Mengunjungi Sudut Chinatown Singapura yang Family Friendly

Reporter : Sandy Mahaputra
Kamis, 14 Maret 2019 11:34
Mengunjungi Sudut Chinatown Singapura yang Family Friendly
Nggak sekadar menawarkan wisata belanja atau kuil-kuil eksotis penuh sejarah, faktanya ada banyak sudut di Chinatown yang friendly untuk keluarga muslim dan menunggu untuk dieksplorasi.

Dream - Nggak perlu diragukan lagi, Singapura adalah salah satu destinasi family trip yang menawarkan keseruan tak ada habisnya. Bukan cuma theme park atau spot modern lainnya, kamu dan keluarga juga bisa menikmati penjelajahan budaya tradisional yang punya sisi menariknya sendiri.

Tempat pertama yang layak masuk dalam daftar penjelajahan bareng keluarga adalah Chinatown.

Berawal dari sebuah kawasan yang menjadi tempat tinggal para imigran asal China di Singapura, Chinatown menjelma menjadi sebuah area dengan culture vibes yang sangat kental.

Nggak sekadar menawarkan wisata belanja atau kuil-kuil eksotis yang penuh sejarah, faktanya ada banyak sudut di Chinatown yang friendly untuk keluarga muslim dan menunggu untuk dieksplorasi.

Singapore City Gallery

 Singapore City Gallery

©ura.gov.sg

Ajak anak-anak mengunjungi Singapore Art Gallery, dijamin bakal excited berkeliling di sana. Galeri yang satu ini menyimpan banyak cerita tentang transformasi Singapura dari masa lalu, sekarang, dan masa depan.

Di dalamnya ada banyak konsep pengembangan Singapura menjadi negara urban dan modern di masa depan. Ada banyak visualisasi memanjakan mata, mulai dari 3D maps, foto, dan video yang dipercantik dengan permainan cahaya. Pastinya nggak bakal bikin bosan anak-anak.

 Singapore City Gallery

©ura.gov.sg

Salah satu atraksi populer di lokasi ini yang pasti bakal menarik perhatian keluarga adalah sebuah pertunjukan panoramic yang ditampilkan dalam sudut 270 derajat. Di sini kamu bisa menyaksikan kehidupan sehari-hari masyarakat Singapura dari fajar sampai petang. Pastinya seru banget!

Singapore City Gallery

Alamat: 45 Maxwell Road, The URA Centre, Singapore 069118

Waktu Buka: Senin – Sabtu, 9am-5pm

Tiket Masuk: Gratis

Chinatown Heritage Centre

 Chinatown Heritage Centre

©tih.stb.gov.sg

Jelajah budaya tradisional bisa dilakukan bareng keluarga di Chinatown Heritage Centre. Tempat yang satu ini menyuguhkan pengalaman masa lalu tentang kehidupan awal para imigran asal China di Singapura, lengkap dengan kentalnya budaya yang dibawa.

Tempat ini bakal jadi daya tarik tersendiri buat keluarga yang datang sekaligus menambah wawasan tentang budaya China. Setiap benda yang ada di sana punya cerita.

Sekarang kamu dan keluarga mungkin mengeksplor Chinatown yang penuh warna dan bangunan indah. Tapi, dulu masyarakat di sana berjuang tinggal di rumah dengan lantai kayu dan jemuran pakaian yang menggantung di atap.

 Chinatown Heritage Centre

©tih.stb.gov.sg

Eksplorasi juga bakal semakin menarik perhatian anak-anak karena ada banyak benda tradisional peninggalan masa lalu yang dipajang di sana. Mulai dari keranjang dagangan yang digunakan untuk berjualan, sepasang sandal khas China, barang-barang anyaman hingga tembikar, dan masih banyak lagi.

Chinatown Heritage Centre

Alamat: 48 Pagoda Street, Singapore 059207

Waktu Buka: Setiap hari, 9am-8pm

Harga Tiket: Anak-anak (S$11-S$16), Dewasa (S$15-S$20)

The Tintin Shop

 The Tintin Shop

©Instagram/tintinsingapore

Fans berat Tintin nggak boleh kelewatan tempat yag satu ini. Saatnya nostalgia dengan karakter timeless asal Belgia tersebut di The Tintin Shop yang bisa kamu temukan di Chinatown.

 Chinatown Heritage Centre

©Instagram/tintinsingapore

Sesuai namanya, toko ini dipenuhi dengan beragam pernak-pernik khas Tintin dan karakter lain yang ada dalam komiknya. Lengkapi koleksimu dari t-shirt, action figure, jam tangan, alat tulis, dan masih banyak lagi. Bukan cuma kamu, anak-anak yang datang kemari juga bakal menyukai berbagai pernak-pernik lucu yang ada di sana.

The Tintin Shop

Alamat: Chinatown MRT Station (Exit A - Pagoda Street)

Waktu Buka: 10am-9pm

Harga: mulai dari S$10-S$300

Food Playground

 Food Playground

©Instagram/foodplaygroundsg

Jangan hanya wisata kuliner selama berada di Singapura. Saatnya tingkatkan level family trip kamu dengan belajar membuat masakan khas Singapura bareng Food Playground Cultural Cooking Classes.

 Food Playground

©Instagram/foodplaygroundsg

Kelas memasak yang satu ini didesain family friendly, bahkan anak-anak juga boleh ikutan. Setiap sesinya berlangsung selama 3 jam. Kamu bisa belajar gimana caranya membuat laksa, sate, nasi ayam, dan kuliner khas Singapura lainnya. Siapa tahu balik liburan kamu udah jago memasak, bisa sekalian dipamerkan ke anggota keluarga yang lain nih!

Food Playground

Alamat: 24 Sago Street, Singapore 059020

Waktu Buka: Senin – Jumat, 9.30am-12.30pm dan 2-5pm

Harga: mulai dari S$100

Itu tadi beberapa pilihan menjelajahi Chinatown Singapura yang ramah buat Moslem family. Pastikan masukkan destinasi di atas dalam itinerary liburan kamu, ya. Yuk, ke Singapura, saatnya impian jadi nyata!

 Logo Singapore

Beri Komentar
Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri