Alasan Logis Kamu Harus Rutin Cek Kesehatan 6 Bulan Sekali, Masih Takut?

Reporter : Nur Ulfa
Rabu, 8 Juni 2022 07:12
Alasan Logis Kamu Harus Rutin Cek Kesehatan 6 Bulan Sekali, Masih Takut?
Cek kesehatan minimal dilakukan enam bulan sekali

Dream - Meski ada peningkatan, kesadaran masyarakat Indonesia tentang menjaga kesehatan belum sepenuhnya tinggi. Hal ini dapat dilihat dari laporan BPJS Kesehatan yang menyebut lima penyakit terbanyak di Indonesia adalah hipertensi, stroke, gagal jantung, diabetes, dan TBC.

Kelima penyakit itu muncul karena awalnya para pengidap tidak mengontrol kesehatan mereka secara rutin.

Padahal jika masyarakat rutin mengecek kesehatan secara berkala selama 6 bulan sekali, penyakit-penyakit itu dapat terdeteksi dan ditangani lebih cepat.

" Cek kesehatan itu penting. Biasanya orang ke rumah sakit kalau sudah sakit. Padahal cek kesehatan berkala dianjurkan enam bulan sekali," kata Sondang Simamora, Pharmacist Manager Guardian Indonesia di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa, 7 Juni 2022.


1 dari 2 halaman

cek kesehatan© dream

Pada umumnya, masyarakat Indonesia masih banyak yang ragu untuk mengecek kesehatan karena takut akan mengetahui adnya penyakit yang tidak diharapkan di dalam tubuhnya. Padahal dengan rutin mengecek kesehatan, masyarakat bisa mencegah penyakit yang muncul.

" Biasanya orang takut buat cek kesehatan, padahal ini sangat penting karena sehat investasi jangka panjang," ucapnya lagi.

Menurut Sondang, untuk mengecek kesehatan tidak memerlukan biaya yang besar. Tak perlu datang ke rumah sakit besar, bisa dilakukan di klinik ataupun apotek terdekat.


2 dari 2 halaman

cek kesehatan© dream

Untuk biaya juga tidak terlalu mahal karena cek kesehatan biasanya dilakukan dengan mengecek gula darah, asam urat, kolesterol dan mengukur tensi darah.

Melihat kurangnya masyarakat Indonesia yang peduli dengan kesehatan, Guardian Indonesia menggelar cek kesehatan gratis meliputi cek kolesterol, gula darah, asam urat, dan tekanan darahgratis di 99 Guardian berlisensi apotek di Jabodetabek.

" Kita mau edukasi masyarakat bahwa cek kesehatan penting, yang dimana mampu meningkatkan kualitas hidup sehat," tuturnya.

Beri Komentar