Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Korban Meninggal Gempa Ambon Bertambah Jadi 23 Orang

Korban Meninggal Gempa Ambon Bertambah Jadi 23 Orang Kerusakan Akibat Gempa Ambon

Dream - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah korban gempa Ambon terus meningkat. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku hingga semalam, jumlah korban meninggal akibat guncangan gempa magnitudo 6,5 menjadi 23 orang.

"Hingga Kamis 26 September 2019 pukul 21.53 WIT, koirban korban meninggal dunia sebanyak 23 orang," ujar Plt. Kapusdatin dan Humas BNPB, Agus Wibowo dalam keterangan tertulisnya, jumat 27 September 2019.

Agus mengatakan, korban meninggal paling banyak berada di Kabupaten Maluku Tengah yaitu 14 orang, Ambon enam orang dan Kabupaten Serang Bagian Barat tiga orang.

Selain itu, korban luka-luka saat ini tercatat ada 100. Rata-rata korban meninggal dunia dan luka-luka karena tertimpa reruntuhan bangunan.

"Sekitar 15.000 warga masih mengungsi pascagempa karena rumah mereka yang rusak dan mengantisipasi gempa susulan membahayakan bangunan tempat tinggal," ucap dia.

BPBD Maluku juga mencatat infrastruktur rusak akibat gempa yang terjadi pada Kamis, 26 September 2019. Ada 171 rumah rusak dengan rincian 59 rusak berat, 45 rusak sedang dan 67 rusak ringan, serta beberapa gedung di Universitas Pattimura dan IAIN Ambon mengalami kerusakan.

Korban Meninggal Gempa Ambon Mencapai 20 Orang, Innalillahi

Dream - Gempa berkekuatan 6,8 skala Richter, mengguncang Ambon Kamis, September 2019, pagi tadi sekitar pukul 07.39 WIB.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo melaporkan data terbaru pukul 18.00 WIB menunjukan jumlah korban meninggal mencapai 20 orang.

"Total korban meninggal dunia akibat gempa bumi 6,8 skala Richter sebanyak 20 orang," kata Agus, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 26 September 2019.

Agus mengatakan, korban luka berjumlah 107, yang terdiri enam orang luka ringan di Kampung Iha Desa Liang, 100 orang luka-luka akibat gempa di Desa Liang, 1 orang luka berat di Desa Waisama, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Beberapa rumah dan fasilitas publik rusak parah. Tersebar di Dusun Tanah Merah, Kampung Iha, Dusun Waihula, Desa Liang, Kabupaten Maluku Tengah. Pengungsi diperkirakan kurang lebih 2.000 jiwa.

Data Korban

Rumah terdampak gempa Ambon

Agus menyebut, kebutuhan mendesak yang dibutuhkan pengunsi diantaranya, selimut, pakaian hangat, terpal, minuman, dan kebutuhan lain.

Berikut data korban meninggal yang disampaikan BNPB. Di wilayah Batu Kuda Tial korban meninggal dunia sebanyak tiga orang, di Lembah Agro seorang bayi tewas.

Korban tewas yakni Narti dan Frans Masi. Kemudian, 6 lain yang tewas di Desa Liang yakni Halimah Samual, La Na'i, Wa Ona, Anisa Maruapey, Hamid Laisou dan cucu Hasam Laisou.

Tiga orang meninggal dunia di Desa Waai yakni Tine Tuasela, Semi Kadidu dan Minggus Souhoka.

Sementara itu, di Waisamu, Seram Barat, ada tiga orang meninggal dunia yakni Sansia, Aditya dan Johan. Sementara, ada dua orang belum teridentifikasi.

Gempa 6,8 Magnitudo Guncang Ambon, Universitas Pattimura Rusak

Dream - Warga Ambon dikejutkan dengan gempa yang terjadi sekitar pukul 06.46 WIB, Kamis 26 September 2019. Gempa itu tercatat bermagnitudo 6,8 dengan kedalaman 10 kilometer.

"Hasil analisis http://realtime.inasafe.org menunjukkan bahwa gempa ini terjadi di darat dengan intensitas maksimum VII-VI MMI," ujar Plt Kapusdatin dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo, dalam keterangan tertulis, Kamis 26 September 2019.

Dampak gempa di Univeristas Cendrawasih

Dampak gempa di Univeristas Cendrawasih

Dengan intensitas tersebut, kata Agus, membuat kerusakan pada sejumlah bangunan karena kuatnya goncangan. Salah satu bangunan yang mengalami kerusakan yakni University Pattimura.

"Laporan kerusakan terkini dari Pusdalops BNPB, 1 jembatan retak (rusak ringan) di Ambon, 1 bangunan Universitas Pattimura rusak ringan," kata dia.

Nilai ini menunjukkan goncangan kuat dan kemungkinan membuat kerusakan untuk bangunan yang tidak tahan gempa.

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Barat Laut Maluku

Dream - Gempa berkekuatan 5,1 magnitudo terjadi di Maluku Tenggara. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pukul 12.38 WIB.

"Lokasi berada di 7.54 LS, 130.55 BT (96 kilometer barat laut Maluku Tenggara)" tulis BMKG, Jumat, 30 Agustus 2019.

Gempa tersebut tercatata berada di kedalaman 10 kilometer. Gempa tersebut dilaporkan tidak berpotensi tsunami.

Gempa Tektonik Magnitudo 4 Guncang Bogor

Dream - Gempa berkekuatan 4,0 magnitudo mengguncang wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat, 23 Agustus 2019, pukul 11.10.59 WIB. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Kepala Balai Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho menyebut, analisis BMKG menunjukkan, gempabumi tersebut berpusat di koordinat 6.7 LS - 106.51 BT.

"Tepatnya berada di Darat pada jarak 101 kilometer barat daya Kabupaten Bogor Raya dengan kedalaman lima kilometer," ujar Hendro.

Hendro mengatakan, ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalamannya hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi dangkal. Gempa tersebut diakibatkan aktivitas sesar Citarik.

"Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Sukabumi dengan Skala Intensitas II - III MMI, di Ciptagelar dengan Skala Intensitas III MMI, di Panggarangan Jatake, Cikotok dan Bogor dengan Skala Intensitas II - III MMI," ucap dia.

Hendro menyebut, laporan yang dibuat pukul 11:35 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). "Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut," ujar dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Segini Besaran Santunan untuk Korban Meninggal Kecelakaan KA di Cicalengka

Segini Besaran Santunan untuk Korban Meninggal Kecelakaan KA di Cicalengka

Kementerian BUMN umumkan santunan untuk korban kecelakaan KA Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.