Korban Kekerasan Seksual Harus Dapat Perawatan Menyeluruh

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 13 Januari 2020 06:12
Korban Kekerasan Seksual Harus Dapat Perawatan Menyeluruh
Ada banyak dampak yang ditimbulkan baik fisik maupun mental.

Dream - Penyakit mental atau trauma seringkali diklaim menjadi dampak utama dari kekerasan seksual. Sebenarnya, kekerasan seksual memiliki dampak yang sangat beragam, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Efeknya, menurut dr. Gina Anindyajati SpKJ., terbagi jadi tiga kategori, yaitu fisik, psikiatrik dan sosial. " Secara fisik biasanya kesehatan fisiknya menurun, munculnya penyakit kronis, nyeri kronis, lebih sering mengunjungi dokter sehingga mengalami masalah pekerjaan dan berisiko terkena penyakit menular seksual seperti HIV," katanya dalam acara Waspadai Kekerasan Seksual di FKUI, Salemba Jakarta Pusat, Jumat 10 Januari 2019.

Secara psikis, korban kekerasan seksual bisa mengalami gangguan jiwa, depresi, tekanan psikologis. Termasuk dorongan bunuh diri atau perilaku menyakiti diri sendiri.

Sementara dampak sosial yang ditimbulkan adalah sulit percaya pada orang lain, mengisolasi diri, serta ketakutan membina hubungan.

 

1 dari 5 halaman

Segera Cari Pertolongan

Penting bagi korban untuk segera mencari pertolongan. Bisa dengan mengunjungi konselor, psikolog atau tenaga medis yang punya kemampuan untuk menanganis masalah tersebut secara profesional.

Kekerasan seksual© Shutterstock

Akan lebih baik jika penyembuhan trauma, pengobatan dan konseling dilakukan dalam satu tempat. Hal ini agar korban bisa mendapat penanganan secara menyeluruh dan optimal.

 

2 dari 5 halaman

Pelayanan Terpadu Bagi Korban Kekerasan Seksual

Untuk penanganan, Gina menyarankan agar korban mendatangi layanan Pusat Krisis Terpadu. Dalam layanan ini ada dokter kulit, psikiatri, forensik, dokter kandungan dan bedah dalam satu atap.

" Supaya sekalian periksanya. Jadi, nggak ditanya berulang-ulang dan kita (dokter) fokus pada masalah yang memang perlu ditangani tanpa menanyakan detail traumanya gimana. Karena itu retraumatisasi," ungkapnya.

Layanan terpadu ini salah satunya adalah Pusat Krisis Terpadu yang ada di beberapa rumah sakit di Jakarta. Salah satunya ada di RSAL Mintoharjo.

3 dari 5 halaman

Pernah Alami Kekerasan, Kesha Ratuliu Dimaki Sampai Ditampar Mantan Kekasih

Dream - Kesha Ratuliu mengaku mendapatkan kekerasan saat menjalani hubungan dengan mantan kekasihnya. Tak hanya verbal, keponakan Mona Ratuliu itu mengaku ditampar sampai diludahin oleh pria yang enggan disebutkan namanya itu.

Pengakuan mengejutkan itu disampaikan Kesha saat menjadi bintang tamu tayangan Ngopi Dara yang dipandu Nia Ramadhani dan Jessica Iskandar. Sebelum menyadari menjadi korban, Kesha mengatakan sempat menganggap tindakan mantannya itu bukan kekerasan.

" Dari awal sudah mulai verbal. Contohnya maki-maki, ngatain kasar gitu," kata Kesha Ratuliu dikutip Dream dari tayangan Ngopi Dara Trans TV, Kamis 9 Januari 2020.

Setelah kekerasan verbal berlangsung sekitar setahun, lanjut Kesha, mantan kekasih itu pelan-pelan mulai melakukan tindakan fisik kepadanya.

Kesha Ratuliu© Kesha Ratuliu

Beberapa kekerasan fisik yang sempat dialami wanita berusia 21 tahun ini diantara ditampar di wajahnya. Yang mengejutkan, kejadian itu berlangsung saat mereka sedang berada di rumahnya.

" Aku pertama kali dipukul diam, terus kaget. Terus dia aku usir kan itu pas di rumah aku. Habis itu aku suruh pulang. Habis itu aku dimanipulasi, dia membalikan fakta, jadinya aku yang salah," ucapnya.

Meski sempat meminta maaf usai melakukan kekerasan, sang mantan mengancam akan melakukan bunuh diri. Ancaman itulah yang membuat Kesha terpaksa memberikan maaf.

4 dari 5 halaman

Kembali Berlanjut Bahkan Semakin Parah

Namun perlakuan itu hanya berhenti sesaat. Mantan kekasih Kesha itu kembali melakukan kekerasan fisik dan verbal. Puncaknya terjadi saat hubungan mereka mulai renggang.

Kesha yang memutuskan untuk mengakhiri hubungan mendapat perlakukan tak manusia dari mantan kekasih.

kesha ratuliu© kesha ratuliu

" Diludahin itu yang terakhir kali, udah putus. Karena waktu putus sama dia, pas putus aku pergi sama orang lain," kata dia.

Kesha mengaku mendapatkan perlakuan itu dari mantan kekaishnya saat berada di dalam mobil  dan menimpa pada bagian wajahnya.

" Di mobil kena bagian sini (tunjuk bagian pipi)," tuturnya.

5 dari 5 halaman

Tips Tak Alami Kekerasan Verbal dan Fisik

Pemain FTV ini memberikan tips agar pengalaman kurang menyenangkan saat menjalani hubungan seperti dia. Cara yang harus dilakukan kata Kesha harus mengakhiri hubungan tidak sehat tersebut.

Kemudian, untuk sementara waktu tidak boleh bertemu dengan sang mantan. Harus bisa mengalihkan dengan orang lain. Bisa keluarga atau pun sahabat agar tidak terus memikirkan mantannnya.

kesha ratuliu© kesha ratuliu

" Tipsnya harus pergi dari hubungan seperti itu. Kalau tidak bisa, kan emang biasanya tidak bisa jauh dari itu. Emang disaat diputusin emang saat itu putus tapi kadang balik lagi," ucapnya.

" Nah caranya agar tidak balik lagi tidak boleh ketemu dulu, kita harus cari orang, entah itu orangtua, teman atau siapapun yang bikin kita nyaman supa kita benar-benar enggak ketemu dulu sama dia dan tidak kontak dia," imbuhnya.

(Sah, Sumber : youtube.com)

Beri Komentar