Bayi Menangis Tanpa Henti, Segera Cek 4 Hal Ini

Reporter :
Selasa, 13 Desember 2016 16:46
Bayi Menangis Tanpa Henti, Segera Cek 4 Hal Ini
Jika sudah digendong, ditenangkan tapi bayi terus menangis, bisa jadi banyak hal.

Dream - Menangis jadi satu-satunya komunikasi yang bisa dilakukan oleh seorang bayi. Jika mereka butuh apapun, merasa sakit, tak nyaman atau merasa terancam, hal yang bisa dilakukan agar orangtua atau pengasuh menghampirinya adalah menangis.

Jika sudah digendong dan ditenangkan namun bayi terus menangis, bisa dikarenakan banyak hal. Coba periksa empat hal berikut:

1. Apakah lapar?
Bayi yang diberi ASI bisa ingin menyusu kapan saja. Ada waktu-waktu tertentu di mana mereka butuh lebih banyak ASI dari biasanya. Coba susui lebih sering, bisa jadi si kecil lebih haus dari biasa dan membutuhkan asupan lebih banyak. Biasanya hal ini terjadi pada bayi usia 0 hingga 6 bulan, yang diberi ASI ekslusif.

2. Pakaian dan tempat tidurnya sudah nyaman? 
Rasa gatal, perih atau panas bisa saja muncul saat bayi mengenakan pakaian. Hal ini pastinya membuat si kecil rewel. Periksa seluruh pakaiannya, baik baju, celana, hingga popoknya. Termasuk alas tidur. Pastikan tak ada benang atau serat kain yang membuat kulitnya terasa gatal atau perih.

3. Apakah si bayi bisa istirahat?
Suara berisik, cuaca yang terlalu dingin atau terlalu panas juga bisa membuat bayi menangis tanpa henti. Untuk itu pastikan kamar bayi bebas dari gangguan dan udara mengalir, agar kamar terasa nyaman.

4. Apa ada rasa sakit?
Untuk rasa sakit biasanya muncul dari bagian perut. Perhatikan gerakan tangan bayi, jika ia memukul-mukul perutnya bisa jadi perutnya sedang kembut atau terasa nyeri. Bisa juga dari bagian tubuhnya yang lain. Jika ada lebam atau kemerahan, segera periksakan ke dokter.


(Sah/Sumber: Bellybelly)

 

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting