Jangan Dianggap Remeh, Inilah 7 Manfaat Makan Ikan Teri yang Istimewa bagi Kesehatan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 24 Juni 2022 06:12
Jangan Dianggap Remeh, Inilah 7 Manfaat Makan Ikan Teri yang Istimewa bagi Kesehatan
Ikan teri kata asam lemak omega-3, protein, dan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Dream – Ikan menjadi salah satu makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi. Dalam tubuh ikan terkandung protein dan zat lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Sudah menjadi pengetahuan orang banyak jika manfaat makan ikan akan membantu pertumbuhan otak dan juga tumbuh-kembang anak.

Dengan luas yang lebih besar dari daratan, manusia bisa menemukan banyak sekali jenis ikan untuk dikonsumsi. Ikan air tawar maupun ikan air laut dengan keunggulannya masing-masing menawarkan beragam menu sehat itu.

Dari semua jenis ikan yang ada, pernahkah sahabat Dream mengonsumi ikan teri? Ikan kecil-kecil yang biasanya bagi masyarakat Indonesia dimasak menjadi sambal ikan teri dengan campuran kacang tanah.

Meskipun bentuknya mungil, tapi manfaatnya jangan diragukan lagi, sahabat Dream. Ikan teri kaya akan asam lemak omega-3, protein, dan berbagai nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Rasanya yang lezat juga membuat ikan ini banyak digemari orang.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat makan ikan teri bagi kesehatan sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Makan Ikan Teri bagi Kesehatan

Manfaat Makan Ikan Teri bagi Kesehatan© Pixabay.com

Kaya Asam Omega -3 Lemak

Ikan teri memiliki kandungan asam omega-3 lemak yang cukup tinggi. Di mana kandungan ini sangatlah baik bagi tubuh, terutama untuk kesehatan jantung. Bahkan dari sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Advances in Nutrition Journal menjelaskan bahwa kandungan asam omega-3 lemak mampu menurunkan dan mengatur berat badan, meningkatkan imunitas, dan menjaga kesehatan mata.

Jadi, ikan teri yang berukuran kecil itu memang tidak bisa dipandang sebelah mata ya, sahabat Dream. Efeknya bagi tubuh sangatlah luar biasa dan cocok sekali kamu masukkan dalam daftar menu di rumah.

Menjaga Kesehatan Mata

Untuk menjaga kesehatan mata, sahabat Dream penting untuk memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Terutama pilihlah makanan yang mengandung vitamin A seperti ikan teri.

Bahkan dalam sebuah penelitain yang diterbitkan oleh International Journal of Ophthalmology and Eye Science menjelaskan bahwa saus ikan teri yang dikonsumsi dalam masakan Pan-Asia memiliki efek melindungi perkembangan dan keparahan glukoma. Jadi, sahabat Dream bisa mulai rajin mengonsumsi ikan teri. Di mana ikan ini bisa kamu olah menjadi berbagai hidangan yang lezat.

2 dari 3 halaman

Manfaat Makan Ikan Teri bagi Kesehatan

Manfaat Makan Ikan Teri bagi Kesehatan© Unsplash.com

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat makan ikan teri berikutnya adalah bisa meningkatkan kesehatan jantung.  Menyadari bahwa jantung adalah organ yang sangat penting bagi tubuh, sehingga harus benar-benar dijaga kesehatannya.

Dalam sebuah penelitain yang diterbitkan oleh Nutrition Journal oleh tim peneliti Israel di tahun 2013 menemukan bahwa ikan teri memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda yang jumlahnya besar. Hal inilah yang mampu untuk mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi ikan teri, maka bisa mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan aterosklerosis. Selain itu, ikan teri juga mengandung niasin dan selenium yang bisa mengurangi risiko jantung koroner.

Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh yang ideal adalah impian sebagian besar orang. Tak heran jika orang-orang melakukan berbagai cara demi bisa mendapatkan tubuh yang sesuai dengan keinginannnya. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi ikan teri.

Ikan teri sendiri adalah jenis ikan yang kaya protein dan rendah kalori. Jadi, cocok sekali untuk menurunkan berat badan. Dari sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition berdasarkan diet ikan menjadi komponen utama dari diet menjelaskan bahwa peningkatan kadar protein pada ikan bisa membuat kamu merasa kenyang.

3 dari 3 halaman

Manfaat Makan Ikan Teri bagi Kesehatan

Manfaat Makan Ikan Teri bagi Kesehatan© Unsplash.com

Kaya Kandungan Protein

Seperti diketahui bersama bahwa ikan kaya akan kandungan protein. Begitu juga dengan ikan teri. Protein sendiri setelah dilakukan penelitian membuktikan bisa untuk mengatur kadar gula darah. Bahkan protein yang berperan untuk menurunkan berat badan dan mencegah degenerasi otot.

Ini tentunya cocok sekali dikonsumsi oleh sahabat Dream yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan. Bahkan kamu bisa memenuhi protein harian dengan cara mengonsumsi ikan teri bersamaan dengan kacang-kacangan maupun makanan lain yang kaya kandungan protein.

Merawat Kulit

Manfaat makan ikan teri tidak hanya sekadar baik untuk kesehatan fisik saja lho, sahabat Dream. Ikan teri juga bisa kamu andalkan untuk merawat kesehatan kulit. Permasalahan kulit seperti jerawat banyak sekali dialami orang dan kerap kali membuat seseorang merasa tidak percaya diri.

Nah, dengan rutin mengonsumsi ikan teri, hal ini bisa menjaga kesehatan kulit dan mencegah dari munculnya jerawat serta penuaan dini. Bahkan dengan mengonsumsi ikan teri juga bisa melindungi kulitmu dar paparan sinar matahari yang membahayakan.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat makan ikan teri yang tak kalah istimewa adalah bisa meningkatkan kesehatan tulang. Hal ini karena ikan teri memiliki kandungan vitamin, protein, dan mineral yang mampu menguatkan tulang dan mencegah dari tulang keropos atau osteoporosis.

Kandungan kalsium dan vitamin A yang terdapat dalam ikan teri sangat membantu dalam melawan degradasi tulang. Bahkan keberadaan kalsium juga sangat baik untuk menjaga kekuatan gigi.

Beri Komentar