Belah Ekor Ular Derik yang Sering Berbunyi, Isinya Mengejutkan

Reporter : Sandy Mahaputra
Rabu, 13 April 2016 07:31
Belah Ekor Ular Derik yang Sering Berbunyi, Isinya Mengejutkan
Sebagian mungkin mengira ada bola kecil di dalam ruas ekor ular ini yang bergetar hingga menimbulkan suara berderik. Namun ternyata...

Dream - Ular derik (rattlesnake) terkenal karena menjadi salah satu reptil yang paling mematikan di dunia. Banyak ditemukan di Amerika Utara dan Selatan, Eastern Diamondback adalah ular derik yang paling berbisa.

Orang-orang yang tinggal di daerah yang banyak ular deriknya akan dengan mudah
mengenali ular ini dari suara getaran pada ekornya.

Suara getaran pada ekor itu sebenarnya merupakan tanda peringatan bagi predator atau pemangsa.

Selain menggetarkan ujung ekornya, ular derik juga mengeluarkan suara berdesis sebagai tanda peringatan kedua.

Sara Viernum, ahli herpetologi di Wisconsin, mengatakan kepada LiveScience, suara derik sebenarnya dihasilkan oleh ruas-ruas yang terbuat dari keratin (materi yang sama yang menyusun kuku dan rambut) yang saling bergesek satu sama lain di ujung ekor ular tersebut.

Yang menarik, setiap kali ruas-ruas tersebut hilang, maka akan tumbuh lagi. Dan orang mungkin memperkirakan usia ular derik dari panjang ruas-ruas derik yang ada di ujung ekornya. Tetapi hal itu sama sekali tidak benar.

Sebab, ular derik bisa kehilangan ruas-ruas deriknya saat bertarung dengan binatang lain atau ketika melarikan diri dari predator. Ular derik bahkan bisa kehilangan ruas- ruas deriknya jika tersangkut di bebatuan.

Tetapi, pernahkah Anda tahu apa yang ada di dalam ruas ekor ular derik?

Sebagian mungkin mengira ada bola kecil di dalam ruas ekor ular ini yang bergetar hingga menimbulkan suara berderik. Namun lagi-lagi jawabannya tidak benar.

Duo ayah dan anak di kanal Youtube What's Inside mencoba memperlihatkan bagian dalam dari ekor ular derik. Mereka membeli ular derik yang sudah mati di eBay dan membelah ujung ekornya untuk menunjukkan isinya.

Ternyata di dalam ruas ekor ular derik itu tidak ada apa-apanya. Dan yang menarik, meski ularnya sudah mati, tetapi ekornya masih bisa mengeluarkan suara berderik ketika digoyang-goyangkan.

(Ism, Sumber: elitereaders.com)

1 dari 3 halaman

10 Tahun Benjolan di Paha Dibiarkan, Saat Dipecah Isinya...

Dream - Dokter kulit Sandra Lee kembali memperlihatkan keahliannya membedah kista dan benjolan pada tubuh pasien-pasiennya.

Kali ini, ia menangani pasien yang mungkin merupakan operasi bedah kista paling menjijikkan.

Dalam video, seorang perempuan berusia 24 tahun bernama Kristi menderita kista di bagian belakang paha kanannya.

Saking besarnya, kista tersebut oleh teman-teman Kristi dijuluki Kramer.

" Dalam 10 tahun terakhir, benjolan tersebut semakin membesar sehingga kelihatan sangat menonjol."

Kasus cukup menantang baginya. Namun sesuai dengan julukannya sebagai Pemencet Jerawat, Lee berhasil mengeluarkan cairan menjijikkan berwarna cokelat yang memancar deras dari benjolan besar tersebut.

(Sumber: dailystar.co.uk)

2 dari 3 halaman

2 Kamar Misterius Makam Firaun Tak Dibuka 3000 Tahun, Isinya..

Dream - Para ilmuwan mendapatkan temuan mengejutkan saat melakukan pemindaian di piramida yang menjadi makam Firaun Tutankhamun. Hasil pemindaian itu menunjukkan adanya dua ruangan yang tak tersentuh selama 3.000 tahun.

Menurut Menteri Kepurbakalaan Mesir, Mamdouh el-Damaty, ruangan misterius ini diduga berisi material logam ataupun organik.

Mamadouh menambahkan, ruangan misterius ini akan dipindai kembali pada akhir bulan ini. Sebab, para peneliti perlu mendapatkan gambaran yang lebih jelas lagi.

Penemuan ini setidaknya bisa menjadi petunjuk baru bagi masa-masa kuno di Mesir yang penuh “ gejolak”. Dan sejumlah peneliti berspekulasi ruangan itu menjadi makam Ratu Nefertiti, istri dari ayah Firaun Tutankhamun.

Sementara itu, Mamadouh juga memperkirakan bahwa ruangan tersebut merupakan makam anggota keluarga dari Firaun Tutankhamun. Meski demikian, dia tidak berspekulasi apakah ruangan itu makam dari Nefertiti.

3 dari 3 halaman

Kapal Portugis yang Karam 500 Tahun Silam Ditemukan, Isinya...

Dream - The Esmeralda. Kapal ini tenggelam 500 tahun silam di laut wilayah Oman. Dan baru-baru ini, kapal tersebut ditemukan oleh para arkeolog. Isinya sungguh mencengangkan, penuh barang berharga.

Kapal ini dinakhodai oleh paman dari Vasco da Gama, penjelajah masyhur dunia asal Portugis. Tenggelam pada Mei tahun 1503 akibat badai ganas Samudera Hindia. Komandan kapal, Vicente Sodre, dan seluruh awak buah kapal tewas.

Dan sejak 2013 silam, tim pencari dari perusahaan asal Inggris, Blue Water Recoveries, dan Kementerian Kebudayaan dan Peninggalan Oman melakukan pencarian di Pulau Ghubbat ar Rahib Bay.

Pencarian itu tak sia-sia. Mereka kemudian menemukan puing-puing tua yang diyakini dari kapal kuno, diduga kuat sebagai satu dari dua kapal yang hilang diterjang badai dalam perjalanan ke dua Vasco da Gama ke India.

Para pencari yang melakukan penyelaman menemukan sejumlah benda pada kapal itu. Antara lain peluru batu, keramik, bel, dan puing-puing lainnya. Para penyelam juga menemukan koin langka dari perak yang disebut Indio.

Menurut Direktur Blue Water Recoveries, David L Mearns, koin langka yang ditemukan tersebut dibuat pada tahun 1499, setelah perjalanan pertama Vasco da Gama ke India. Koin itulah yang menjadi petunjuk kuat identitas reruntuhan kapal yang ditemukan itu.

“ Itu penemuan yang mengagumkan. Ini seperti Anda membaca kisah Hollywood,” kata Mearn, sebagaimana dikutip Dream dari News.com.au, Rabu 16 Maret 2016.

Para arkeolog yang menemukan kapal ini menuliskan temuan mereka pada artikel yang diterbitkan dalam jurnal The International Journal of Nautical Arcehology.

Bagi Oman, keberhasilan ini menjadi penemuan pertama. Mereka akan terus melakukan pencarian untuk menemukan peninggalan-peninggalan lain dari kapal yang karam.

“ Sekarang Oman tengah mencari arsip dari luar untuk mengetahui hubungan dan perdagangan antara Oman dan bangsa luar,” ujar pejabat dari Kementerian Kebudayaan Oman, Ayoub al-Busaidi. (Ism)  

Beri Komentar