Olahraga Murah Ini Ternyata Efeknya Bikin Panjang Umur

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 2 Juni 2022 09:36
Olahraga Murah Ini Ternyata Efeknya Bikin Panjang Umur
Terlihat mudah, tapi dampaknya luar biasa jika dilakukan secara rutin.

Dream - Kesehatan fisik dan mental harus dijaga sejak usia muda. Jangan sampai gaya hidup yang tak sehat saat muda, membuat di kemudian hari kita terkena penyakit berbahaya yang bisa menurunkan kualitas hidup.

Tak hanya itu, kesehatan yang tak diperhatikan untuk bisa meningkatkan risiko kematian. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah melakukan olahraga rutin.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan. Salah satu yang sangat disarankan karena sangat sederhana dan murah adalah jalan kaki. Olaharga ini mungkin terlihat mudah, tapi dampaknya luar biasa jika dilakukan secara rutin.

Hal ini diungkapkan oleh dr. Decsa Medika Hertanto, spesialis penyakit dalam yang juga seorang konten kreator. Lewat akun Instagramnya @dokterdecsa, ia menekankan hasil penelitian American Heart Association, yaitu jalan kaki dapat meningkatkan umur dan mengurangi risiko penyakit jantung dan kematian.

 

1 dari 4 halaman

" Jalan kaki, olahraga murah baik untuk kesehatan, cocok untuk yang tidak punya waktu olahraga khusus. Dampak jalan kaki bayi tubuh sangat banyak. Mulai dari kesehatan jantung, tulang, otot, mood berat badan dll,"  ungkapnya.

Berapa Banyak Langkah Saat Jalan Kaki untuk Turunkan Berat Badan?© MEN

Dokter Decsa sangat menyarankan untuk jalan kaki setiap hari dengan durasi 30 hingga 60 menit per hari. Bila tak sempat, bisa curi waktu di sela-sela aktivitas.

" Jadikan kebiasaan, konsistensi, rutin, teratur, tiap hari," pesannya.

Olahraga ini cukup simpel, tak perlu banyak biaya, bahkan kamu bisa melakukannya dengan keliling di lingkungan rumah kapan saja. Sangat simpel tapi membuat tubuh jadi lebih fit dan panjang umur.

2 dari 4 halaman

Berapa Banyak Langkah Saat Jalan Kaki untuk Turunkan Berat Badan?

Dream - Jalan kaki adalah salah satu cara termudah untuk memulai olahraga dan lebih aktif secara fisik. Tak heran kalau aktivitas ini sangat disarankan bagi pemula. Biasanya dimulai dari durasi singkat ke durasi yang lebih lama.

Bagaimana dengan yang ingin menurunkan berat badan? Rupanya jalan kaki juga bisa diandalkan.

" Jika berjalan 10.000 langkah dalam sehari, Anda mungkin kehilangan berat badan. Tetapi penurunan berat badan bervariasi dan bergantung pada banyak faktor lain seperti tingkat aktivitas, ukuran porsi, dan pilihan makanan,” kata Lawrence Cheskin, M.D., F.A.C.P., Chair of Nutrition and Food Studies at George Mason University, dikutip dari Prevention.

Untuk menurunkan berat badan, harus melakukan lebih dari sekadar menghitung langkah. “ Menghitung langkah berguna karena kita dapat memantau diri sendiri setiap hari, tetapi jika jumlah langkah adalah pendorong utama, mungkin tidak mendapatkan hasil yang diharapkan,” kata Anthony J. Wall, Senior Director, Global Business Development for the American Council on Exercise (ACE).

3 dari 4 halaman

Berapa banyak langkah yang harus dilakukan dalam sehari?

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan dapat memiliki manfaat kesehatan yang signifikan, termasuk menstabilkan tekanan darah, profil lipid dan fungsi kardiovaskular, mengurangi lingkar pinggang, dan menjaga kepadatan tulang.

Mungkin Sahabat Dream pernah mendengar bahwa harus berjalan 10.000 langkah sehari, ternyata jumlah itu agak berubah-ubah. Angka tersebut sebenarnya berasal dari tahun 1965 karena pemasaran alat penghitung langkah di Jepang.

Optimalkan Manfaat Berjalan Kaki dengan Cara Ini© MEN

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa pada wanita yang lebih tua, butuh 4.400 langkah setiap hari untuk menurunkan tingkat kematian, dibandingkan dengan wanita yang kurang aktif, yang hanya perlu 2.700 langkah.

Studi lain pada orang berusia 38 hingga 50 tahun menemukan bahwa 7.000 langkah dikaitkan dengan tingkat kematian yang lebih rendah. “ Jika melihat jumlah langkah untuk meningkatkan kesehatan dan harapan hidup yang lebih baik, kira-kira 7.000 langkah tampaknya menjadi titik yang tepat,” kata Cheskin.

 

4 dari 4 halaman

Berapa banyak langkah untuk menurunkan berat badan?

Tidak ada satu ukuran untuk semua rekomendasi karena faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas berperan dalam penurunan berat badan. Satu penelitian menunjukkan bahwa orang yang kehilangan lebih dari 10 persen penurunan berat badan selama 18 bulan melakukan sekitar 10.000 langkah per hari.

Jauhi Obesitas Dengan Berjalan Kaki© MEN

Studi lain menemukan bahwa 30 menit sehari aktivitas fisik sedang hingga berat menghasilkan sekitar 7.900 langkah untuk pria dan 8.300 langkah untuk wanita.
Bukan hanya jumlah langkah yang diperhitungkan, durasi dan intensitas juga penting.

" Tidak bisa hanya berjalan-jalan dari dapur ke kamar tidur. Anda harus berjalan dengan kecepatan yang meningkatkan detak jantung,” kata Wall.

Beri Komentar