Puncak Arus Balik Diperkirakan Terjadi Hari Ini

Reporter : Syahid Latif
Sabtu, 2 Agustus 2014 15:21
Puncak Arus Balik Diperkirakan Terjadi Hari Ini
Puncak arus mudik diperkirakan terjadi di stasiun kereta api dan Bandara Soekarno Hatta.

Dream - Para pemudik yang hendak balik ke ibukota hari ini, sebaiknya ekstra sabar. Diperkirakan puncak arus balik Lebaran 2014 akan terjadi pada hari ini baik melalui darat maupun udara.

" Pada hari ini mulai berdatangan, dari kemarin saja sudah padat ya. Waktu kemarin 1 Agustus 2014, jumlah pemudik yang kembali ke Jakarta 18.240 orang, diperkirakan hari ini meningkat," ujar Kepala Humas Daop I Agus Komarudin, sepert dikutip Dream dari Merdeka.com, Sabtu, 2 Agustus 2014.

Menurut Agus bertambahnya arus balik ke Jakarta mulai terlihat sejak Rabu 30 Juli. Di stasiun Pasar Senen saja tercatat jumlah pemudik yang balik mencapai sekitar 16 ribu orang pada 30 Juli. Sementara esok harinya, Kamis 31 Juli terdapat 17.800 pemudik yang sudah kembali ke Jakarta.

Arus balik pada Lebaran kali ini diperkirakan meningkat dari tahun lalu. " Update sampai tanggal 1 Agustus saja sudah 500 ribu lebih pemberangkatan mudiknya. Dibanding tahun lalu ada kenaikan 8-10 persen," ujarnya.

Menghadapi arus balik tersebut, KAI menjamin telah siap sedia sejak kemarin. Para pegawai PT KAI bahkan tidak mendapat jatah libur selama masa Lebaran ini.

" Kami jaga terus selama 24 jam, Senin sampai Minggu. Semua personel PT KAI tidak diliburkan mulai dari atas sampai bawah. Mereka disebar untuk menjaga di titik-titik tertentu dari posko-posko mudik, stasiun-stasiun," katanya.

Puncak arus balik juga diperkiran terjadi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Staff officer in Charge (OIC) Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta Toto Murbantono menduga masyarakat ingin memanfaatkan momentum Lebaran sebelum kembali beraktivitas pada Senin, 4 Agustus mendatang.

" Karena umumnya pengguna jasa bandara meningkat di hari libur mengingat hari senin kan sudah mulai pada beraktivitas lagi dari libur panjang," kata Toto.

Toto Menambahkan sejak H +1 kemarin, sudah mulai terjadi peningkatan intensitas arus balik pemudik. Walaupun demikian, apabila dibandingkan dengan jumlah pemudik yang balik pada tahun lalu jumlahnya jauh.

Beri Komentar