Dream -. Tak cuma dirancang denga motif khas dan indah, sarung di Indonesia kerap kali dikombinasikan dengan keindahan dari motif batik yang jadi identitas Tanah Air.
Munculnya sarung batik di industri fashion menarik minat berbagai pelaku usaha lokal, yang melihat peluang dalam keragaman sarung batik.
Misalnya dari Pekalongan, Jawa Tengah, SarungBatik_store, sebagai salah satu UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) fashion lokal yang merambah ke produksi sarung batik.
Padahal awalnya, mereka berfokus pada penjualan daster secara offline selama bertahun-tahun sebelum berinovasi ke produk sarung dengan memanfaatkan platform digital untuk pemasaran.
Namun seiring berjalannya waktu dan turut mengikuti perkembangan dari era digital, SarungBatik_store mulai mencoba untuk menggunakan platform TikTok, platform video hiburan terdepan dengan banyak pengguna di Indonesia.
Ali, selaku pemilik SarungBatik_store melihat potensi besar yang dimiliki platform ini sehingga menginspirasi SarungBatik_store untuk memperluas jangkauan audiensnya secara digital.
Mengawali usahanya sebagai reseller pada Oktober 2022, kini SarungBatik_store telah berkembang menjadi produsen sarung batik independen, menawarkan produk berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing.
Antusiasme pembeli di TikTok telah mendorong Ali untuk meningkatkan produksi sarung batik dengan bahan berkualitas lebih tinggi, jumlah produksi yang lebih banyak, dan harga yang tetap kompetitif.
“Hampir 90% pendapatan SarungBatik_store berasal dari promosi di platform TikTok. Kami bersyukur karena melalui platform ini kami tidak hanya memberikan peluang bagi saya selaku pemilik usaha tetapi juga membuka lapangan pekerjaan dengan memberdayakan tenaga lokal di Pekalongan, Jawa Tengah, yang juga menggeluti industri usaha batik, termasuk pihak sablon dan konveksi,” papar Ali pada keterangan tertulisnya pada Kamis, 7 Maret 2024.
Selain itu, kampanye #MelokalDenganBatik yang dibuat oleh TikTok dan Tokopedia pun dimanfaatkan oleh SarungBatik_store untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar.
Langkah pertama yang dilakukan SarungBatik adalah meningkatkan intensitas live dari tiga jam menjadi enam jam per hari, menghadirkan interaksi yang lebih lama dan lebih dekat dengan audiens.
Tak hanya itu, SarungBatik_store juga gencar memproduksi konten video pendek dengan total hampir 20 video diunggah selama periode kampanye, menampilkan berbagai produk dan informasi menarik seputar sarung batiknya.
Memanfaatkan momen ini, SarungBatik berkolaborasi dengan TokoMamaGigi, kanal TikTok yang dikelola oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.
Hal ini bertujuan untuk mempromosikan produknya di mana SarungBatik berhasil mendapatkan audiens yang lebih banyak daripada sebelumnya.
Pendekatan melalui strategi konten yang inovatif dan kolaborasi yang strategis telah membuahkan hasil yang signifikan.
Penjualan SarungBatik_store melonjak sebesar 75 persen dibandingkan bulan sebelumnya.
Hasil ini menegaskan bahwa strategi konten yang tepat dan efektif merupakan kunci kesuksesan dalam mempromosikan usahanya melalui platform digital seperti TikTok.
Pendekatan inovatif melalui strategi konten dan kolaborasi strategis ini menegaskan pentingnya memilih strategi promosi yang efektif dalam era digital.
Melalui platform seperti TikTok, usaha lokal seperti SarungBatik_store mendapatkan kesempatan untuk bersaing di pasar yang lebih luas dengan menggunakan konten kreatif dan kolaborasi yang menarik.
Hasil positif ini menunjukkan bagaimana kerjasama antara TikTok dan Tokopedia dapat membantu UMKM lokal menjangkau pasar yang lebih luas dan mencapai kesuksesan.
Kesuksesan SarungBatik_store dan komitmen TikTok serta Tokopedia dalam mendukung UMKM menunjukkan sinergi kuat antara teknologi digital dan usaha lokal Indonesia.
Inisiatif ini bukan hanya memperluas pasar UMKM tetapi juga menegaskan pentingnya ekosistem bisnis yang adil dan berkelanjutan.
Terbukti dari kolaborasi antara platform digital dengan UMKM yang bukan hanya menguntungkan secara ekonomi, tetapi juga mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi nasional.
Advertisement
Waspada, Ini yang Terjadi Pada Tubuh saat Kamu Marah
Respons Tuntutan, DPR RI Siap Bahas RUU Perampasan Aset
5 Komunitas Parenting di Indonesia, Ada Mendongeng hingga MPASI
Banyak Pedagang Hengkang, Gubernur Pramono Gratiskan Sewa Kios 2 Bulan di Blok M Hub
Mahasiswa Makan Nasi Lele Sebungkus Berdua Saat Demo, Netizen: Makan Aja Telat, Masa Bakar Halte
Momen Haru Sopir Ojol Nangis dapat Orderan dari Singapura untuk Dibagikan
Hj.Erni Makmur Berdayakan Perempuan Kalimantan Timur Lewat PKK
Siswa Belajar Online karena Demo, Saat Diminta Live Location Ada yang Sudah di Semeru
Cetak Sejarah Baru! 'Dynamite' BTS Jadi Lagu Asia Pertama Tembus 2 Miliar di Spotify dan YouTube
Komunitas Warga Indonesia di Amerika Tunjukkan Kepedulian Lewat `Amerika Bergerak`
Didanai Rp83 Miliar dari Google, ASEAN Foundation Cetak 550 Ribu Pasukan Pembasmi Penipuan Online