Facebook Bikin Panduan Khusus untuk Orangtua

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 20 Desember 2016 07:15
Facebook Bikin Panduan Khusus untuk Orangtua
Menanggapi keluhan para orangtua, Facebook membuat Portal Orang tua (Parent's Portal).

Dream - Teknologi digital dan media sosial sudah sangat mengubah cara orang berinteraksi. Terkoneksi secara digital kini dianggap sama pentingnya seperti tatap muka. Tak heran kini 
banyak sekali media sosial bermunculan.

Salah satu yang paling populer adalah Facebook. Jika dilihat sisi positifnya, Facebook bisa menghubungkan banyak orang, teman lama, kerabat, hingga saudara jauh yang jarang sekali bertemu. Kita bisa melihat cerita terbaru mereka dan cara menarik dan saling sapa.

Namun Facebook juga memiliki sisi buruk terutama untuk anak-anak, risiko cyberbully,  kekerasan dan gambar vulgar juga banyak beredar di media sosial ini. Menanggapi keluhan para orangtua, Facebook baru saja membuat Portal Orang tua (Parent's Portal).

Dari rilis yang diterima, Facebook mengungkap portal tersebut bagian baru dari Pusat Keamanan Facebook (Facebook Safety Center). Isinya berupa panduan bagi orang tua mengenai bagaimana Facebook bekerja, kiat untuk berbicara dengan anak mengenai bagaimana agar tetap aman saat online, serta sumber materi dari para ahli di seluruh dunia.

Berikut beberapa trik yang dari Facebook yang bisa dijadikan panduan para orangtua dalam mendampingi anak-anaknya saat menggunakan Facebook

Jadi panutan
Ungkapan bahwa anak-anak akan melakukan seperti apa yang dilakukan orangtuanya adalah benar. Untuk itu jadilah panutan yang baik. Jika Anda memberi batasan tak boleh 
menggunakan media sosial di atas jam 22.00, maka konsistenlah. Lakukan juga hal yang sama agar anak bisa melihat contoh yang baik.

Orangtua juga punya akun
Data menyarankan bahwa orangtua harus berinteraksi secara online dengan anak, segera setelah mereka menjadi bagian dari sosial media. Pertimbangkan untuk berteman dengan mereka ketika mereka bergabung dengan Facebook. Ceritakan bagaimana alur teknologi digital dan media sosial secara keseluruhan. Cari info sebanyak-banyaknya, jangan sampai ketinggalan informasi.

Identifikasi
Ketika anak punya ponsel untuk pertama kalinya, inilah waktu yang baik untuk membuat peraturan dasar. Berikan batasan yang jelas terkait durasi pemakaian, apa yang bisa dilakukan, serta ungkap risikonya. Penting untuk memberi batasan. Usia yang dianjurkan memiliki akun Facebook adalah 13 tahun.


(Sah/Sumber: Facebook)

 

Baca Juga: 3 Alasan Buah Hati Selalu Mengabaikan Omongan Anda Cari Tahu Alasan Buah Hati Menangis di Sekolah Ingin Anak Lebih Pintar? Ibu Selalu Mendampingi Saat Belajar Si Kecil Termasuk Anak Jenius? Ketahui Dulu Tanda-tandanya Tak Perlu Selalu Ditemani, Biarkan Si Kecil Main Sendiri Ayah Bunda, Yuk Siapkan Mental Menyambut Si Kembar Bayi Menangis Tanpa Henti, Segera Cek 4 Hal Ini

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More