Pentingnya Menabung untuk Hidup Setelah Resepsi Nikah

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 5 Maret 2019 10:36
Pentingnya Menabung untuk Hidup Setelah Resepsi Nikah
Siapa yang lagi tahap persiapan menikah, nih?

Dream - Menikah adalah sebuah tahap kehidupan yang luar biasa dan bisa mengubah pribadi dan prinsip seseorang dalam sekejap. Mereka yang dulunya jomblo dan punya idealisme tinggi bahkan sampai rela membengkokkan egonya demi kebahagiaan bersama.

Itulah juga alasan mengapa setiap orang yang menikah selalu mendapat ucapan, “Selamat menempuh hidup baru,” karena mereka bakal membuka lembaran baru, sebuah petualangan baru yang akan mereka hadapi, tidak sendirian, tapi juga bersama pasangan, momongan, serta keluarga besar yang ada di sekitar mereka.

Perubahan tak hanya terjadi pada prinsip hidup saja. Setelah menikah, ada banyak hal yang harus dipersiapkan, termasuk soal keuangan.

Sebab  hidup berkeluarga, serta memiliki banyak impian masa depan yang harus diciptakan, memiliki uang adalah kewajiban yang harus dimiliki setiap keluarga.

Masih pengantin baru dan belum ada keinginan untuk mulai menabung? Jangan tunda hingga menyesal di esok hari. Berikut adalah beberapa alasan yang bisa dijadikan motivasi, mengapa menambung itu penting untuk hidup setelah berkeluarga.

Tak Hanya Kebahagiaan, Tantangan Juga Datang

Pernikahan bukanlah garis finish. Jangan harapkan setelah mengikat janji berdua dengan pasangan, bakal hadir setumpuk kebahagiaan. Hidup berkeluarga itu juga berarti harus siap menghadapi tantangan dan sering kali membutuhkan dana untuk mewujudkannya.

Salah satu contoh tantangan itu adalah ketika ada anggota keluarga yang sakit. Meski sudah punya asuransi, tabungan yang minim bakal membuatmu kesulitan untuk menghadapi cobaan ini karena bisa saja ada satu-dua metode pengobatan yang dibutuhkan dan itu tidak tercantum dalam asuransimu.

Bukan hanya soal kesehatan, tantangan juga bisa berupa dana pendidikan bagi anak-anak dan mobil sebagai sarana transportasi keluarga.

Masa Tua yang Bahagia

Setelah sukses menghantarkan anak-anak menjadi dewasa dan berkeluarga, apa lagi yang harus dilakukan oleh para orang tua?

Mereka yang tak punya tabungan mungkin bakal kebingungan harus melakukan apa yang akhirnya justru bikin depresi. Karena itu, mulailah sisihkan pendapatan sebagai dana pensiun karena setiap orang pasti akan menua.

Hanya saja, kalau ada dana lebih di usia senja, hidup akan lebih terjamin dan bahagia.

Keluarga Juga Butuh Tempat Tinggal

Tantangan berat berikutnya setelah hidup berumah tangga adalah memiliki rumah sendiri. Bagi yang membangun keluarga dari nol, dibutuhkan usaha ekstra keras untuk mewujudkannya.

Misalnya, menyisihkan pendapatan untuk uang muka pembelian rumah.

Karena biaya yang tidak murah, perlu keinginan menabung sedini mungkin setelah menikah. Bahkan bila perlu, uang buwuh yang didapatkan dari para tamu undangan sebaiknya tak dihambur-hamburkan begitu saja karena bisa ditabung dahulu untuk dipakai sebagai DP (down payment) rumah.

Keluarga Juga Butuh Bersenang-Senang

Beban pekerjaan yang begitu besar pasti selalu menyisakan pikiran yang bikin kepala jadi berat. Begitu juga dengan ibu rumah tangga. Mempersiapkan kebutuhan keluarga, membersihkan rumah dari pagi hingga malam, hingga melerai pertikaian antar-anak juga bisa bikin hidup jadi jengah.

Sementara itu anak-anak juga tentunya butuh melepas penat setelah belajar setiap hari di sekolah dan di rumah.

Intinya, keluarga butuh liburan untuk menjaga pikiran tetap fresh dan bikin hidup lebih bahagia. Ini juga jadi satu alasan penting kenapa harus menabung sedini mungkin setelah berkeluarga.

Renovasi Rumah itu Tak Terbantahkan

Lambat laun, si kecil akan dewasa. Pasti dia juga membutuhkan kamar pribadi agar lebih bebas beraktivitas.

Dana tak terduga bisa digunakan untuk renovasi, memugar rumah menjadi lebih luas dan komplit. Bila ada dana mencukupi tentunya jadi lebih mudah membongkar rumah jadi lebih indah.

Sisa uang bisa dipakai untuk mempercantik tempat tinggal dengan furniture rumah tangga yang unik dan menarik.

Sedang renovasi rumah juga?

Saatnya untuk berburu kebutuhan agar hunian jadi luar biasa. Kunjungi saja Tokopedia. Situs jual beli online yang juga punya koleksi perlengkapan renovasi rumah. Mulai dari paku, pipa, hingga genteng rumah tersedia di sini.

Tak perlu bingung untuk urusan lantai karena di Tokopedia, harga keramik lantai lengkap sehingga bisa atur budget dengan pasti dan pas.

#MulaiAjaDulu di Tokopedia buat mewujudkan keluarga yang harmonis dan bahagia!

Beri Komentar