Pandemi Mengajarkan Banyak Hal, Lindungi Finansial Keluarga Salah Satunya

Reporter : Wuri Anggarini
Rabu, 5 Agustus 2020 00:01
Pandemi Mengajarkan Banyak Hal, Lindungi Finansial Keluarga Salah Satunya
Belajar dari ketidakpastian di tengah kondisi seperti sekarang ini, melakukan perencanaan keuangan jadi hal yang sangat penting. Ini yang perlu kamu lakukan.

Pandemi yang sudah berlangsung selama beberapa bulan belakangan ini banyak memberikan pelajaran berharga. Salah satu yang paling utama adalah lebih aware tentang kesehatan keluarga. Situasi buruk bisa terjadi kapan saja dan ternyata dapat membawa dampak pada stabilitas finansial jika tidak disiapkan dengan baik.

Belajar dari ketidakpastian di tengah kondisi seperti sekarang ini, melakukan perencanaan keuangan jadi hal yang sangat penting. Memberikan perlindungan keluarga dengan asuransi kesehatan berbasis syariah jadi hal utama yang perlu dilakukan keluarga muslim saat ini. Selain bisa menyempurnakan ibadah sesuai dengan prinsip syariah yang diusung, memiliki asuransi syariah juga perlu dengan beberapa pertimbangan seperti berikut ini.

1 dari 2 halaman

Biaya Kesehatan yang Semakin Meningkat di Tengah Situasi Pandemi yang Nggak Bisa Diprediksi

Pandemi Mengajarkan Banyak Hal, Lindungi Finansial Keluarga Salah Satunya© Shutterstock

Di era sekarang ini, masalah kesehatan semakin kompleks. Hal ini juga yang membuat biaya kesehatan semakin meningkat sehingga diperlukan perencanaan keuangan yang tepat. Faktanya, biaya kesehatan sering membuat rumah tangga membelanjakan lebih dari 10% total pendapatan mereka, atau yang disebut juga pengeluaran katastropik.

Menurut data yang ada, 11,8 juta jiwa masyarakat Indonesia (4,5% dari jumlah penduduk) memakai lebih dari 10% pendapatannya untuk biaya kesehatan pada tahun 2017. Jumlah ini bisa lebih tinggi lagi jika harus rawat inap. Di tahun 2017 misalnya, kejadian belanja katastropik akibat rawat inap mencapai 3,1 juta jiwa (27,9%)*.

Tanpa perencanaan yang tepat, stabilitas ekonomi keluarga bisa terganggu. Apalagi jika ada kondisi anggota keluarga yang harus rawat inap atau menjalankan operasi, alternatif menggunakan tabungan pribadi, menjual aset, atau pinjam uang seringnya dilakukan saat kondisi darurat yang malah menambah 'beban' finansial. Di sinilah pentingnya memiliki asuransi kesehatan syariah yang dapat melindungi risiko pengeluaran biaya kesehatan tak terduga, tapi tetap berdasarkan prinsip syariah sesuai dengan ajaran Islam.

2 dari 2 halaman

Saatnya Pilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Pandemi Mengajarkan Banyak Hal, Lindungi Finansial Keluarga Salah Satunya© Shutterstock

Saatnya menghindari risiko keuangan di masa depan akibat pengeluaran biaya kesehatan darurat. PRUSolusi Sehat Syariah dapat memberikan perlindungan yang dibutuhkan. Asuransi kesehatan murni berbasis syariah dari Prudential Indonesia ini menawarkan perlindungan kesehatan yang komplit, fleksibel, dengan harga terjangkau bagi keluarga Indonesia terhadap risiko rawat inap sesuai tagihan rumah sakit untuk manfaat tertentu dengan 8 keunggulan produk sebagai berikut:

Pandemi Mengajarkan Banyak Hal, Lindungi Finansial Keluarga Salah Satunya© Shutterstock

  1. Fleksibilitas dalam memilih satu dari delapan plan, Cakupan Wilayah Asuransi, tipe kamar, dan batas harga kamar
  2. Perlindungan PRUSolusi Sehat Syariah mencakup hingga ke seluruh dunia berdasarkan plan yang dipilih
  3. Batas Manfaat hingga Rp65 miliar dengan fasilitas PRUSolusi Sehat Limit Booster berdasarkan plan yang dipilih
  4. Manfaat perawatan selama 30 hari sebelum dan 90 hari setelah tindakan bedah rawat jalan (one day surgery)
  5. Masa Kepesertaan 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang hingga Peserta Yang Diasuransikan berusia 99 tahun
  6. Manfaat rawat jalan kanker dan cuci darah sesuai tagihan, tanpa atau dengan rawat inap sebelumnya
  7. Kunjungan dokter umum dan dokter spesialis (serta sub spesialis) per jenis spesialisasi masing-masing hingga dua kali per hari
  8. Pembayaran manfaat untuk perawatan di luar Cakupan Wilayah Asuransi dengan persentase tertentu, mengacu ketentuan pada Polis

Dengan prinsip Syariah, yaitu saling tolong menolong lewat Dana Tabarru dari para peserta, PRUSolusi Sehat Syariah menjadi perlindungan kesehatan yang tepat untuk keluarga muslim masa kini.

Selain itu, hingga 31 Agustus 2020, Prudential Indonesia juga memberikan Santunan Tunai Tambahan berupa Rp1 juta/hari (maksimal 30 hari) jika harus dirawat inap akibat infeksi COVID-19, bagi masyarakat Indonesia dan nasabah Prudential Indonesia, dan juga nasabah dapat menikmati beragam manfaat tambahan lainnya terkait COVID-19 dengan cara mendaftarkan diri menjadi nasabah perlindungan jiwa kecelakaan bebas premi melalui aplikasi mobile Pulse by Prudential yang dapat di-download melalui Play Store dan App Store secara bebas biaya. Syarat dan ketentuan dari Santunan Tunai Tambahan serta informasi lebih lanjut terkait program COVID-19 dapat dilihat di bit.ly/ProgramCOVID-19.

Yuk, saatnya berikan perlindungan maksimal untuk keluargamu!

 

* Hidayat B dan Hidayat T: Belanja Kesehatan Katastropik: Analisis Data Susenas tahun 2013 dan 2017. CHEPS FKM UI 2020

Beri Komentar