Maksimalkan Nutrisi dan Stimulasi Anak Demi Tumbuh Kembangnya

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Senin, 18 April 2022 18:36
Maksimalkan Nutrisi dan Stimulasi Anak Demi Tumbuh Kembangnya
Paket yang didonasikan merepresentasikan tiga nilai inti yaitu happy heart, happy brain dan happy tummy.

Dream - Semua orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik dalam pemenuhan nutrisi buah hatinya. Namun, tidak semua anak Indonesia beruntung memiliki fasilitas yang memadai dalam pemenuhan nutrisi.

Faktanya, data Unicef menyebutkan 9 dari 10 anak Indonesia masih kekurangan akses nutrisi dan pendidikan. Padahal nutrisi yang baik sangat menunjang tumbuh kembang anak ke depannya.

Doc Bebelac© Doc Bebelac

“ Kami menyadari bahwa langkah awal membuka potensi si kecil menjadi anak hebat adalah dengan adanya stimulasi yang optimal, namun masih banyak anak-anak Indonesia yang belum dapat terpenuhi kebutuhan nutrisi dan stimulasi yang seimbang,” ujar Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin, dalam keterangan tertulis yang diterima Dream.

Salah satu nutrisi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil dan mendukung tumbuh kembangnya adalah susu pertumbuhan untuk anak.

1 dari 5 halaman

Berbagi Donasi Paket Nutrisi dan Stimulasi

Doc Bebelac© Doc Bebelac

Mendukung nutrisi anak Indonesia, kegiatan Anak Hebat Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan diadakan Bebelac untuk mengumpulkan donasi berbentuk Paket Nutrisi dan Stimulasi untuk disalurkan kepada anak-anak di panti asuhan yang berada di 20 provinsi di Indonesia.

Kegiatan Anak Hebat Berbagi Kebaikan merupakan sebuah inisiatif dimana si Kecil dan para orang tua dapat berbagi kebahagiaan masa kecil pada anak-anak Indonesia terutama bagi mereka yang membutuhkan, melalui asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang serta stimulasi yang sesuai.

“ Melalui kegiatan ini Bebelac berharap dapat mendukung tumbuh kembang anak Indonesia terutama di masa yang menantang ini. Dengan memberikan bantuan kepada anak-anak yang kurang mampu agar mereka tetap terstimulasi sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan menjadi Anak Hebat, melalui penggunaan Paket Kebaikan Anak Hebat,” ujar Arif.

2 dari 5 halaman

Donasikan Tiga Nilai Inti

Tahun ini Paket Kebaikan Anak Hebat yang dibagikan merepresentasikan tiga nilai inti yaitu happy heart, happy brain, dan happy tummy.

Happy heart diwujudkan dalam bentuk boneka lembut berbentuk binatang yang dapat memberikan rasa aman, rasa terlindungi pada anak seakan menggantikan posisi orang yang disayangi,” jelas Psikolog Anak dan Keluarga, Samanta Elsener.

Selanjutnya, happy brain yang diwujudkan dalam aktivitas stimulasi berbentuk kegiatan seni sebagai dukungan kreatifitas dan happy tummy yang diwujudkan dalam bentuk paket nutrisi sebagai dukungan nutrisi lengkap pada tumbuh kembang anak.

“ Diharapkan gerakan ini terus berlanjut ke masa depan dan menginspirasi lebih banyak orang tua hebat lainnya untuk menanamkan kebaikan dan empati kepada si kecil sebagai fondasi penting untuk mendukung si Kecil menjadi Anak Hebat, kata Brand Director Bebelac Indonesia, Patrisia Marlina.

3 dari 5 halaman

3 Kata yang Selalu Diingatkan Putri Titian Pada Si Kecil

Dream - Menanamkan kebiasaan baik baik anak di usia dini akan membuahkan kepribadian yang baik juga di kemudian hari. Dibutuhkan latihan dan konsistensi untuk membentuk karakter dan kepribadian yang baik pada anak.

Putri Titian punya cara sederhana untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan baik kepada kedua anaknya, Theodore Iori Liem dan Mykah Iago Liem.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Sesuai usianya, aku mengajarkan anak-anak dari kecil sesederhana kalau di rumah bilang terimakasih jika ditolong oleh mba. Dan jika dia ingin makan dan minta tolong ke suster harus bilang tolong,” kata Aktris Putri Titian pada konferensi virtual Bebelac Gerakan Anak Hebat Berbagi Kebaikan, Kamis 17 Maret 2022.

 

4 dari 5 halaman

Kata Maaf

Selain kata " tolong" dan dan " terimakasih" , Putri juga membiasakan untuk mengucapkan kata " maaf" ke anak atau sebaliknya.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Sebagai ibu kadang suka kelepasan momen marah-marah. Kalau sudah malam aku biasain bilang maaf ke mereka. Aku bilang perasaanku dan agar mereka ngerti. Dan ini bikin mereka ngerti kalau bukan anak aja yang minta maaf tapi juga orangtua,” ujar Putri.

 

5 dari 5 halaman

Penting Ditanamkan Sejak Dini

Putri Titian merasa bahwa nilai-nilai kebaikan sangat penting untuk ditanamkan kepada anak-anak sejak dini.

Instagram @putrititian© Instagram @putrititian

“ Sedini mungkin aku mulai mencontohkan pada si kecil untuk berbuat kebaikan dan menumbuhkan sifat empatinya kepada sesama, dimulai dari hal sederhana seperti berbagi dengan teman, menyayangi adiknya dan membantu Ibu dirumah,” ujar Putri.

Sayangnya di masa golden age buah hatinya, kondisi dunia sedang tidak baik karena pandemi, akhirnya anak-anak mengalami minimya interaksi anak dengan teman sebayanya.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Karena itu aku selalu berusaha mencari inspirasi yang dapat merangsang stimulasi melalui cara kreatif baru dan menarik untuk mendukung tumbuh kembang dan empati anak secara optimal walaupun di saat pandemi,” ujar Putri.

Melatih empati anak, Putri biasanya melakukan aktivitas sehari-hari dengan meminta tolong si kecil saat memasak. Ia meminta sang putra untuk membantunya melakukan hal simpel seperti mengocok telur. Setelah meminta bantuan, tak lupa ibu dua anak ini memberikan apresiasi dengan memuji anak.

Berbuat baik ternyata memiliki dampak yang positif terhadap tumbuh kembang anak. Hal-hal positif pada diri anak akan tumbuh dan menjadi modal besarnya di masa depan.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Berbuat baik dapat menumbuhkan rasa bahagia dan percaya diri dalam diri anak, seperti anak merasa dibutuhkan dan dihargai, anak terlatih untuk berpikir secara objektif terhadap kondisi orang lain dan dirinya serta terlatih untuk menumbuhkan empati, yang dapat menjadi modal dasar di masa depan kelak,” kataPsikolog Anak dan Keluarga, Samanta Elsener pada kesempatan yang sama.

Mendukung pertumbuhan anak-anak Indonesia agar menjadi anak-anak yang tidak hanya aktif, sehat dan pandai, tetapi juga memiliki kebaikan hati dan jiwa sosial yang tinggi, Bebelac meluncurkan sebuah inisiatif yaitu melalui kegiatan Gerakan Anak Hebat Berbagi Kebaikan.

Bermitra dengan Kitabisa untuk tahun ke-dua, melalui kegiatan Gerakan Anak Hebat Berbagi Kebaikan, Bebelac akan berbagi kebaikan dengan menyisihkan sebagian hasil keuntungan penjualan produk Bebelac Gum(Bebelac 3/4/5) selama Ramadhan yang akan diubah menjadi paket bingkisan dan didistribusikan ke ratusan panti asuhan yang tersebar di berbagai provinsi di seluruh Indonesia.

“ Kami berharap kegiatan Gerakan Anak Hebat Berbagi Kebaikan di bulan Ramadhan ini dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi anak-anak Indonesia untuk dapat hidup sehat dan bahagia," ujar Marketing Manager Bebelac, Anissa Permatadhieta Ardiellaputri pada kesempatan yang sama.

Beri Komentar