Ke Mana Tubuh Laron Setelah Sayapnya Bertaburan di Lantai?

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 12 Juni 2017 04:02
Ke Mana Tubuh Laron Setelah Sayapnya Bertaburan di Lantai?
Saat laron jantan menemukan laron betina. Mereka kemudian....

Dream - Jika suatu tempat dipenuhi dengan laron pada waktu malam, keesokan paginya tempat tersebut pasti dipenuhi dengan sayap serangga itu. Sementara tubuh serangga itu hilang.

Lantas ke mana hilangnya tubuh makhluk mungil itu? Sebelum menjawab lebih lanjut tentang persoalan ini, mari kita pahami lebih dahulu dari mana datangnya serangga bersayap yang kerap muncul sehabis hujan ini.

Laron dikenal juga dengan anai-anai atau rayap. Laron merupakan hewan yang unik karena mereka merupakan serangga yang berkelompok.

Laron memiliki strata sosial yang masing-masing punya tugas dan tujuan. 

1 dari 3 halaman

Strata Sosial Laron

Menurut Siakapkeli, dalam setiap koloni laron ada laron pekerja, tentara, dan pembiak serta raja dan ratu. Tugas-tugas ini biasanya disesuaikan dengan ukuran tubuh dan usia mereka.

Laron pekerja memiliki tugas yang cukup banyak. Mereka bertugas sehari-hari dalam menjaga ratu, memperbaiki sarang, memberi makan, menjaga telur, dan mencari makanan.

Sementara laron tentara tugasnya hanya satu, yaitu mempertahankan koloni. Mereka pakar dalam hal pertahanan. Karena itu laron tentara memiliki capit di depan mulutnya.

 

 

2 dari 3 halaman

Laron Itu Buta

Sebenarnya kedua jenis laron ini mempunyai satu persamaan, yaitu mereka buta. Mereka berkomunikasi menggunakan sinyal kimia dan juga getaran yang dihasilkan melalui benturan di kepala.

Adapun laron pembiak akan berubah menjadi Nymph setelah masuk tahap larva. Nymph akan melalui proses molting sebelum menjadi laron dewasa yang bersayap.

Laron jenis ini sangat jarang diproduksi. Untuk satu koloni waktu untuk memproduksi laron bersayap mungkin lebih dari empat tahun. Tetapi, itu tergantung pada spesies dan koloni.

Ketika waktunya, semua laron bersayap dan bermata ini akan keluar secara berkelompok dari sarang mereka untuk mencapai tujuan yaitu memulai koloni baru dengan mencari pasangan.

3 dari 3 halaman

Ketika Laron Jantan Menemukan Betina...

Pada hari mencari pasangan itu, tempat-tempat yang berlampu akan dipenuhi oleh serangga ini. Ketika laron jantan sudah berhasil menemukan laron betina idaman, mereka akan jatuh ke tanah dan sayapnya akan lepas.

Setelah itu, mereka akan membuat sarang atau koloni baru di tanah atau kayu terdekat.

Laron jantan akan menjadi raja, sedangkan laron betina akan menjadi ratu pada koloni baru itu. Itu pun jika mereka berhasil.

Meski laron bersayap diproduksi dalam jumlah banyak, namun hanya sedikit dari mereka yang berhasil melanjutkan kehidupan. Itu karena keberadaan predator dan tantangan-tantangan yang dihadapi ketika mereka membentuk koloni.

Dalam dunia laron, ada juga kemungkinan dua ratu dalam satu koloni tapi rajanya tetap satu. Ini mengingatkan tentang poligami dalam dunia manusia.

[crosslink_1]

Beri Komentar