Gerakan Yoga yang Dapat Menyembuhkan Sakit Punggung

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Sabtu, 26 November 2022 14:01
Gerakan Yoga yang Dapat Menyembuhkan Sakit Punggung
Yoga juga bisa menjadi terapi untuk seseorang yang terkena penyakit sakit punggung

Dream - Yoga dikenal bisa membantu pembentukan otot yang cepat seperti olahraga fisik biasanya. Nilai tambahnya, yoga dapat melatih keseimbangan spiritual dan mental. Yoga bukan berfokus pada gerakan yang menghentak tapi lebih menitik beratkan pada pikiran.

Tak hanya itu, olahraga ini juga bisa menjadi terapi untuk seseorang yang terkena penyakit sakit punggung. Terapi ini pun dilakukan oleh Ni Nyoman Devi yang kini aktif menjadi Instruktur Yoga.

Gerakan Yoga yang Dapat Menyembuhkan Sakit Punggung© MEN

" Saya memiliki masalah lower back pain, rasanya sakit banget sampai saya tidak bisa bangun. Tulang bagian L4, L5 dan lumbar saya kena," jelas Ni Nyoman Devi, Instruktur Yoga pada acara Gathering Garden of Na'eem, Kamis 24 November 2022.

 

1 dari 3 halaman

Terapi dengan Yoga

Permasalahan tulang belakang yang sudah cukup parah ini diatasi dengan terapi yoga secara rutin.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Akhirnya saya coba terapi dengan yoga untuk perbaikan postur dan pulih setelah 8 tahun," tambah Devi.

 

2 dari 3 halaman

Gerakan untuk Terapi Sakit Punggung

Gerakan untuk mengatasi sakit punggung ini dipilih dari gerakan-gerakan yang memfokuskan pada titik-titik tulang punggung.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Gerakan yang digunakan adalah gerakan cat and cow, sun salutation a dan b cukup ini saja dilakukan 3 putaran masing-masing setiap hari," tambah Devi.

Cat and cow adalah gerakan lembut dan dapat diakses ini meregangkan dan memobilisasi tulang belakang. Gerakan ini meniru gaya kucing dan sapi saat merenggangkan tubuhnya.



3 dari 3 halaman

Sun Salutation

Untuk salah satu gerakan sun salution, Sahabat Dream bisa mencoba berdiri di atas matras dengan tangan di samping tubuh. Kaki bisa menyatu atau selebar pinggul.

Sejajarkan pergelangan kaki, lutut, dan bahu agar tubuh simetris.

Dengan lengan di samping, putar tulang lengan atas untuk saling berhadapan dengan telapak tangan ke depan, membuka dada. Jaga dagu sejajar dengan lantai.

Beri Komentar