Nostalgia Musim Gugur di Busana Muslim Ivan Gunawan

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 21 Maret 2019 14:43
Nostalgia Musim Gugur di Busana Muslim Ivan Gunawan
Panggung spektakuler terinspirasi dari runway Karl Lagerfeld.

Dream - Nuansa sejuk di tengah hutan musim gugur Eropa, suasana itu terasa begitu kental kala desainer Ivan Gunawan membawa koleksi modest wear bertajuk 'Nostalgia'.

Pagelaran busana tunggal dari lini Mandjha Hijab dan Khalif Men's Wear itu sekaligus menjadi persembahan dalam menyambut bulan Ramadan dan Idul Fitri yang semakin dekat.

Mengusung tema musim gugur, koleksi terinspirasi dari pengalaman Igun ketika menjelajah Benua Biru.

" Tema besar saya ambil dari perjalanan wisata saya beberapa waktu lalu ke Eropa, yaitu Paris, London dan Turki. Musim di sana yang membuat saya falling in love adalah musim gugur, di mana transisi dari summer ke winter terasa begitu indah," tutur Ivan Gunawan di pagelaran Nostalgia Ramadhan Festival, Jakarta, Rabu 20 Maret 2019.

 Ivan Gunawan

Desainer Ivan Gunawan di Press Conference 'Nostalgia' (Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream)

Kesan dan pengalaman itu ia tuangkan ke dalam set design yang memukau. Area Livespace, SCBD disulap menjadi hutan musim gugur dengan tanah bertabur dedaunan kering. Tak lupa dengan pepohonan yang memberi kesan enchanted.

Sekilas, desain panggung memiliki kemiripan dengan runway Chanel di Paris Fashion Week Womenswear Fall/Winter 2018/2019. Igun membenarkan bahwa Karl Lagerfeld adalah sosok muse baginya dalam berkarya.

 Chanel

Koleksi Chanel di Paris Fashion Week 2018 (Foto: Shutterstock)

" Memang idola saya hanya Karl Lagerfeld seorang dalam hal mendesain. Saya bisa seperti sekarang karena Karl. Ini salah satu show di mana saya merasa sedih dan kehilangan sosok itu," ungkapnya.

Tak tanggung-tanggung, Igun langsung memboyong 150 busana muslim ke atas panggung. Simak koleksinya di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Mandjha Hijab

Pertunjukan dibuka dengan koleksi dari lini busana muslim wanita Ivan Gunawan.

Belum lama diluncurkan, Igun mampu memberi warna baru di ranah modest wear. Bahan tweed atau wol kasar menjadi benang merah pada koleksi kali ini.

 Mandjha HijabMandjha Hijab © Foto: Tim Muara Bagdja

Mandjha Hijab by Ivan Gunawan (Foto: Tim Muara Bagdja)

Permainan outer banyak diterapkan memakai aneka warna spicy seperti mustard, oranye, ginger dan beige. Teknik layering dipakai untuk menyamarkan bentuk tubuh wanita muslimah.

Mengusung konsep colossal fashion show, musik lembut nan syahdu mengalun sepanjang pertunjukan. Ada sentuhan dramatis dari efek suara angin musim gugur dan permainan lighting yang dinamis.

Terlebih ketika Igun menciptakan transisi dari siang ke malam, lampu meredup dan siluet oranye berganti menjadi biru keunguan.

 Mandjha HijabMandjha Hijab © Foto: Tim Muara Bagdja

Mandjha Hijab by Ivan Gunawan (Foto: Tim Muara Bagdja)

Busana juga menyesuaikan dengan suasana panggung. Busana terlihat lebih bold menggunakan warna gelap seperti hitam dan cokelat tua.

Koleksi terbaru Mandjha Hijab dibanderol mulai dari Rp149 ribu - Rp799 ribu.

2 dari 2 halaman

Khalif Men's Wear

Koleksi pria tak kalah apik dari wanita. Lewat lini Khalif Men's Wear, Igun membawa busana muslim pria dengan aneka kombinasi bahan dalam satu tampilan.

 Khalif Men's WearKhalif Men's Wear © Foto: Tim Muara Bagdja

Khalif Men's Wear (Foto: Tim Muara Bagdja)

Pada sequence ini, model berjalan dengan memakai baju koko, kemeja dan baju manset berkancing tunggal. Ragam aksesori berupa kopiah, peci, sarung dan slip on sandals yang menjadi ciri khas busana muslim pria turut ditambahkan.

Warna yang diusung begitu simpel, seperti hitam, putih, cokelat dan abu-abu agar tetap maskulin. Menariknya, Igun memberi sentuhan modern pada peci yang dibuat menyerupai cap atau topi.

 Ivan GunawanIvan Gunawan © Foto: Tim Muara Bagdja

Desainer Ivan Gunawan (Foto: Tim Muara Bagdja)

Ivan Gunawan juga menampilkan 20 set gabungan dari busana pria dan wanita sebagai koleksi keluarga. (ism)

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna