudah, efektif dan cepat tapi hasilnya permanen. Ingat, merokok itu membunuhmu.

Kecanduan atau ketagihan rokok hanya bisa dihentikan jika kamu punya niat kuat dan kesadaran diri untuk tidak merokok. Semoga bermanfaat.

Dirangkum dari berbagai sumber.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Trik Mematangkan Mangga dengan Cepat, Cuma Pakai Alat Rumahan

7 Trik Mematangkan Mangga dengan Cepat, Cuma Pakai Alat Rumahan

Tidak sengaja membeli buah mangga yang belum matang sepenuhnya seringkali menjadi tantangan, terutama ketika kita ingin segera menikmatinya.

Baca Selengkapnya
Ini 9 Tips Alami dan Efektif untuk Menumbuhkan Kembali Rambut yang Rontok

Ini 9 Tips Alami dan Efektif untuk Menumbuhkan Kembali Rambut yang Rontok

Rambut rontok adalah masalah yang sangat umum wanita maupun pria. Yuk, simak cara alami dan cepat untuk menumbuhkan kembali rambut yang rontok!

Baca Selengkapnya
5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

Perawatan kulit setelah berolahraga sedikit berbeda daripada biasanya. Jangan sampai salah pakai produk dan cari tahu cara tepat merawat kulit usai berolahraga.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Ampuh dan Cepat, Cukup Gunakan 3 Bahan Ini!

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Ampuh dan Cepat, Cukup Gunakan 3 Bahan Ini!

Komedo di area hidung telah menjadi masalah kulit wajah yang cukup mengganggu penampilan selain jerawat. Yuk, simak cara menghilangkannya!

Baca Selengkapnya
Tips Merebus Gula Merah agar Kental dan Manisnya Pas

Tips Merebus Gula Merah agar Kental dan Manisnya Pas

Berikut ini adalah tips yang bisa dicoba untuk menghasilkan gula merah cair yang kental dan manis pas untuk tambahan hidangan.

Baca Selengkapnya
5 Cara Bikin Lengan Kencang Bebas Gelambir dari Ahli Kebugaran

5 Cara Bikin Lengan Kencang Bebas Gelambir dari Ahli Kebugaran

Jangan biarkan lengan bergelambir dan membuatmu kurang percaya diri. Hempas lemak di lengan dengan 5 saran dari ahli.

Baca Selengkapnya
Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut dengan Efektif Menggunakan Satu Bahan Alami

Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut dengan Efektif Menggunakan Satu Bahan Alami

Terdapat solusi yang simpel untuk menghilangkan kutu rambut tanpa perlu bahan kimia keras atau produk dengan harga tinggi.

Baca Selengkapnya