Ayah Bunda, Yuk Siapkan Mental Menyambut Si Kembar

Reporter :
Jumat, 9 Desember 2016 13:44
Ayah Bunda, Yuk Siapkan Mental Menyambut Si Kembar
Orangtua anak kembar akan mengalami empat kali tekanan stres dibandingkan orangtua dengan satu bayi.

Dream - Banyak orang menganggap menjadi ibu dari bayi kembar adalah hal luar biasa, beruntung dan diberkati. Tapi ketika hal itu terjadi, barangkali baru menyadari bahwa menjadi orangtua anak kembar tak semudah yang dibayangkan.

Ada ahli yang berpendapat, orangtua anak kembar akan mengalami empat kali tekanan stres dibandingkan orangtua dengan satu bayi. Momen penuh tekanan ini terutama pada saat anak kembar masih di bawah usia lima tahun (balita).

Kerepotan ekstra memang akan dialami para orangtua dengan anak kembar. Bagi para calon ibu yang akan memiliki bayi kembar disarankan untuk mempersiapkan diri. Kelelahan dan kurang tidur ekstrem biasanya terjadi pada ayah dan ibu. Selain itu pertimbangkan untuk melakukan hal ini.

1. Cari 'modal' ilmu
Setelah mengetahui bahwa Anda mengandung anak kembar, rencanakan segala urusan dan keperluan si kembar dengan matang. Perbanyak membaca literatur terkait pengasuhan anak.

Bisa juga mengikuti kelas khusus persiapan orangtuan yang kini mulai banyak diadakan. Dengan pengetahuan yang cukup, nantinya bisa lebih memudahkan saat mengurus si kembar.

2. Minta bantuan
Jangan berusaha untuk menjadi “ supermom” yang merasa bisa melakukan semua pekerjaan ibu dengan bayi yang baru lahir. Jika memungkinkan, mintalah bantuan keluarga, seperti ibu atau adik untuk membantu mengurus si kecil. Jika memiliki dana lebih, merekrut baby sitter adalah pilihan tepat.

3. Sewa perlengkapan bayi
Menyambut kelahiran bayi, sepaket dengan segala perlengkapannya. Harganya tentu tidak murah. Untuk urusan susu, makanan bayi (jika sudah boleh makan), dan sandangnya sudah harus masuk dalam daftar yang harus dipersiapkan secara rutin.

Lalu bagaimana dengan urusan yang bukan utama, seperti ayunan, kereta dorong, aneka mainan dan sebagainya? Sekarang banyak layanan jasa sewa barang-barang perlengkapan bayi melalui online. Tinggal pilih barang-barang yang diperlukan dan bayar secara bulanan. Layanan ini sangat membantu untuk meminimalkan pengeluaran.

4. Jangan lupa jalan-jalan
Sebelum si kembar lahir tak ada salahnya untuk melakukan 'babymoon' dengan pasangan. Tak perlu jauh-jauh keluar kota, manfaatkan saja waktu romantis berdua di hotel.

Hal ini mengingat setelah si kembar lahir, waktu pasti akan banyak tersita dan sulit untuk menghabiskan momen berdua. Lagipula, 'babymoon' ini juga bisa membuat level stres pada ibu dan ayah berkurang jelang melahirkan.

Sumber: Aha Parenting

Beri Komentar
Ria Irawan Larang Rano Karno Jenguk Dirinya, Kenapa?