6 Desainer Indonesia Bakal Unjuk Gigi di NYFW 2023

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 26 Agustus 2022 08:12
6 Desainer Indonesia Bakal Unjuk Gigi di NYFW 2023
Kira-kira siapa sajakah enam fashion desainer itu?

Dream - Deretan desainer Indonesia turut meramaikan ajang fashion show terkenal dunia, New York Fashion Week Spring/Summer 2023, pada 11 September 2022 mendatang. Sebanyak 6 desainer akan hadir memperlihatkan karya terbaik mereka di event akbar di dunia fashion ternama itu. 

Mengusung tema keindahan kain khas Indonesia dalam desain modern, sederet desainer Tanah Air yang tergabung dalam show Indonesia NOW ini akan memamerkan 60 koleksi mereka.

Keenam desainer itu adalah Priyo Oktaviano, Heaven Lights, Alleira x Amero, Coreta Lousie, Vivi Zubedi, dan Kimberly Tandra. Sedangkan 60 koleksi akan dipamerkan tepat di Spring Studio, New York, Amerika Serikat.

Keikutsertaan para desainer ini tentunya disambut antusias pecinta mode Tanah Air, termasuk dukungan Polka Cosmetics yang memberangkatkan enam tim untuk mendukung tata rias para model yang mengenakan karya busana para desainer Indonesia.

1 dari 5 halaman

Sebelum berangkat ke New York Fashion Week (NYFW), keenam desainer ini menyempatkan diri untuk menampilkan koleksi teranyarnya di Rumah Kaca Melati, Hutan Kota Plataran, Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Kamis, 25 Agustus 2022.

Masing-masing desainer telah mempersiapkan tema tersendiri pada koleksi yang akan dipamerkan. Spous by Priyo Oktaviano salah satunya akan menghadirkan 'Childhood Reminiscence' dengan kain wastra Indonesian.

Konferensi Pers fashion desainer Indonesia ke NYFW 2023© Dream.co.id/Ghina Arifin

" Menambahkan kejutan di koleksi kali ini dengan memberi warna-warna yang young," jelas pria kelahiran Kediri yang akan membawa tenun ikat khas Kediri ke NYFW.

Begitu juga dengan desainer muda Kimberly Tandra yang mana 2022 adalah tahun keduanya melenggang ke NYFW. Koleksi desainer termuda ini terinspirasi dari kehidupan personalnya di mana ia berasal dari kehidupan dari dua budaya berbeda.

Ia pun mengangkat tema Suedeson sebagai gabungan keberagaman budaya bangsa.

2 dari 5 halaman

Sedangkan Alleira X Amero Jewellery mengambil inspirasi Pulau Dewata, Bali, pada koleksi yang akan dipamerkan.

“ Yang akan ditampilkan nanti merupakan hasil lukisan tangan anak anak down syndrom yang bernuansa Paradise,“ jelas Jaka selaku CEO Alliera Batik.

Konferensi Pers fashion desainer Indonesia ke NYFW 2023© Dream.co.id/Ghina Arifin

Sementara Coreta Louise akan mempresentasikan koleksinya bertajuk 'Sea Reflection' yang terinspirasi keindahan bawah laut Bunaken, Sulawesi Utara.

“ Saya akan mengangkat keindahan laut ini From the Sea to the City,” paparnya secara virtual di acara ini.

Tak ketinggalan, Heaven Lights menjadi satu nama baru brand Indonesia yang akan merasakan panggung perdananya di NYFW. " Bersyukur sekali tentunya juga excited," ungkap Jihan selaku Founder dari Heaven Lights.

Jihan menjelaskan koleksi yang akan ditampilkannya mengambil inspirasi dari keindahan alam Papua yang dituangkan dalam sebuah patterns dengan potongan loose dikombinasikan dengan ruffle detail yang identik dari Muslim Wear ini.

3 dari 5 halaman

Konferensi Pers fashion desainer Indonesia ke NYFW 2023© Dream.co.id/Ghina Arifin

Desainer terakhir yang juga pernah merasakan panggung NYFW adalah Vivi Zubedi. Pada kesempatan ini ia memperkenalkan UMKM lokal binaan Deskarnasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Banjarbaru lewat paduan koleksinya dengan kain Sasirangan khas Banjarbaru.

“ Ini adalah kali ke-4 saya dan saya mengambil kesempatan ini untuk membawa wastra Kalimantan Selatan ke kancah international,“ ungkap istri Wali Kota Banjarbaru lewat daring.

Tentu dengan keikutsertaan para desainer Indonesia dalam ajang mode internasional diharapkan jadi langkah strategis untuk melebarkan pasar sekaligus mendukung bangkitnya ekonomi pasca pandemi melalui industri mode dan kecantikan.

Laporan: Ghina Arifin

4 dari 5 halaman

Sneak Peek 60 Looks Erigo-X yang Bakal Dipamerkan di New York Fashion Week 2023

Dream - Brand fashion lokal Erigo-X untuk kedua kalinya tampil di ajang fashion dunia, New York Fashion Week 2023. Brand lokal Indonesia itu akan menggelar show tunggal pada penyelenggaraan event bertajuk New York Fashion Week Spring/Summer 2023

Persiapan maksimal dilakukan Erigo-X salah satunya dengan menghadirkan 60 looks yang terinspirasi dari proses metaformosis kepompong. Elemen ini hadir lewat siluet cut-out menggunakan kain denim dan kulit untuk menciptakan siluet yang kuat. Sentuhan kain patch dan print akan mewakiliki bunga dan kupu-kupu.

Gemas! Rizky Billar Sedih Baby L Ikutan Nangis

" Tahun ini detail lebih banyak karena tahun lalu persipannya singkat. Semoga kami bisa kembali membuat masyarakat bangga bahwa produk dan karya anak bangsa bisa bersaing di kancah international," kata Muhammad Sadad CEO dan Founder Erigo di Jakarta, Selasa, 23 Agustus 2022.

erigo© dream

5 dari 5 halaman

Dari 60 looks yang bakal dipamerkan di ajang fashion dunia itu, Erigo-X mengusung beragam warna berani seperti biru, hijau dan hitam menjadi warna utama. Serta warna cerah seperti kuning, merah dan ungu sebagai aksen warna.

Erigo-X rencananya akan memboyong 13 artis dan influencer ke New York Fashion Week untuk memeriahkan acara ini. Diantara para pesohor tersebut terdapat nama Raffi Ahmad, Raline Shah, Enzy Storia, Angga Yunanda, Anya Geraldine, Refal Hady, Uus, Zee JKT48, Beby Tsabina, Gabriel Prince, Hassan Alaydrus, Iben M.A, dan Oza Rangkuti.

12 Artis Ikut New York Fashion Week 2023 Bareng Erigo-X

" Senang dan excited banget. Terima kasih sudah ajak aku lagi. Tahun lalu super seru, tahun ini pasti lebih seru lagi," kata Enzy Storia.

erigo© dream

Raffi Ahmad yang turut menyertai Erigo-X dalam event itu mengatakan kehadirannya sebagai bentuk dukungan agar karya anak bangsa mendunia.

" Pastinya senang banget bisa terlibat. (Kenapa mau) Karena karya anak bangsa harus didukung," kata Raffi Ahmad.

Irfan Hakim dan Raffi Ahmad Syok Lihat Dompet Hotman Paris

Erigo-X akan tampil di panggung NYFW 2023 The Show yang akan dilaksanakan di Springs Studios, New York pada 12 September 2022 waktu setempat atau 13 September waktu Indonesia. NYFW The Show merupakan bagian rangkaian resmi dari comitee New York Fashion Week.

Dalam mengikuti perhelatan NYFW tahun ini, Erigo bekerja sama dengan Tokopedia.

Beri Komentar