Tak Hanya Cantik dan Harum, Inilah 5 Manfaat Melati bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 23 Juni 2022 08:45
Tak Hanya Cantik dan Harum, Inilah 5 Manfaat Melati bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Bunga melati bersifat antioksidan dan antibakteri yang baik bagi kesehatan tubuh.

Dream – Bunga melati yang berwarna putih serta aroma harumnya yang khas memang menjadi bunga favorit banyak orang. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari, bunga ini juga banyak dimanfaatkan menjadi berbagai macam. Misalnya saja menjadi campuran teh, parfum, aromaterapi, bahkan di Indonesia sendiri khususnya di Pulau Jawa bunga melati dirangkai dengan sangat cantik untuk aksesoris pengantin.

Bunga cantik yang memiliki nama latin Jasminum sambac ini tergolong cukup mudah untuk sahabat Dream temukan. Bahkan tanaman ini juga bisa kamu jumpai di pinggir jalan. Di samping memiliki bentuk yang cantik dan aroma yang wangi, manfaat melati untuk kesehatan tak bisa dianggap remeh lho, sahabat Dream.

Perlu kamu ketahui bahwa bunga melati memiliki berbagai senyawa yang bersifat antioksidan dan antibakteri. Karena kesemua kandungannya itulah yang membuat bunga melati kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Kira-kira apa saja manfaat melati untuk kesehatan? Berikut sebagaimana telah dirangkum Dream melalui alodokter.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Melati untuk Kesehatan

Manfaat Melati untuk Kesehatan© Pixabay.com

Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Manfaat melati yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Disadari bersama bahwa jantung adalah organ yang sangat penting bagi tubuh. Jika jantung mengalami masalah, maka hal ini sangatlah berpengaruh bagi kesehatan manusia.

Bisa dilihat bersama betapa banyak orang yang mengalami masalah kesehatan jantung dan bahkan banyak juga yang kehilangan nyawanya. Oleh karena itu, kesehatan jantung haruslah selalu diperhatikan dengan baik. Salah satunya dengan mengonsumsi teh bunga melati. Hal ini sama efeknya saat sahabat Dream mengonsumsi teh hijau dan teh hitam.

Teh bunga melati memiliki kandungan antioksidan polifenol yang ampuh mengurangi kadar kolesterol jahat dan mengurangi risiko menderita penyakit kardiovaskular berupa stroke dan serangan jantung. Demi terhindar dari penyakit jantung disarankan agar kamu mengonsumsi teh bunga melati sebanyak 1 hingga 3 cangkir setiap harnya.

Menjaga Fungsi dan Kesehatan Otak

Manfaat melati yang tak kalah istimewa adalah menjaga fungsi dan kesehatan otak. Di mana otak adalah salah satu organ terpenting tubuh dan menjadi pusat segala aktivitas yang dilakukan oleh tubuh. Di otak jugalah terdapat banyak sekali saraf yang saling tersambung.

Demi menjaga kesehatan otak, hal yang bisa sahabat Dream lakukan adalah dengan mengonsumsi bunga melati, yakni dengan dijadikan teh. Teh bunga melati memiliki beberapa kandungan seperti kafein, antioksidan, dan asam amino theanine yan fungsinya adalah menjaga kesehatan otak.

Kesemua kandungan itulah yang berperan penting untuk meningkatkan fokus serta memori. Selain itu juga bisa menhindarkanmu dari risiko pikun dan demensia yang biasanya terjadi seiring bertambahnya usia.

2 dari 3 halaman

Manfaat Melati untuk Kesehatan

Manfaat Melati untuk Kesehatan© Unsplash.com

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat melati tidak hanya baik bagi kesehatan fisik saja, tetapi juga bagus untuk kecantikan, terutama kecantikan kulit. Bagi sahabat Dream yang setiap harinya banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, tentu akan mudah sekali terpapar polusi dan sinar matahari. Hal ini sangatlah tidak baik bagi kesehatan kulit. Belum lagi efek radikal bebasnya yang juga bisa merusak kulit.

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa bunga melati mampu mencegah penuaan dini dan kulit kering, serta proses pemulihan luka. Demi mendapatkan manfaat melati, kamu bisa menggunakannya dalam bentuk serum, minyak esensial, maupun pelembap. Tetapi kamu harus berhati-hati, terutama pemilik kulit sensitif bisa saja mengalami iritasi.

Meredakan Stres

Stres bisa dialami oleh siapa saja dan disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya saja stres karena tekanan pekerjaaan maupun masalah yang sedang dihadapi. Stres yang tidak segera diatasi dan dibiarkan berlarut-larut bisa menyebabkan depresi bahkan bisa berpengaruh pada kesehatan fisik.

Salah satu cara yang bisa sahabat Dream lakukan untuk meredakan stres adalah dengan menggunakan bunga melati. Biasanya bunga melati dijadikan sebagai minyak esensial yang aromanya menyegarkan, menenangkan, dan membuat nyaman. Aroma bunga melati inilah yang ampuh dalam meredakan stres, menjadikan lebih rileks, dan meredakan rasa cemas. Kamu bisa meletakkannya di kamar dengan menggunakan diffuser untuk menemani istirahatmu.

3 dari 3 halaman

Manfaat Melati untuk Kesehatan

Manfaat Melati untuk Kesehatan© Pixabay.com

Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya yang harus selalu diwaspadai. Orang yang menderita penyakit diabetes, selain mendapatkan perawatan secara baik, juga harus memerhatikan setiap makanan yang dikonsumsinya. Terutama menghindari makanan maupun minuman yang mengandung gula.

Penyakit ini terjadi dikarenakan hormon insulin yang tidak bekerja secara baik. Dengan begitu, kadar gula darah mengalami peningkatan dan sulit untuk dikendalikan. Jika kondisi ini tidak segera diberikan tindakan, maka akan mengalami komplikasi, seperti sakit ginjal, sakit jantung, hipertensi, dan kerusakan pada mata.

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan teh bunga melati. Teh ini akan membantu menurunkan kadar gula darah serta mengurangi risiko diabetes tipe 2. Pastikan bahwa kamu mengonsumsinya tanpa menambahkan gula maupun pemanis buatan lainnya.

Beri Komentar