Tips Merawat Rambut Diwarnai Agar Selalu Sehat

Reporter : Gladys Velonia
Sabtu, 30 Desember 2017 12:02
Tips Merawat Rambut Diwarnai Agar Selalu Sehat
Bukan hanya sampo dan conditioner, tapi juga harus lakukan hal ini.

Dream - Mewarnai rambut merupakan salah satu cara singkat membuat penampilan jadi sangat berbeda. Tak heran jika banyak yang mengaplikasikan warna-warna baru pada rambutnya guna terlihat lebih stylish dan trendi.

Namun, mewarnai rambut acap kali membuat rambut menjadi rusak. Pasalnya, bahan kimia yang digunakan untuk mewarnai rambut, perlahan-lahan dapat membuat rambut rapuh.

Untuk itu rambut yang diwarnai membutuhkan perawatan ekstra. Hisato Suzuki, hairdresser professional asal Jepang, membagikan tipsnya kepada Dream.co.id untuk menjaga kekuatan rambut yang diwarnai.

" Harus rutin maintain rambut dengan rajin di trimming minimal 1,5 bulan sekali," ujar Hisato di One Piece Hair Studio, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat 29 Desember 2017.

Menurut Hisato yang telah melanglang buana sebagai hairdresser selama 20 tahun lebih, trimming pada rambut diwarnai berfungsi untuk menghilangkan rambut rusak yang biasa berada di ujung-ujung rambut.

Jika tidak dihilangkan, rambut rusak di ujung rambut itu dapat merambat ke bagian atas. Selain trimming, hal lain yang tak kalah penting ialah rutin memanjakan rambut dengan perawatan khusus.

" Home care juga harus diperhatikan, gunakanlah professional product untuk maintain warna rambut. Pakai sampo bisa setiap hari, tapi harus sampo yang light," ungkap Hisato.

Keramas menggunakan sampo disebut Hisato sangat bagus untuk menjaga kekuatan rambut dari akarnya.

Sedangkan yang dimaksud dengan light shampoo ialah sampo yang memiliki tenaga pembersih tidak terlalu kuat, karena mengandung Ph balance yang medium, yakni di angka 5 sampai 5,5.

" Conditioner boleh dipakai setiap hari juga, tapi sebenarnya conditioner itu tidak terlalu banyak mengandung vitamin. Tapi lebih baik menggunakan conditioner daripada tidak. Untuk hair mask sendiri cukup 2 sampai 3 kali saja dalam seminggu," imbuhnya.

Untuk penggunaan vitamin sendiri, menurut Hisato sangat penting untuk melindungi rambut dari kerusakan. Langkah terbaik pengaplikasian vitamin adalah saat rambut masih basah namun akan dikeringkan menggunakan hair dryer.

" Pas rambut lagi basah, pakai vitamin dulu baru boleh dikeringkan. Karena di saat rambut basah dan akan dikeringkan, rambut rentan jadi rusak. Jadi butuh perlindungan dari vitamin," ungkap Hisato.(eko)

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'