Menyulap Batik Jakarta Jadi Lebih Modern di Koleksi Sloka dari Kami. First

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Senin, 28 November 2022 07:12
Menyulap Batik Jakarta Jadi Lebih Modern di Koleksi Sloka dari Kami. First
Sloka Collection hadir dengan berbagai motif Batik Jakarta yang dikemas dalam Modern Look dengan tetap mengutamakan elemen tradisional didalamnya

Dream - Setiap daerah di Indonesia mempunya kain tradisional yang unik, sarat makna dan kental akan budaya leluhur. Kain-kain khusus ini biasanya digunakan ketika momen-momen spesial atau acara adat.

Menyulap kain-kain wastra mengikuti tren fesyen bisa menjadi salah satu caranya. Seperti koleksi Kami. First yang meluncurkan koleksi terbarunya yakni Sloka Jakarta.

Sloka Collection hadir dengan berbagai motif Batik Jakarta yang dikemas dalam Modern Look dengan tetap mengutamakan elemen tradisional didalamnya.

Instagram @kamiidea© Instagram @kamiidea

“ Kami.sudah sekian lama tinggal di Jakarta, jadi kami ingin lestarikan kembali budaya budaya Betawi,” jelas Istafiana Candarini, Founder Brand Kami di acara peluncurkan Sloka Collection baru-baru ini.

1 dari 3 halaman

Gabungkan Dua Makna

Kata “ Sloka” diambil dari bahasa Sansekerta yang merupakan bentuk puisi Melayu yang dikenal dengan pantun. Sloka dimaknai sebagai bentuk kebebasan berekspresi dan kolaborasi.

Dream.co.id© Dream.co.id

“ Dengan menggabungkan kedua makna tersebut, Sloka Collection ini ingin menampilkan harmonisasi elemen tradisional dan modern pada motif Batik Jakarta,” tambah Istafiana yang akrab disapa Irin.

 

2 dari 3 halaman

Desain Motif Batik

Design Sloka terinspirasi dari motif batik yang diambil dari elemen merepresentasikan kota Jakarta. Elemen ini dibubuhkan ke dalam pattern design, seperti motif Buketan, motif Geometri Kembang Kelapa, motif Bondol, motif Monogram Bondol, serta motif Monogram Lace.

Dream.co.id© Dream.co.id

“ Terlebih motif pada karya ini menggambarkan harmonisasi motif batik Jakarta yang saling melengkapi dan membentuk keindahan komposisi ilustrasi batik,” tambah Irin.

Melalui Sloka collections, Kami. bersama dengan Sarah Sofyan berharap dapat mengenalkan Jakarta lebih luas lagi dengan sebuah karya.

3 dari 3 halaman

Kolaborasi untuk Kenalkan Kecantikan Budaya Jakarta

Pada koleksi Sloka ini, Kami. berkolaborasi dengan Sarah Sofyan untuk mengenalkan kembali kecantikan dari budaya Jakarta kepada masyarakat.

Dream.co.id© Dream.co.id

“ Senang sekali rasanya bisa berkolaborasi dengan Kami. yang memiliki kesamaan visi untuk bisa lebih mengenalkan kepada masyarakat akan keindahan budaya nusantara, terutama Budaya Betawi melalui motif Batik Jakarta,” jelas Influencer Sarah Sofyan pada kesempatan yang sama.

Sarah berharap koleksi ini bisa lebih mendukung dan melestarikan budaya betawi agar bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas, sehingga kebudayaan ini bisa dirasakan oleh berbagai generasi nantinya.

Beri Komentar