8 Manfaat Ikan Hias, Mulai dari Menyalurkan Hobi sampai Jadi Ladang Bisnis

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 1 Maret 2022 11:11
8 Manfaat Ikan Hias, Mulai dari Menyalurkan Hobi sampai Jadi Ladang Bisnis
Memelihara ikan hias juga bisa menjadi hiburan tersendiri yang membuatmu lebih rileks.

Dream – Memelihara hewan menjadi hobi yang dilakukan banyak orang. Salah satunya adalah memelihara ikan hias di rumah dengan menggunakan akuarium. Biasanya akuarium tersebut akan diisi dengan berbagai hiasan, seperti batu-batu dan tanaman. Baru kemudian beberapa ikan hias dimasukkan yang akan membuat akuarium tersebut tampak indah.

Ternyata ikan hias yang dipelihara di rumah tidak hanya sekedar sebagai penyalur hobi saja. Tetapi manfaat ikan hias juga bisa memberikan hiburan tersendiri bagi pemiliknya. Apalagi di saat baru saja pulang dari bekerja, lalu melihat akuarium dengan ikan-ikan cantik di dalamnya, hal ini bisa membuat diri lebih rileks.

Sahabat Dream yang ingin memelihara ikan hias di rumah juga bisa memilih berbagai jenis ikan. Bahkan harganya pun juga bermacam-macam. Ada yang murah dan ada juga yang mahal. Tinggal menyesuaikan dengan budget yang kamu sediakan saja dan tentunya siap untuk memelihara ikan tersebut.

Nah, bagi kamu yang penasaran apa saja sih manfaat ikan hias yang dipelihara. Berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui manfaat.co.id

1 dari 2 halaman

Manfaat Ikan Hias

Manfaat Ikan Hias© Unsplash.com

Untuk Menyalurkan Hobi

Mana nih yang hobi memelihara ikan hias di rumah? Hobi menjadi kesenangan dan kepuasan tersendiri bagi seseorang. Bahkan karena sudah hobi, mereka tidak tanggung-tanggung untuk merawat dan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan. Seperti halnya saat memelihara ikan hias. Biasanya orang-orang yang hobi memelihara ikan hias, mereka akan tahu spesies apa yang dipeliharanya itu.

Kemudian ada kepuasan tersendiri jika sudah memiliki banyak koleksi ikan hias. Tak hanya memelihara saja, orang tersebut akan memberikan perawatan terbaik. Baik itu ikannya maupun akuariumnya agar tetap bersih, sehat, dan indah.

Untuk Mengisi Waktu Luang

Bagi sahabat Dream yang tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah dan ada waktu luang yang cukup longar, maka memelihara ikan hias bisa menjadi pilihan yang tepat. Manfaat ikan hias ini sangat membantu dalam mengisi waktu kosongmu. Ada kesenangan yang kamu dapatkan dan tentu saja kamu bisa tetap produktif dalam mengisi waktu setiap harinya.

 

Bisa Menghilangkan Stres

Manfaat ikan hias berikutnya adalah bisa menghilangkan stres. Nah, ini cocok sekali untuk sahabat Dream yang setiap harinya memiliki setumpuk aktivitas. Baik itu bekerja maupun sekolah. Tentu ada banyak sekali tekanan yang dirasakan setiap harinya.

Namun dengan memelihara ikan hias, hal ini bisa meredakan bahkan menghilangkan rasa stres dan depresi. Ikan hias yang berada di akuarium dan ditata sebaik mungkin, lalu kamu lihat setelah beraktivitas, maka bisa menjadi terapi tersendiri yang membuatmu lebih rileks.

Membuat Ruangan Lebih Cantik

Menciptakan ruangan yang cantik itu penting agar membuatmu lebih nyaman dan betah di dalamnya. Lalu saat ada orang lain yang datang berkunjung, juga bisa memberikan kesan yang menarik di matanya. Nah, meletakkan ikan hias dengan akuariumnya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mempercantik ruangan. Pastikan sahabat Dream meletakkannya di tempat yang tepat agar enak dipandang ya.

2 dari 2 halaman

Manfaat Ikan Hias

Manfaat Ikan Hias© Unsplash.com

Membawa Keberuntungan

Manfaat ikan hias lainnya adalah bisa membawa keberuntungan. Sahabat Dream pasti pernah mendengar jika ada beberapa ikan hias tertentu yang ketika dipelihara menjadi simbil keberuntungan atau hoki. Misalnya saja masyarakat Cina yang percaya bahwa ikan koi bisa membawa hoki.

Hal ini pun juga dipercaya oleh sebagian masyarakat Indonesia. Jadi, tak ada salahnya jika sahabat Dream memelihara ikan hias di rumah. Selain ikan koi, bisa juga memelihara ikan arwana, ikan louhan, dan ikan mas koki.

Lebih Dekat dengan Alam

Manfaat ikan hias memang memberikan dampak yang positif bagi pemeliharanya. Ya, memelihara ikan hias bisa membuat sahabat Dream semakin dekat dengan alam. Meskipun ada banyak sekali makhluk hidup di luar sana, namun melalui ikan hias ini jadi langkah kecil yang baik untuk membuatmu semakin cinta pada alam dan mensyukuri segala ciptaan Tuhan. Kamu bisa memiliki rasa sayang pada makhluk hidup dan tidak akan mengganggu kehidupan mereka.

Dijadikan Investasi

Manfaat ikan hias juga bisa mendatangkan keuntungan besar lho, sahabat Dream. Di mana ikan hias ini bisa kamu jadikan sebagai investasi. Karena ada beberapa jenis ikan hias yang memiliki harga tinggi. Misalnya saja ikan arwana yang bisa mencapai harga puluhan juta rupiah. Wah.. memelihara ikan hias bisa jadi ladang cuan nih.

Jadi Pilihan Bisnis

Bagi sahabat Dream yang tertarik dengan dunia bisnis, maka berjualan ikan hias bisa menjadi pilihan tepat. Tidak harus menjual ikan yang mahal-mahal dulu. Dari ikan hias yang murah dan kamu menekuninya, maka bisnis ini akan bisa berkembang dengan baik. Apalagi saat ini ada banyak sekali orang yang hobi memelihara ikan hias. Jadi, pastikan target kamu benar-benar tepat. Manfaatkan juga media sosial untuk mempromosikan ikan hiasmu.

Beri Komentar