Indonesia Dituduh Serang Komputer Bank Sentral Australia

Reporter : Eko Huda S
Kamis, 3 Desember 2015 19:50
Indonesia Dituduh Serang Komputer Bank Sentral Australia
Indonesia diduga sangat tertarik pada apa yang terjadi di dalam RBA.

Dream – Bank Sentral Australia (RBA) menduga Indonesia berada di balik peretasan jaringan komputer mereka pada dua tahun silam. Namun, RBA tak menyebutkan dengan detail bagaimana peretasan tersebut dilakukan oleh hacker Indonesia.

“ Ada banyak informasi, kami tak tahu sejauh mana itu,” kata Direktur Keamanan Internet di Universitas Canberra, Nigel Phelan, sebagaimana dikutip Dream dari laman ABC Radio Australia, Kamis 3 Desember 2015.

Pria yang sudah 21 tahun bekerja di Kepolisian Federal Australia (AFP) ini menambahkan, Indonesia sangat tertarik pada apa yang terjadi di dalam RBA. Sebagai lembaga yang penting, setiap hari RBA menangkis serangan-serangan siber dari luar.

“ Saya pikir sebagian besar negara OECD dan negara yang dekat dengan OECD ingin tahu apa yang terjadi. Ketika Anda melihat fluktuasi mata uang, hal-hal semacam itu, sekali lagi itu data yang besar untuk perdagangan,” papar Nigel.

Peretasan ini merupakan laporan serangan siber kedua yang dialami oleh departemen utama Pemerintah Australia, setelah China disalahkan atas peretasan di Biro Meteorologi (BoM). Sama dengan RBA, beberapa waktu lalu BoM juga menolak menjelaskan detail peretasan tersebut.

“ Biro tidak mengomentari masalah keamanan,” demikian keterangan BoM dalam website mereka, beberapa saat setelah diretas.

James Turner dari Asosiasi Keamanan Informasi Australia (AISA) mengatakan masalah ini memang penuh spekulasi. Kepala asosiasi yang memiliki 3.000 anggota dari industri keamaan IT itu mengatakan, jika sebuah negara tertarik mendapat informasi, maka akan mengerahkan sumber daya.

“ Jika sebuah negara tertarik untuk mendapatkan akses ke aset informasi tertentu, mereka akan memperpanjang sumber daya, dan begitu mudah diprediksi bahwa mereka mengejar organisasi Australia, tentu saja,” ujar Turner.

“ Saya tak bisa komentar tentang aset apa yang secara khusus mereka cari tapi ini telah dipikirkan dan akan ada jalan menuju target potensial lainnya atau mungkin sejumlah sasaran lainnya yang telah diidentifikasi sebagai sumber yang baik,” tambah dia.

Turner mengatakan, para hacker selalu mencari tautan terlemah dalam rantai informasi. Sehingga mereka tak pernah maksimal menyerang pertahanan terbaik sebuah orgaisasi.

“ Seringkali seorang penyerang akan menyerang rantai pasokan dan contoh yang bagus dari ini adalah ‘Target’, sebuah toko rumah tangga di Amerika Serikat,” ujar Turner. 

1 dari 4 halaman

Misteri Jutaan Ikan Mati di Laut Ancol Terkuak!

Dream - Masyarakat Jakarta tengah digegerkan dengan fenomena jutaan ikan yang mati dan terdampar di tepi Pantai Ancol, Jakarta Utara sejak kemarin.

Lantas apa yang menjadi penyebabnya?

Ternyata, matinya ikan-ikan tersebut dipicu oleh pencemaran air laut oleh lumpur yang mengandung hidrogen sulfida atau H2S.

" Ada pemasukan air yang sangat besar dari sungai-sungai ke daerah muara Ancol akibat pembalikan atau pengangkatan lumpur-lumpur. Lumpur ini mengandung H2S. Racun itu," terang Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemprov DKI Jakarta, Lilik Litasari, saat berbincang dengan Dream, Selasa 1 Desember 2015. 

Lumpur yang mengalir dari sungai itu kemudian mengotori pesisir laut dan merusak habitat di daerah tersebut. Ikan-ikan tak mampu bernapas karena kandungan oksigennya sangat tipis. 

Fenomena itu, memang bisa terjadi di musim hujan seperti sekarang usai kemarau panjang. Peristiwa semacam ini sebenarnya sudah pernah terjadi tahun lalu di Pantai Ancol, hanya saja intensitasnya tidak sebanyak sekarang. (Ism) 

2 dari 4 halaman

Lorong Kuno Ungkap Misteri Kota Atlantis yang Hilang

Dream - Selama berabad-abad, ahli sejarah, arkeolog dan para peneliti berusaha mencari keberadaan Atlantis, sebuah kota metropolis kuno yang gilang gemilang namun kemudian hilang diterjang gelombang.

Belum ada yang mampu memastikan kebenaran sejarah dan keberadaan kota ini. Namun baru-baru ini sebuah penemuan luar biasa diklaim mampu menjawab teka-teki seputar kota Atlantis.

Para peneliti berhasil menemukan labirin atau lorong bawah tanah kuno yang sistematis. Labirin ini dianggap sebagai salah satu penemuan terbesar dari zaman Mesir kuno. Temuan ini dianggap terkait dengan misteri keberadaan kota Atlantis.

Dilansir dari Ancient-code.com, Rabu 18 November 2015, para peneliti menemukan labirin yang membentuk komplek bangunan dengan ruang-ruang yang panjang dan dalam. Temuan ini disbeut-sebut sama istimewanya dengan piramida.

Komplek bawah tanah tersebut juga dipercaya menyimpan misteri asal muasal manusia dan catatan kuno tentang Atlantis. Termasuk rincian peradaban, kerajaan-kerajaan besar dan penguasa sebelum sejarah yang sudah diketahui.

Berdasarkan catatan sejarah Herodotus, para peneliti mendapatkan gambaran jelas labirin tersebut. Labirin itu terdiri dari 12 bangunan besar dengan pintu yang saling berhadapan satu sama lain.

Terdapat dua jenis ruang dalam labirin tersebut, satu berada di bawah sementara lainnya di atasnya. Masing-masing jenisnya berjumlah 1500 ruang dengan total 3000 ruang.

Tidak ada yang mengetahui secara pasti berapa usia sebenarnya dari labirin raksasa bawah tanah milik bangsa Mesir kuno ini. Namun diprediksi labirin tersebut berasal dari masa lebih dari 1.300 tahun yang lalu.

3 dari 4 halaman

Hacker Beberkan Rencana ISIS Serang Indonesia

Dream - Kelompok afiliasi peretas, Anonymous, OpParisIntel, baru-baru ini menemukan rencana penyerangan ISIS ke Indonesia. Dalam rencana itu, terungkap ISIS juga akan menyerang beberapa negara lain, yaitu Prancis, Amerika Serikat, Italia, dan Lebanon.

Penyerangan itu kabarnya akan dimulai pada hari ini, Minggu, 22 November 2015. Pada serangannya ke Indonesia, ISIS berencana menyerang komunitas Al-Jihad dan One Day One Juz.

Menurut sebuah komunitas di Reddit, Al-Jihad adalah sebuah masjid di Karawang, Jawa Barat. Sedangkan, One Day One Juz adalah komunitas pengajian online yang menyemangati anggotanya untuk membaca Quran.

Dilansir dari IBTimes, selain Indonesia, lokasi lain yang menjadi target serangan ISIS adalah acara konser di Italia, perayaan Kristus Raja di gereja-gereja Katolik seluruh dunia yang tahun ini jatuh pada 22 November.

Sementara di Lebanon, ISIS berencana menyerang Universitas Pastoral. Dan di Amerika Serikat mereka menargetkan sebuah acara olahraga gulat di Atlanta.

" Tujuan kami beberkan rencana ISIS agar semua orang bersiap dan siaga, agar mereka membatalkan rencana," tulis peretas Anonymous.

Anonymous dan kelompok siber yang dimiliki ISIS telah melakukan perang dunia maya semenjak kelompok teroris tersebut menyerang Paris pada 13 November 2015 lalu. Grup peretas mengatakan mereka telah berhasil membekukan 5.000 akun Twitter milik ISIS.

Semenjak insiden majalah Charlie Hebdo pada Januari 2015 'perang' serupa juga berlangsung. Anonymous mengklaim berhasil menutup 149 website, 101.000 akun Twitter dan mengapus 5.900 video propaganda milik ISIS.

4 dari 4 halaman

Bocah `Hacker Ajaib` Bobol Website Sekolah untuk Jawab PR

Dream - Wang Zhengyang. Dialah bocah yang tengah menjadi buah bibir di China. Bocah berusia 13 tahun ini menjadi sorotan masyarakat karena kelihaiannya membobol sistem keamanan komputer. Sehingga dia dijuluki 'hacker ajaib' China.

Sebagaimana dikutip Dream dari laman Shanghaiist, Kamis 9 Oktober 2014, karena kemahirannya, Zhengyang telah menjadi pembicara pada the 2014 Chinese Internet Security Conference di Beijing. Dia juga sudah melakukan kerja sama dengan Tsinghua University.

Namun, di tengah reputasi yang menanjak, tudingan miring tertuju pada bocah ini. Zhengyang dituduh telah menggunakan kemahirannya untuk melakukan kejahatan. Dia dituduh telah membobol sistim komputer sekolahnya untuk mencuri kunci jawaban pekerjaan rumah. Selain itu, dia juga dituding membobol sistim komputer milik toko penjual mainan.

Tapi semua dibantah oleh Zhengyang. Dia mengatakan upaya pembobolan itu bukan untuk kejahatan. " Anda pertama kali harus menyerang website untuk menemukan kelemahannya," kata Zhengyang sambil menjelaskan bahwa dia membobol sistim komputer sekolahnya bukan untuk mendapatkan kunci jawaban atas PR di kelasnya, melainkan untuk siswa SMA yang satu sekolah dengannya.

Dia juga menolak telah berniat jahat dengan membobol situs milik toko online penjual mainan dan mengubah harga dari 2.500 yuan menjadi 1 yuan. Dia mengaku hanya memberi tahu toko online itu akan kelemahan sistim pada website mereka. Zhengyang mengaku tak melakukan pembelian saat membobol website itu.

Pada bulan April lalu, Zhengyang memperingatkan sebuah perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Beijing, Qihoo 360, tentang kerusakan sistim yang dapat mempengaruhi lebih dari 100 institusi pendidikan di negara Tirai Bambu ini.

" Saya pikir orang-orang pembobolan sistim sepanjang hari untuk keuntungan yang tidak bermoral," kata Zhengyang.

" Sangat menarik untuk mencari risiko keamanan situs web dan saya sangat gembira ketika saya menemukan satu. Tapi saya tidak akan menggunakan bakat saya untuk sesuatu yang ilegal," tambah dia.

Beri Komentar