8 Manfaat Markisa, Kaya Vitamin C yang Ampuh Jaga Kekebalan Tubuh

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 22 Juni 2022 12:48
8 Manfaat Markisa, Kaya Vitamin C yang Ampuh Jaga Kekebalan Tubuh
Buah markisa juga memiliki kandungan serat yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

Dream – Markisa menjadi salah satu buah yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan tak sedikit yang memiliki tanaman ini di halaman rumahnya. Di mana tanaman markisa tumbuh merambat dan biasanya pemilik rumah membuatkan semacam penyangga dari kayu maupun besi untuk tanaman ini. Sehingga saat berbuah, markisa tampak bergelantungan.

Buah markisa terbilang cukup unik. Saat sahabat Dream membukanya, maka akan melihat daging buah yang jika sudah matang berwarna kuning dan menyatu dengan bijinya yang banyak berwarna hitam. Nah, daging yang berwarna kuning bersamaan dengan bijinya inilah yang dikonsumsi dan menciptakan rasa yang menyegarkan serta sensasi renyah saat biji-bijinya dikunyah.

Buah yang memiliki nama latin Passiflora edulis ini umumnya diolah menjadi sirup yang mengeluarkan aroma harum dan menyegarkan. Di samping rasanya yang lezat, manfaat markisa juga tak bisa dianggap remeh lho, sahabat Dream.

Berikut adalah beberapa manfaat markisa sebagaimana dirangkum Dream melalui sehatq.com.

1 dari 4 halaman

Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh© Freepik.com

Meredakan Infeksi

Manfaat markisa yang pertama adalah bisa meredaka infeksi. Ya, hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan guna memberikan perlindungan pada sel tubuh dari kerusakan. Apalagi tubuh manusia sangatlah membutuhkan asupan vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari serangan virus dan bakteri penyebar penyakit. Oleh karena itu, cobalah mengonsumsi buah markisa untuk memenuhi kebutuhan vitamin C.

Menyehatkan Mata

Mata adalah salah satu bagian terpenting tubuh. Tanpa adanya mata yang sehat, kita tidak bisa melihat indahnyanya dunia ini. Oleh karena itu, sayangilah mata dengan cara menjaga kesehatannya. Salah satunya adalah dengan mengosumsi makanan yang mendukung kesehatan mata seperti buah markisa.

Perlu sahabat Dream ketahui bahwa buah markisa memiliki kandungan vitamin A. Vitamin inilah yang ampuh untuk menjaga kesehatan mata dan juga kesehatan sel. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi buah markisa ya, sahabat Dream.

2 dari 4 halaman

Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh© Freepik.com

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Pencernaan yang baik dan sehat tentunya membuat hari-harimu terasa nyaman. Kamu terhindar dari sakit perut yang kerap kali membuat berbagai aktivitas terhambat karena rasa sakit dan tidak nyaman. Demi menjaga kesehatan pencernaan, sebaiknya sahabat Dream selalu memerhatikan makanan yang dikonsumsi.

Salah satunya kamu bisa mengonsumsi buah markisa yang kaya serat. Serat sangat ampuh untuk melancarkan pencernaan dan membuatmu terhindar dari masalah sembelit. Bahkan buah ini cocok sekali untuk kamu yang sedang diet karena bisa membuatmu cepat merasa kenyang.

Meningkatkan Fungsi Insulin

Manfaat markisa lainnya adalah bisa meningkatkan fungsi insulin berkat adanya kandungan piceatannol. Selain meningkatkan insulin, markisa juga bisa menurunkan risiko penyakit diabetes. Di mana penyakit ini sangatlah berbahaya jika tidak segera diberikan perawatan secara baik.

Dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan menemukan bahwa kandungan piceatannol pada markisa bisa meningkatkan metabolisme dan sensitivitas insulin yang membantu dalam proses pengubahan gula menjadi energi. Hal inilah yang ampuh dalam menurunkan berat badan seseorang.

3 dari 4 halaman

Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh© Freepik.com

Tinggi Antioksidan

Radikal bebas yang menyerang tubuh manusia sangatlah berbahaya. Di mana radikal bebas mampu memicu hadirnya berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan juga merusak kulit. Nah, serangan radikal bebas itu haruslah kita lawan dengan cara mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan antioksidan.

Makanan tersebut bisa sahabat Dream dapatkan dari buah markisa. Buah markisa yang kaya akan antioksidan ampuh dalam membantu peredaran darah. Beberapa kandungan antioksidan di dalam markisa misalnya saja vitamin C, beta karoten, dan polifenol.

Meredakan Kecemasan

Kecemasan bisa dialami oleh siapa saja. Hal ini jika terjadi secara terus-menerus sangatlah tidak baik dan bisa membuatmu tidak tenang selama kamu menjalani berbagai aktivitas. Namun, sahabat Dream tidak perlu khawatir. Karena kondisi tersebut bisa diredakan dengan cara mengonsumsi buah markisa.

Selain menyegarkan, buah ini sangat baik jika kamu jadikan sebagai camilan menyehatkan. Markisa memiliki kandungan berupa magnesium yang mampu meredakan kecemasan dan stres.

4 dari 4 halaman

Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh© Unsplash.com

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat markisa berikutnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Disadari bersama bahwa kekebalan tubuh sangatlah penting karena bisa menjadi tameng yang akan melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri pembawa penyakit. Itulah mengapa, kekebalan tubuh seseorang yang sedang menurun akan lebih mudah terserang penyakit.

Markisa adalah salah satu buah yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena adanya kandungan vitamin C. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang akan melindungi dari radikal bebas dan meningkatkan kekebalan dengan cara membantu penyerapan zat besi di tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah salah satu organ terpenting di dalam tubuh. Di mana tugasnya adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Tanpa jantung, tentunya manusia tidak akan bisa bertahan hidup. Oleh karena itu, kesehatannya haruslah dijaga dengan baik.

Buah markisa sendiri memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan ini tidak hanya baik bagi pencernaan, tetapi juga baik untuk kesehatan jantung. Buah ini akan membantu dalam menstabilkan tekanan darah.

Beri Komentar