Innalillahi, Gus Baha Berduka

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 15 April 2020 13:59
Innalillahi, Gus Baha Berduka
Ibunda Gus Baha meninggal pagi ini.

Dream - Kabar duka datang dari KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau lebih dikenal dengan Gus Baha. Ibunda tercinta, Nyai Hj Yuchanidz Noersalim menghembuskan napas terakhir usai dirawat di RSUD DR Soetrasno Rembang, Jawa Tengah.

Nyai Yuchanidz sempat menjalani perawatan akibat penyakit lambung yang dideritanya. Kabar meninggalnya Nyai Yuchanidz disampaikan oleh kakak Gus Baha, Abdul Chakim Noersalim.

" Telah dipanggil kehadirat Allah SWT, ibunda tercinta Nyai Hajjah Yuchanidz Noersalim di RSUD DR Soetrasno Rembang. Semoga Allah memberikan anugerah ampunan-Nya dan husnul khatimah. Amin Ya Rabbal ‘Alamin," demikian kabar dari Abdul Chakim, dikutip dari NU Online.

Jenazah Nyai Yuchanidz disemayamkan siang ini pukul 14.00 WIB di halaman Pondok Pesantren Alquran Desa Narukan, Kragan, Rembang.

Abdul Chakim mewakili keluarga memohon maaf kepada seluruh handai taulan atas kekhilafan yang pernah dilakukan ibunda semasa hidup. Dia juga menyampaikan terima kasih atas bantuan dari semua pihak.

" Semoga Allah memberikan anugerah keberkahan untuk kita semua. Amin Ya Rabbal 'Alamin," kata dia.

Sumber: NU Online

1 dari 4 halaman

Gus Baha, Ahli Quran yang Sederhana

Dream - Gus Baha'. Ulama ini sudah tidak asing, terutama di kalangan pesantren. Usianya memang masih muda. Tapi tanyalah ilmu agama kepadanya. Dia bak kitab berjalan!

Pria bernama lengkap Bahaudin Nur Salim itu bisa dianggap sejajar dengan para kiai sepuh di Indonesia. Murid almarhum Kiai Maimoen Zubair itu salah satu pakar Alquran.

Ilmu Gus Baha memang luas. Namun sosok alim ini merupakan pribadi yang sederhana. Meski dikeliling banyak santri, dia tak pernah terlihat menjalani keseharian dengan bergaya.

Seperti dalam video yang diunggah di akun Instagram @ulama.nusantara. Video itu merekam kesederhanaan Gus Baha'.

" Kesederhanaan sekaligus ke-keren-an Gus Baha' dengan kacamatanya," tulis admin, diakses pada Kamis 6 Februari 2020.

      View this post on Instagram

Kesederhanaan sekaligus ke-keren-an Gus Baha' dengan kacamatanya ???????? . #UlamaNusantara #GusBaha

A post shared by Ulama Nusantara (@ulama.nusantara) on

Dalam video tersebut, terlihat Gus Baha mengenakan kopiah hitam, kemeja putih lengan panjang dan sarung. Sehari-hari, itulah tampilan khasnya.

Gus Baha' menyetir motor sendiri. Dia bersama bocah kecil yang membawa tas plastik warna putih. Gus Baha' menyuruh bocah itu naik ke motor.

Saat bocah itu naik, Gus Baha' terlihat memasang kacamata hitam. Beberapa saat kemudian, Gus Baha' memutar tuas gas dan memacu motornya.

© Dream
2 dari 4 halaman

Banjir Pujian

Video tersebut menuai banyak komentar dari netizen. Banyak dari mereka yang memberikan pujian atas kesederhanaan Gus Baha'.

" Opo anane, ora macem2, pancen cocok go panutan (Apa adanya, tidak macam-macam, memang panas untuk panutan),"  tulis @hotel_murah_sewa_mobil_jogja.

" Publik menyukai ulama dan kyai2 sederhana, ga neko2, dan apa adanya... Gus Baha, UAS, UAH, semoga selalu sehat dan menjadi berkah bagi bangsa Indonesia...,"  tulis @mefuady1.

Ada juga yang berkomentar kocak. Mengingat Gus Baha' hanya mengenakan kopiah hitam, bukan helm.

" Helm vs kopyahe gus baha sek kuatan kopyahe gus baha... Coba podo2 dibanting ng aspal pasti helm e pecah kopyahe kuat (helm vs kopiahnya Gus Baha masih lebih kuat kopiahnya Gus Baha'... Coba sama-sama dibanting ke aspal pasti helmnya pecah kopiahnya kuat),"  tulis @achroz87.

" Polisine meriang arep nilang Gus Baha (Polisinya meriang mau menilang Gus Baha'),"  tulis @jimmywd

3 dari 4 halaman

Sholat Jumat Sambil Gendong Anak, Ayah Muda Ini Banyak Dipuji

Dream - Setiap hari Jumat, televisi nasional Malaysia selalu menayangkan siaran langsung sholat Jumat di masjid-masjid tertentu.

Tayangan siaran langsung itu dilakukan agar ibu-ibu di rumah bisa memetik pelajaran dari khutbah Jumat yang dibacakan khotib.

Pada Jumat, 17 Januari 2020, sebuah pemandangan yang mengharukan terlihat dalam siaran langsung sholat Jumat yang direkam pengguna Facebook bernama Shareen Omar.

© Dream
4 dari 4 halaman

Aksi yang Mengagumkan

Omar kemudian mengambil tangkapan layar siaran langsung itu yang terus menyorot pada sosok pria di barisan saf paling depan.

Pria berbaju merah itu terlihat ikut sholat Jumat sambil menggendong anaknya yang diduga berusia 1-2 tahun.

Pria ini viral. Sholat Jumat sambil gendong anak.© Facebook Shareen Omar

" Sholat Jumat di TV tadi, kagum dengan brader ini yang gendong anaknya selama sholat Jumat. Alhamdulillah.. terbaik brader ini," tulis Omar penuh kagum.

Di antara foto-foto yang diunggah juga terlihat stroller bayi di hadapan pria tersebut.

Beri Komentar