Haruskah Rendam Stroberi di Air Garam Sebelum Disantap?

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 6 Juni 2022 19:35
Haruskah Rendam Stroberi di Air Garam Sebelum Disantap?
Cari tahu faktanya yuk!

Dream - Buah stroberi mengandung vitamin C yang sangat kaya. Buah ini kerap disantap langsung atau dijadikan campuran es, puding atau hidangan lain. Sahabat Dream bagaimana mengolah buah stroberi selama ini?

Ada yang dicuci di air mengalir, direndam dulu atau mungkin langsung dimakan. Banyak beredar di media sosial video stroberi yang direndam di air garam kemudian setelah itu keluar binatang kecil dari dalamnya. Seperti ulat dan serangga.

Mengenal Kandungan & 7 Manfaat Buah Strawberry Bagi Kesehatan© MEN

Haruskah stroberi direndam dulu sebelum diolah? Dikutip dari KlikDokter, apabila serangga di buah tak sengaja termakan sebenarnya tidak akan membuat keracunan. Pada dasarnya, serangga ini tidak berbahaya atau tidak beracun.

1 dari 1 halaman

Untuk ulat juga sebenarnya tidak terlalu berbahaya bila tertelan. Biasanya ulat memang ditemukan di berbagai buah dan sayur, apalagi jika merupakan produk organik (tanpa pestisida sama sekali).

Jatuh Bangun Bisnis Buah Segar, Strawberry Tangerang Survive dengan Penjualan Meningkat© MEN

Penggunaan garam sebenarnya bertujuan untuk membantu membersihkan pestisida, serangga, dan ulat beserta telurnya yang ada di buah atau sayur. Boleh merendamnya dulu di air garam bila ingin menyingkirkan ulat dan serangga, tapi jika pun tidak cukup bilas saja di bawah air mengalir.

Untuk membersihkan stroberi dengan maksimal, ada panduan yang bisa diikuti berikut.
- Buat campuran dengan perbandingan garam dan air 1: 1
- Untuk setiap cangkir air hangat yang dituang ke dalam mangkuk, tambahkan 1 sendok teh garam
- Biarkan campuran mendingin dan agak larut sebelum memasukkan stroberi
- Masukkan stroberi dan diamkan selama 5 menit

Beri Komentar