Cegah Penyakit, Wilayah Terdampak Likuifaksi di Palu `Dibom` Disinfektan

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 19 Oktober 2018 06:00
Cegah Penyakit, Wilayah Terdampak Likuifaksi di Palu `Dibom` Disinfektan
Proses ini untuk menghalau vektor.

Dream – Wilayah terdampak likuifaksi semisal Petobo, Balaroa, dan Jono Oge mulai mendapat pengeboman material disinfektan dengan helikopter MI-8. Pengeboman ini dianggap lebih efektif karena cakupan wilayah yang luas dan kondisi lapangan yang berpotensi terjadi amblesan.

Pengeboman maupun penyemprotan disinfektan ini merupakan upaya antisipasi penyebaran penyakit melalui vektor seperti lalat, kecoa, atau tikus. 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan helikopter untuk membantu operasi water-bombing yang dikoordinasikan dengan kementerian dan pemerintah setempat.

" Saat ini proses pengeboman disinfektan masih berlangsung," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 18 Oktober 2018.

Penanganan wilayah terdampak likuifaksi tidak hanya melalui pengemboman udara, tetapi juga fogging atau penyemprotan oleh para personel di darat. Penyemprotan juga dilakukan di halaman rumah sakit yang digunakan untuk pengumpulan jenazah yang berhasil dievakuasi.

" Tindakan ini merupakan upaya untuk membasmi vektor yang dapat mengancam kesehatan lingkungan," ujar dia.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Jefri Nicol Pertama Kali Nembak Cewek