Meliuk dengan All New Agya GR Sport, Bukan LCGC

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Jumat, 7 April 2023 15:01
Meliuk dengan All New Agya GR Sport, Bukan LCGC
Seperti sih apa sensasinya?

Dream - All New Agya GR Sport hadir baru-baru ini dengan performa berkendara yang mengadopsi engine baru dan sistem suspensi yang telah mendapatkan special tunning dari GAZOO Racing.

Untuk merasakan langsung Fun to Drive Feelings dari Compact Hatchback yang lebih powerful dan sporty ini, Jurnalis Dream, Ferdike Yunuri menjajal All New Agya GR Sport di Sirkuit Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali.

Mengadopsi mesin baru 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i bertenaga 88 PS dan torsi yang lebih tinggi pada 113 Nm, mobil ini memiliki akselerasi yang membuat berkendara yisak limbung dan sesuai ekspektasi.

 

1 dari 6 halaman

Transmisi CVT Baru

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Performa mobil ini juga diperkuat oleh penggunaan transmisi CVT baru yang dikembangkan dengan fixed gear ratio. Selain itu, transmisi CVT juga dibekali dengan teknologi Active D Control. Agar mampu menciptakan Fun to Drive Feelings.

Toyota juga melakukan special tunning pada pada bagian power steering dengan power monitor yang lebih tinggi, dan steering gear dengan gear ratio yang lebih rendah, untuk menghasilkan handling yang gesit dan responsif, namun tetap stabil.

 

2 dari 6 halaman

Fun to Drive

Doc agya

All New Agya semakin Fun to Drive dengan adanya Power Mode yang terdapat pada bagian setir. Ketika mode ini diaktifkan maka mesin mobil memberi respon yang lebih responsif dan mampu menghadirkan kegiatan menyetir lebih melaju kencang dan sporty.

Mobil ini juga telah menggunakan EPS dengan rasio roda gigi lebih rapat untuk meningkatkan akurasi pada setir dan lebih lincah saat bermanuver. Dilengkapi juga dengan sport tires untuk memberikan daya cengkram yang optimal.

Penyesuaian ini membuat respon setir All New Agya GR Sport meningkat hingga 50 persen dan mereduksi steering angle hingga 45 persen. Jadi sangat nyaman digunakan berkendara dengan speed kencang.

3 dari 6 halaman

Bukan LCGC

All New Agya merupakan generasi kedua setelah 10 tahun lalu, pertama kali meluncur September 2013 generasi pertama yang bermain di segmen low cost and green car (LCGC).

Namun kali ini Toyota Astra Motor (TAM) membedakan untuk generasi baru Agya sebagai produk Low Cost Green Car (LCGC) dan hatchback biasa. Varian standar menikmati keistimewaan LCGC, ditambah versi tertinggi GR Sport non LCGC.

Pihak TAM menegaskan segmentasi All New Agya dan Agya GR Sport berbeda. Bila melihat ini positioning-nya mirip dengan Honda Brio Satya (LCGC) dan Brio RS (non-LCGC).

Pada varian GR Sport terdapat dua piihan yakni bertransmisi manual dan otomatis CVT. PT Toyota Astra Motor membanderol Agya 1.2 GR-S M/T dengan harga Rp 237.500.000 sedangkan Agya 1.2 GR-S CVT Rp 253.500.000 on the road Jakarta.

4 dari 6 halaman

Jajal Kemampuan All New Agya GR Sport, Sat Set Sat Set di Jalanan Bali

Dream - All New Agya GR Sport hadir mengusung tagline “ Move with No Boundaries”, dengan performa berkendara yang mengadopsi engine baru dan sistem suspensi yang telah mendapatkan special tunning dari GAZOO Racing.

Untuk merasakan langsung Fun to Drive Feelings dari Compact Hatchback yang lebih powerful dan sporty ini, Jurnalis Dream, Ferdike Yunuri, turun langsung dalam perjalanan All New Agya GR Sport di Pulau Bali.

Doc Toyota Agya

 

5 dari 6 halaman

“ Untuk dapat memberikan informasi yang lebih lengkap, serta dapat membuktikan keunggulan performa All New Agya GR Sport di berbagai medan jalan yang menantang, kami mengajak para jurnalis nasional untuk merasakan langsung peningkatan performance, ride, hingga handling dari salah satu model GR yang menjadi favorit masyarakat Indonesia,” ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy pada acara Journalist Test Drive All New Agya GR Sport Day 1, Selasa 4 April 2023.

All New Agya GR Sport generasi kedua hadir sebagai compact hatchback yang mengalami banyak peningkatan untuk semakin memperkuat DNA Agya GR Sport yang Sporty, Aggressive, dan Reliable dan menghadirkan Fun to Drive Feelings.

6 dari 6 halaman

Mengadopsi Mesin Baru

All New Agya GR Sport kini tidak hanya menggunakan platform baru, tapi juga telah mengadopsi mesin baru 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i bertenaga 88 PS dan torsi yang lebih tinggi pada 113 Nm.

Performanya juga diperkuat oleh penggunaan transmisi CVT baru yang dikembangkan dengan fixed gear ratio sehingga mampu menghasilkan akselerasi yang lebih cepat dan linear. Selain itu, transmisi CVT juga dibekali dengan teknologi Active D Control untuk menghasilkan keseimbangan antara akselerasi dan menjaga efisiensi bahan bakar. Agar semakin fun to drive, tersedia pula fitur paddle shift.

Berbagai rute perjalanan dan destinasi menarik telah dipersiapkan khusus untuk bisa mencoba dan merasakan langsung perubahan yang menjadi keunggulan dari All New Agya GR Sport.

 

Beri Komentar