Corona Merajalela, Tips Mencuci Pakaian yang Tepat Hindari Virus

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 19 Maret 2020 17:12
Corona Merajalela, Tips Mencuci Pakaian yang Tepat Hindari Virus
Mencuci pakaian dengan cara tepat mampu mengurangi risiko paparan virus dan bakteri.

Dream - Wabah corona yang menyebar dengan cepat membuat orang harus lebih menjaga kebersihan. Bukan hanya tangan, melainkan juga benda-benda yang sering digunakan.

Cairan disinfektan bisa disemprotkan untuk membersihkan permukaan benda seperti meja atau ponsel. Namun Sahabat Dream tidak boleh lupa dengan pakaian.

Ketika berpergian ke luar rumah, virus bisa saja menempel pada pakaian meski seseorang telah menggunakan masker. Busana yang dikenakan berisiko menjadi carrier atau pembawa virus.

Pakaian harus dicuci memakai deterjen yang bekerja dengan cara mengikat kotoran. Meski begitu bukan berarti deterjen mampu sepenuhnya membunuh virus.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah mencuci pakaian. Kamu juga bisa mengenakan sarung tangan saat mencuci. Agar lebih optimal, berikut ini tips mencuci pakaian agar terhindar dari virus:

1 dari 6 halaman

Suhu Panas

 Cara Mencuci Pakaian© Foto: Shutterstock

Mencuci pakaian dengan suhu tinggi bisa membantu proses pembunuhan bakteri dan virus. Beberapa mesin cuci saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi suhu panas. Jika tidak punya, kamu bisa mencari tempat laundry yang menawarkan layanan tersebut.

" Sebagian besar virus tidak bisa bertahan di atas suhu 60 derajat celcius. Terapkan cara ini untuk pakaian yang jarang dicuci seperti handuk, sprei, gorden dan pakaian spesifik seperti baju bayi," ujar Deyan Dimitrov, CEO Laundryheap dilansir dari The Sun.

2 dari 6 halaman

Mesin Cuci

 Cara Mencuci Pakaian© Foto: Shutterstock

Mesin cuci tak pernah berhenti digunakan untuk membersihkan pakaian. Maka itu jangan lupa membersihkan tabung mesin cuci sesekali dengan memakai disinfektan.

" Caranya bisa dengan menuang cuka ke dalam tabung mesin cuci dan lakukan proses mencuci dengan memakai suhu panas. Cara ini juga bisa menghilangkan debu dan bakteri," kata Deyan.

3 dari 6 halaman

Deterjen

 Cara Mencuci Pakaian© Foto: Shutterstock

Memakai deterjen dalam jumlah banyak tidak menjamin dapat membunuh virus. Deterjen berlebih justru menimbulkan busa terlalu banyak yang membuat debu dan kotoran terjebak di dalam cucian.

" Gunakan deterjen secukupnya. Lalu saat memakai softener, tuangkan setengah tutup botol saja. Kalian juga bisa meneteskan essential oil agar pakaian lebih bersih dan wangi," ujarnya.

4 dari 6 halaman

Cara Lain

 Cara Mencuci Pakaian© Foto: Shutterstock

Selain mencuci dengan memakai suhu tinggi, Sahabat Dream juga bisa mengeringkan cucian lebih lama dari biasanya.

" Cuci selama 20 menit dengan suhu tinggi. Lalu jangan lupa setrika pakaian jika sudah kering," tutur Deyan.

5 dari 6 halaman

Corona di Mana-mana, Ini Pakaian yang Sebaiknya Dipakai Jika Harus Berpergian

Dream - Selama mewabahnya virus corona baru, Covid-19, di Indonesia, masyarakat diimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Tak hanya mencegah tertular, kegiatan berdiam diri di rumah juga dilakukan untuk mengurangi virus Covid-19 menyasar target baru. 

Jika kamu memang terpaksa harus berpergian untuk keperluan mendesak, tentunya bisa melakukan berbagai macam pencegahan, seperti membawa hand sanitizer, alat kebersihan lainnya di dalam tas serta menggunakan masker.

Selain itu hindari kontak fisik dengan orang lain dengan menggunakan pakaian yang tepat saat berpergian.

  Tas© shutterstock.com

Buat ladies, untuk atasan bisa mengenakan kemeja lengan panjang. Kaos dan jaket lengan panjang juga bisa jadi pilihan alternatif untuk tampil modis dan nyaman.

Dengan begitu dapat mencegah kontak fisik saat tidak sengaja bersenggolan dengan orang lain.

Atasan tertutup itu bisa dipadu padan dengan bawahan yang nyaman seperti kulot atau rok maxi. Bisa juga dengan celana panjang jeans.

 

 

6 dari 6 halaman

Pilihan Tas dan Sepatu

Pilihlah sling bag atau ransel berukuran sedang untuk menyimpan alat kebersihan seperti hand sanitizer, sabun antibakteri dan tisu kering.

  Jaket© shutterstock.com

Gunakan juga sepatu yang tertutup dan nyaman seperti sneakers atau pantofel. Yang terpenting stay safe ya Sahabat Dream!

Beri Komentar