Ini Jadinya Dua Granat Ditekan dengan Mesin Press Hidrolik

Reporter : Sandy Mahaputra
Rabu, 14 September 2016 10:02
Ini Jadinya Dua Granat Ditekan dengan Mesin Press Hidrolik
Video ini sudah ditonton 6 juta kali. Anda mengira akan meledak. Salah! Lihat videonya Anda bakal terkejut.

Dream - Salah satu peledak paling umum digunakan saat perang adalah granat tangan. Tapi pernahkah Anda melihat isi granat? Bahan apa saja yang menyusun sebuah granat?

Rasa ingin tahu memang terkadang mengalahkan banyak hal. Termasuk ingin mengetahui bagaimana kekuatan granat tangan jika ditekan dengan mesin press hidrolik.

Sebuah video yang diunggah di YouTube memperlihatkan mesin press hidrolik menghancurkan 2 granat tangan peninggalan Perang Dunia II.

Granat pertama adalah dari jenis MK-2 Pineapple dan yang kedua adalah granat dari tipe Mills Bomb. Tentu saja keduanya sudah tidak aktif sehingga tidak mempunyai daya ledak.

Ketika mesin press hidrolik mulai menekan...

1 dari 3 halaman

Saat Ditekan, Granat Itu...

Bagian atas granat mulai rontok satu persatu hingga akhirnya seluruhnya pecah menjadi serpihan-serpihan.

Granat tangan memang dirancang untuk meledak dan kemudian menghamburkan serpihan-serpihan tajam untuk melukai lawan.

Kekuatan tekan mesin press hidrolik memang ditambah sedikit demi sedikit. Hal ini berguna untuk mengetahui pada tekanan berapa granat akan 'meledak'.

2 dari 3 halaman

Ternyata....

Ternyata kedua granat yang berukuran kecil ini baru meledak pada ukuran tekanan 20 bar. Yang berarti sama dengan memiliki daya ledak hingga 4,2 ton.

Video yang diunggah ke YouTube oleh akun PressTube itu benar-benar mendapat sambutan hangat. Video itu setidaknya sudah ditonton 6 juta kali.

Beri Komentar