Di Tengah Panasnya Persaingan, E-Commerce Ini Sukses Jadi Nomor 1 di Indonesia

Reporter : Iwan Tantomi
Senin, 1 November 2021 09:00
Di Tengah Panasnya Persaingan, E-Commerce Ini Sukses Jadi Nomor 1 di Indonesia
Persaingan makin memanas antara 5 nama besar e-commerce di tanah air, siapa yang nomor 1?

Ada yang menarik dengan perkembangan industri e-commerce di Indonesia. Sebab, jika diamati baik-baik, bukan hanya senantiasa berubah, tetapi juga berkembang pesat seiring dengan berjalannya tahun. Hal inilah yang terjadi jelang akhir 2021, di mana persaingan makin memanas antara 5 nama besar e-commerce di tanah air, yakni Tokopedia dan Shopee yang paling sengit persaingannya, juga Lazada, Bukalapak, Blibli, dan JD.ID.

Lantas, pernahkah kamu berpikir, dari kelima e-commerce tersebut, kira-kira siapa yang berada di urutan pertama? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, SnapCart melakukan riset dengan metode online survey yang dilakukan sejak bulan September 2021. SnapCart sendiri merupakan aplikasi yang menawarkan cashback bagi pengguna dengan cara mengunggah struk belanja, sekaligus memantau real time analytics mengenai perilaku belanja konsumen.

Lebih lanjut, survei yang diselenggarakan oleh SnapCart ini diikuti oleh 1000 responden dari berbagai jenis kelamin, golongan usia, pendapatan, dan tersebar di berbagai area di Indonesia. Biar tak penasaran, berikut hasilnya.

1 dari 4 halaman

Pilih E-Commerce yang Paling Banyak Diingat dan Digunakan Sebagai Juara

Berdasarkan hasil riset SnapCart tersebut, ditemukan bahwa Shopee merupakan e-commerce yang paling banyak diingat dan paling banyak digunakan kebanyakan orang. Sebanyak 75% responden menjawab bahwa Shopee merupakan aplikasi atau situs belanja online yang menjadi Top of Mind, disusul oleh Tokopedia dengan persentase 18%, dan Lazada dengan persentase 5%.

Sementara dari total responden, sebanyak 87% responden menjawab bahwa Shopee adalah platform e-commerce yang mereka gunakan dalam 3 bulan terakhir, menjadikan Shopee sebagai e-commerce dengan jumlah pengguna terbanyak dalam periode waktu tersebut.

Sementara itu, 46% responden menggunakan Tokopedia dan 20% responden lainnya menggunakan Lazada. Shopee juga memiliki pangsa user sebesar 51%, bila dinyatakan secara share of users. Disusul oleh Tokopedia yang memiliki pangsa user 27%, dan Lazada yang memiliki pangsa user sebesar 11%.

2 dari 4 halaman

Aplikasinya Ranking Pertama di App Store dan Google Play Store

Makin menarik lagi, temuan SnapCart ini sejalan dengan laporan Map of E-commerce in Indonesia yang diterbitkan oleh iPrice pada kuartal kedua 2021. Dalam laporan tersebut terlihat bahwa menurut ranking aplikasi, baik dalam Apple App Store atau Google Play Store, Shopee menempati peringkat pertama.

Begitu halnya di Apple App Store, Shopee menduduki peringkat pertama, disusul Tokopedia yang duduk di peringkat kedua. Hasil yang serupa juga ditemukan dalam ranking aplikasi Google Play Store, di mana Shopee masih berada di peringkat pertama, sementara Tokopedia di peringkat keempat.

Uniknya, data dari App Annie juga menunjukkan hasil yang serupa, di mana sejak awal hingga pertengahan tahun 2021, Shopee tercatat sebagai platform belanja online nomor 1 di Indonesia dengan jumlah total unduhan (total downloads) terbanyak baik di Google Play Store atau Apple App Store. Shopee juga menjadi platform belanja online nomor 1 dalam jumlah pengguna aktif bulanan (monthly active user).

3 dari 4 halaman

Daily Activity dan Frekuensi Belanja Penggunanya Sangat Besar

Tak hanya itu, hasil riset SnapCart juga semakin diperkuat dengan data dari SimilarWeb for App Performance tentang aplikasi e-commerce di Indonesia. Dalam data ini, Shopee memiliki jumlah daily active user (DAU) atau pengunjung aktif harian yang melampaui Tokopedia hingga lebih dari tiga kali lipat. Selama bulan Agustus 2021 lalu, jumlah pengunjung aktif harian aplikasi Shopee mencapai 28,35 juta, sementara aplikasi Tokopedia di angka 8,43 juta.

Sedangkan dalam indikator frekuensi belanja (transaction frequency) pada riset SnapCart, Shopee juga menjadi perusahaan dengan frekuensi transaksi bulanan terbanyak dibandingkan dengan e-commerce lain dalam tiga bulan terakhir. Shopee mencatat nilai rata-rata 5,44 kali per bulan.

Sementara itu, posisi berikutnya berturut-turut diisi oleh Tokopedia dengan rata-rata 3,99 kali dan Lazada dengan rata-rata 3,61 kali. Senada dengan data sebelumnya, Shopee juga menjadi merek e-commerce yang paling sering digunakan (brand used most often/BUMO) dalam tiga bulan terakhir dengan angka 74%. Sementara itu, Tokopedia dan Lazada berturut-turut berada pada angka 19% dan 6%.

4 dari 4 halaman

Berhasil Jadi Nomor 1 di Pasar Indonesia

Data-data di atas menunjukkan bahwa Shopee menjadi nomor 1 di pasar Indonesia selama periode 2021. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya yakni karena kepercayaan konsumen kepada Shopee. Sebanyak 63% dari responden survei SnapCart memilih Shopee sebagai e-commerce yang paling mereka percaya. Adapun 68% responden mengakui bahwa Shopee adalah e-commerce yang paling dapat diandalkan. Selain itu, 72% responden memilih Shopee karena e-commerce tersebut dianggap paling banyak menawarkan promosi.

Di sisi lain, sebanyak 63% responden berpendapat bahwa Shopee adalah e-commerce yang paling mengutamakan pelayanan prima bagi konsumennya. Kemudian, 65% responden menyatakan Shopee adalah e-commerce yang paling membantu perkembangan merek lokal dan UMKM, serta 66% responden berpendapat bahwa Shopee paling membantu menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Data-data pendukung di atas kasih bukti kalau Shopee punya pesanan (order) yang lebih tinggi jika dibandingkan pesaingnya. Hal ini bisa dilihat dari jumlah maupun nilai (value). Selain itu, jumlah share of order atau pangsa jumlah pesanan Shopee juga berada di angka 60%. Untuk e-commerce lainnya mencatatkan angka 23% untuk Tokopedia dan 9% khusus Lazada. Melihat dari nilai share of value atau pangsa nilai total pesanan, Shopee masih mendudukung angka 56%, Tokopedia berada di angka 25%, dan Lazada ada di angka 9%. Keren banget kan!

Dari berbagai indikator yang dicatat pada riset online survey SnapCart September 2021 dan juga laporan iPrice, data Similar Web for App Performance dan data App Annie, Shopee berhasil menempatkan diri di peringkat pertama jika dibandingkan dengan e-commerce lainnya. Pertarungan masih belum selesai dan sangat menarik untuk diamati kelanjutannya hingga penghujung 2021. Gimana, sudah belanja di e-commerce nomor 1 di Indonesia 2021 ini belum?

(*)

Beri Komentar