Toyota Avanza Jadi Mobil Terlaris Di Indonesia Pada Juli 2019.
Dream – Persaingan antar pabrik mobil di pasar otomotif Indonesia semakin ketat. Sejumlah produsen roda empat berusaha memikat calon pembeli dengan menawarkan beragam model terbaru mobil andalannya.
Beberapa produsen sukses memikat publik yang berimbas pada angka penjualan mobil mereka. Yang lain masih harus gigit jari karena mobil baru mereka gagal ditangkap konsumen.
Mengutip data penjualan mobil pada Juli 2019, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat ada lima mobil terlaris yang terjual di bulan pertama paruh kedua 2019 ini.
Dikutip dari Otosia, Rabu 28 Agustus 2019, gelar mobil terlaris jatuh kepada Toyota Avanza untuk penjualan di Juli 2019. Penjualan mobil sejuta umat ini naik dari 3.543 unit menjadi 7.848 unit pada Juli 2019.
Di posisi kedua, ada Toyota Rush yang mengantongi 6.136 unit. Mobil low SUV ini sempat berada di posisi kelima pada Juni 2019 sebagai mobil terlaris.
Selanjutnya, Mitsubishi Xpander berada di posisi ketiga. Penjualan andalan baru produsen berlogo tiga berlian ini sebetulnya baik-baik saja. Jumlah Xpandar yang terjual naik jadi 5.775 unit pada Juli 2019. Sayangnya, kenaikan penjualan tak melesat seperti dua rivalnya di atas.
Di posisi keempat, ada Honda Brio Satya. Mobil LCGC 5 seater ini mengantongi penjualan 5.655 unit pada Juli 2019.
Toyota Calya harus puas menduduki peringkat kelima sebagai mobil terlaris di Indonesia. Calya disalip oleh Avanza dan Rush dengan penjualan 5.167 unit.
Dream – PT Toyota Astra Motor (TAM) membukukan penjualan sebanyak 6.128 unit selama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Penjualannya naik dua persen daripada GIIAS 2018, yang sebanyak 6.022 unit.
“ Pencapaian ini sedikit lebih tinggi,” kata Manager TAM, Fransiskus Soerjopranoto, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 29 Juli 2019.
Menurut Soerjo, penjualannya tumbuh karena ketegangan-ketegangan politik telah turun. Misalnya, Pilpres 2019 yang sudah berakhir.
“ Akhirnya, mudah-mudahan pencapaian ini bisa menjadi cermin pertumbuhan positif pasar otomotif Indonesia ke depannya,” kata dia.
Dari 6.128 unit, mobil Toyota terlaris adalah Avanza. Mobil ini laku 1.310 unit.
Posisi selanjutnya ada Innova yang terjual 1.091 unit, Rush 1.046 unit, Calya 1.022 unit, dan Fortuner 618 unit.
“ Avanza dan Kijang Innova masih mendominasi pencapaian perolehan pesanan selama GIIAS berlangsung,” kata Soerjo.
Dia mengatakan penjualan ini membuktikan bahwa pasar mobil di Indonesia didominasi oleh kendaraan MPV dengan tujuh kursi.
Dream – Mobil anyar low multi purpose vehicle (LMPV) andalan PT Toyota Astra Motor (TAM), New Avanza, resmi mengaspal pada Januari 2019. Dengan wajah baru, Avanza menggeser jagoan mobil LMPV Mitsubishi, Xpander, pada Februari 2019.
Pada bulan lalu, “ mobil sejuta umat” ini menduduki posisi kedua sebagai mobil terlaris di Tanah Air.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan Avanza membukukan penjualan wholesales sebanyak 5.700 unit pada Februari 2019. Mobil ini “ mendepak” Xpander dari posisi puncak yang hanya mencatat penjualan sebanyak 5.532 unit.
Penjualan Avanza dan Xpander hanya selisih 168 unit.
Di posisi ketiga, ada Honda Brio Satya yang mengantongi penjualan sebanyak 4.688 unit pada bulan yang sama.
Mobil Toyota Rush tercatat sebagai mobil terlaris keempat. Penjualan wholesale tercatat sebanyak 4.341 unit. Di posisi kelima, ada Daihatsu Sigra yang mencetak penjualan wholesale sebanyak 4.327 unit.
Berikut ini adalah 10 mobil terlaris di Indonesia sepanjang Februari 2019 yang dirilis oleh Gaikindo.
1. Toyota Avanza 5.700 unit
2. Mitsubishi Xpander 5.532 unit
3. Honda Brio Satya 4.688 unit
4. Toyota Rush 4.341 unit
5. Daihatsu Sigra 4.327 unit
6. Toyota Kijang Innova 4.261 unit
7. Suzuki Carry Pick-up 3.684 unit
8. Daihatsu Xenia 3.207 unit
9. Daihatsu Granmax Pickup 2.657 unit
10. Toyota Calya 2.569 unit
(Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)
Dream - Toyota meminta Daihatsu untuk memproduksi 10 ribu unit New Avanza. Diperkirakan kuota itu bisa dipenuhi, namun secara bertahap.
" Dia (Toyota) dapat (pemesanan) 10 ribu unit. Daihatsu dapat (produksi) 8 ribuan," kata Marketing Director Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra di Jakarta, Senin 25 Februari 2019.
Daihatsu siap memenuhi kebutuhan Toyota. Tapi itu dilakukan secara bertahap. " Karena baru, kami akan memenuhi kebutuhan secara bertahap," tegas Amelia.
Sejak diluncurkan awal 2019, New Avanza-Xenia yang mendapat sentuhan penyegaran pada tampilan eksterior dan interiornya, diklaim mendapat respon positif pasar.
Banyak pemesanan membuat Toyota dan Daihatsu agak kewalahan. Tentu di tengah persaingan tentu keduanya tak ingin mengecewakan konsumen dengan inden yang lama. Agar konsumen tidak berpaling ke merek lain.
Sekadar informasi, Avanza-Xenia adalah satu satu model yang diproduksi Asta Daihatsu Motor. Selain itu, ada juga beberapa model 'kembar' lainnya; Agya-Ayla, Sigra-Cayla dan Rush-Terios.
Advertisement
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Psikolog Ungkap Pentingnya Pengawasan Orangtua Saat Anak Main Game
Inspiratif, Tiga Artis Cantik Ini Ternyata Founder Komunitas
Fakta-Fakta Ciamis Jadi Kota Kecil Terbersih se-ASEAN