Jangan Lupa Ibadah, Ini Dia 4 Masjid Ternama di Singapura

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 21 Maret 2019 13:27
Jangan Lupa Ibadah, Ini Dia 4 Masjid Ternama di Singapura
Setiap masjid di Singapura memiliki ciri khas masing-masing.

Dream - Singapura tidak hanya dikenal sebagai surga belanja, tapi juga melting pot berbagai agama, tradisi, dan budaya di Asia. Jadi, tak perlu risau kalau ingin jalan-jalan ke sana karena ada banyak sekali destinasi masjid ikonik yang sangat menarik buat dikunjungi.

Beberapa yang cukup mengesankan buat di-highlight adalah beberapa masjid tersohor di negeri Singa.

Setiap masjid di Singapura memiliki ciri khas masing-masing yang meskipun terlihat klasik, tetap dapat selaras dengan lingkungan sekitarnya. Beberapa masjid berada di pusat aktivitas wisatawan berburu kuliner Singapura, ada juga yang berada di kawasan belanja.

Keberadaan masjid-masjid ini sangat memudahkan bagi wisatawan muslim yang ingin menjelajah Singapura dan tidak ingin meninggalkan kewajiban salat lima waktunya.

Coba kunjungi dan rasakan sendiri khusyuk dan nyamannya beribadah sekaligus berwisata di sana.

Masjid Sultan

 tih.stb.gov.sg

tih.stb.gov.sg

Wisatawan mana yang melewatkan Masjid Sultan saat mengatur itinerary mengunjungi kawasan Bugis, Singapura. Siapapun pasti ingin mendokumentasikan perjalanan dengan latar belakang masjid yang menawan di tengah ramainya suasana Kampong Glam.

Lelah menyusuri deretan toko dan tempat kuliner dari Stasiun MRT Bugis pun terbayar sudah begitu melihat kubah emas di ujung jalan Arab Street. Inilah kubah Masjid Sultan yang megah dan memiliki catatan sejarah menarik untuk ditelusuri.

Masjid Sultan merupakan masjid yang pertama kali dibangun di Singapura pada tahun 1824 untuk Sultan Hussein Shah. Tidak heran jika ia pun mendapat label masjid tertua Negeri Singa.

Pada tahun 1920-an, Masjid Sultan dibangun kembali dan desainnya bertahan hingga sekarang. Setelah mengalami beberapa kali renovasi, Masjid Sultan yang dirancang Denis Santry kini telah menjadi destinasi masjid ikonik populer di Singapura.

Saat mengunjungi langsung masjid Sultan ini, bersiaplah dibuat terpana oleh kemegahan kubah berwarna emas berbentuk bawang di puncak bangunannya. Konon pada dasar kubahnya didekorasi dengan botol-botol kaca yang merupakan sumbangan oleh umat Muslim Singapura selama masa pembangunannya.

Alamat: 3 Muscat Street, Singapore 198833

Jam Operasional:

Senin - Kamis 10am–12pm, 2–4pm

Jumat 2.30–4pm

Sabtu 10am–12pm, 2–4pm

Tutup saat Minggu dan Hari Libur

Masjid Hajjah Fatimah

 tih.stb.gov.sg

tih.stb.gov.sg

Berlokasi di di 4001 Beach Rd, Masjid Hajjah Fatimah dibangun sejak 1846. Nama Hajjah Fatimah sendiri diambil dari seorang pengusaha Singapura pada abad ke-19, yang tak lain penggagas pembangunan masjid tersebut.

Ciri khas yang bisa dinikmati dari bangunan Masjid Hajjah Fatimah adalah perpaduan arsitektur Eropa, Melayu dan Tiongkok.

Selain itu, Masjid Hajjah Fatimah juga kerap disebut Masjid Menara Condong. Hal ini karena bangunan menaranya miring hingga 6 derajat, akibat pondasi yang dibangun di atas tanah berpasir.

Meski begitu, kamu tak perlu khawatir keamanannya, lantaran masjid yang terletak di lingkungan bersejarah dan dekat pusat wisata Kampong Glam ini, telah ditetapkan sebagai monumen nasional Singapura sejak 1973. Tak heran, jika Masjid Hajjah Fatimah menjadi salah satu masjid ikonik di Singapura.

Alamat: 4001 Beach Road, Singapore 199584

Jam Operasional: Setiap hari 9AM-9PM

Masjid Abdul Gafoor

 tih.stb.gov.sg

Meski tersohor dan terkenal di Singapura, masjid ini tidak terletak di tepi jalan utama. Masjid Abdul Gafoor yang berlokasi di Dunlop Street, berada di tengah permukiman warga Little India, Singapura.

Dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Stasiun MRT Bugis, wisatawan muslim dapat menunaikan ibadah sekaligus mempelajari sejarah masjid ini.

Pihak pengurus masjid telah mempersiapkan brosur dan pamflet serta buku-buku yang diketahui terdiri dari beberapa bahasa agar mempermudah wisatawan yang berkunjung ke sana. Di sini juga terdapat koleksi Alquran dalam berbagai bahasa. Bagi wisatawan yang ingin berfoto, pihak masjid menyediakan pakaian-pakaian muslim dan muslimah yang dipajang agar lebih serasi dengan latar belakang masjidnya.

Masjid Abdul Gafoor pertama kali dibangun pada 1903 dan rampung pada 2003. Penamaannya sendiri didasarkan pada sosok Syekh Abdul Ghaffur bin Syekh Haida yang bukan hanya aktif di sebuah firma hukum Khory&Brydges, tapi juga dunia dakwah. Yup, sosok yang satu ini dianggap memiliki jasa yang besar terhadap perkembangan Islam di Singapura.

Beliau meninggal pada 1919 dan sebagai penghormatan, akhirnya namanya diabadikan sebagai nama masjid.

Masjid An-Nahdhah

 © instagram.com/annahdhah

©instagram.com/annahdhah

Selanjutnya ada Masjid An-Nahdhah yang terletak di distrik Bishan dan dapat dicapai berjalan kaki dari stasiun MRT Bishan. Dibuka sejak 6 Januari 2006, masjid ini diperkirakan dapat menampung kira-kira hingga 4.000 jamaah.

Selain dipergunakan untuk salat dan kajian-kajian Islam, masjid ini juga memiliki fasilitas Harmony Center yang ramah menerima kunjungan wisatawan dari berbagai agama.

Inilah masjid dengan keberagaman terlengkap yang menyimpan penjelasan-penjelasan agama lain yang dipeluk warga Singapura. Tercatat selain agama Islam ada juga Bahai, Sikh, Tao, Yahudi, Jain, Zoroaster Buddha, Hindu, dan Kristen.

Di Masjid An-Nahdhah, kamu tidak hanya nyaman dalam beribadah, tapi juga sekaligus mempelajari ilmu dan memperdalam wawasan keislaman sebagai penyatu umat beragama.

Alamat: 9A Bishan Street 14, Singapore 579786

Jam Operasional:

Senin - Kamis 9AM - 6PM

Jumat 9AM - 5PM

Sabtu 8AM - 3PM

Minggu 8AM-12PM

Sebenarnya masih ada banyak lagi spot yang oke banget dan diperuntukkan bagi para pelancong, terutama wisatawan muslim. Jangan hanya melihat-lihat wisata Singapura saja, deretan masjid di atas pun dapat dijelajahi untuk menunaikan ibadah salat lima waktu selama liburan.

Segera bikin agenda untuk jelajah masjid ikonik di Singapura, yuk! Cek informasi selengkapnya di sini.

 stb

Beri Komentar
Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah