Kolaborasi Danone SN Indonesia dan LIPI Dukung Nutrisi Anak di Masa Pandemi

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Minggu, 4 Oktober 2020 18:12
Kolaborasi Danone SN Indonesia dan LIPI Dukung Nutrisi Anak di Masa Pandemi
Danone SN Indonesia wujudkan kontribusi positif terhadap peningkatan kesehatan dan asupan gizi anak-anak di masa pandemi

Dream - Danone Specialized Nutrition (Danone SN) Indonesia bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan kolaborasi riset dan teknologi meghasilkan produk suplementasi gizi “ AITAMIE” dan “ PROBARZ”.

Keduanya merupakan produk makanan yang terfortifikasi dari sumber daya dan diproduksi secara lokal. Tujuannya untuk membantu meningkatkan asupan gizi keluarga kurang mampu, terutama anak-anak pada fase pemulihan pandemi Covid-19.

Dalam kolaborasi ini, Danone SN juga menggandeng Foodbank of Indonesia (FOI) untuk pendistribusian bantuan nutrisi secara gratis ke sejumlah anak-anak yang membutuhkan dan terdampak pandemi Covid-19.

Aitamie© Danone

Saat pandemi Covid-19, isu nutrisi di Indonesia perlu menjadi perhatian khusus, terutama bagi kelompok rentan seperti anak-anak. Selain itu, Indonesia juga masih menghadapi tantangan permasalahan gizi buruk, khususnya stunting dimana prevelensi terakhir di Indonesia.

Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) 2019 menunjukan sebesar 27,67 persen kasus anak Indonesia mengalami stunting. Dapat dikatakan setiap 10 anak, 3 di antaranya mengalami stunting.

Angka tersebut tentunya masih di atas persyaratan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni maksimal 20 persen. Hal ini tentunya cukup mengkhawatirkan, karena akibat wabah Covid-19, anak-anak yang menderita kurang gizi di Indonesia berpotensi semakin meningkat.

Padahal, selain berperan bagi pemenuhan kebutuhan gizi dan tumbuh kembang anak, nutrisi harian dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seorang anak dan menentukan masa depan bangsa Indonesia.

 

1 dari 1 halaman

Probarz© Danone

Kedua produk suplementasi gizi hasil kolaborasi Danone SN dan LIPI adalah bahan makanan yang dapat mendukung kebutuhan pemenuhan gizi anak.

PROBARZ merupakan produk makanan jenis snack bar terbuat dari pisang, susu, telur, dan bahan-bahan bebas gluten. Diformulasikan khusus sesuai dengan kebutuhan yang direkomendasikan untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi anak-anak.

Sedangkan, AITAMIE merupakan produk makanan mengandung serat dan protein tinggi, beta karoten, bebas bahan pengawet dan tanpa pewarna sintetis. Produk ini terbuat dari komoditas lokal berkualitas tinggi seperti tepung jagung olahan, tepung mocaf, tepung tempe dan tepung beras.

AITAMIE juga cocok untuk anak-anak yang menghindari makanan mengandung gluten. Karena produk ini bebas gluten. 

Beri Komentar