Menag: Insya Allah Calon Jemaah Haji yang Akan Berangkat Sudah Divaksin

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 29 Maret 2021 07:01
Menag: Insya Allah Calon Jemaah Haji yang Akan Berangkat Sudah Divaksin
Gus Yaqut menyatakan target vaksinasi calon jemaah haji selesai pada Mei 2021.

Dream - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, menyatakan vaksinasi Covid-19 untuk calon jemaah haji segera dijalankan. Nantinya, calon jemaah haji yang akan berangkat dipastikan sudah divaksin ketika ada keputusan soal pelaksanaan musim haji tahun ini dari Arab Saudi.

" Kami sudah bicara dan bersurat kepada Menteri Kesehatan dan Insya Allah semua jemaah calon haji yang akan berangkat dipastikan sudah disuntik vaksin," ujar Gus Yaqut.

Gus Yaqut memastikan bukan hanya kategori lanjut usia yang menerima vaksin namun juga jemaah usia dewasa. Di samping itu, Saudi telah mewajibkan semua orang yang akan masuk ke wilayahnya sudah divaksin.

" Vaksinasi dilakukan secepatnya, target pada akhir Mei 2021 semua jemaah calon haji sudah disuntik vaksin," kata dia.

 

1 dari 4 halaman

Vaksinasi Tak Akan Beratkan Jemaah

Sementara terkait kebutuhan pendanaan untuk vaksinasi, Gus Yaqut masih akan melakukan pembahasan dengan DPR. Ini untuk menentukan apakah kebutuhan pendanaan harus ditambah atau tidak.

" Kalau toh ditambah, kami punya dana manfaat yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH)," ucap dia.

Yang penting, kata Gus Yaqut, sebisa mungkin vaksinasi memberatkan calon jemaah haji. Sehingga pihaknya akan mengusahakan pengaturan mekanismenya.

" Tunggu waktu saja bicara dengan DPR. Pemerintah tidak ingin jemaah diberatkan karena situasi pandemi sekarang sudah berat," kata dia, dikutip dari Kemenag.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

2 dari 4 halaman

57 Ribu Lansia Calon Jemaah Haji Akan Terima Vaksinasi Covid-19

Dream - Kementerian Kesehatan mulai menjalankan vaksinasi Covid-19 untuk calon jemaah haji. Vaksinasi tetap dijalankan sembari menunggu keputusan resmi pemerintah Saudi terkait pelaksanaan musim haji tahun ini.

" Vaksinasi ini dilakukan sambil adanya keputusan resmi dari Pemerintah Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini," ujar Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito dalam konferensi pers disiarkan channel YouTube Sekretariat Presiden.

Menurut Wiku, vaksinasi akan diberikan kepada calon jemaah haji khususnya mereka yang masuk kategori kelompok lanjut usia.

" Saat ini tercatat lebih dari 57 ribu Lansia calon jemaah haji yang sedang menunggu pelaksanaan vaksinasi," kata Wiku.

Pada bagian lain, Wiku mengimbau masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi untuk tidak mengunggah sertifikat ke media sosial. Ini karena dalam sertifikat terdapat data pribadi yang rawan disalahgunakan.

" Penting untuk diketahui bahwa di dalam sertifikat bukti terdapat data pribadi dalam bentuk QR Code yang dapat dipindai," kata Wiku.


Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

3 dari 4 halaman

Dubes Saudi Beri Sinyal Positif Penyelenggaraan Haji 2021

Dream - Penyelenggaraan ibadah haji 2021 mulai memperlihatkan sinyal positif. Meski belum ada kabar baru, kemungkinan haji digelar untuk dunia mulai terbuka.

Sinyal tersebut didapat dari Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Althagafi. Saat bertemu dengan Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi, Esam menyampaikan Saudi terus melakukan persiapan untuk dapat menerima kedatangan jemaah umroh dan haji.

" Insya Allah dalam waktu dekat ada pengumuman resmi," ujar Esam, dikutip dari Kemenag.

Esam menerangkan Pemerintah Saudi terus melakukan pengkajian terkait kemungkinan pelaksanaan ibadah haji. Utamanya dengan menerapkan pula protokol kesehatan secara ketat.

" Yang terpenting saat ini bagi kami adalah menjaga keselamatan jemaah haji. Kami berharap jemaah dapat tiba di Arab Saudi dan kembali pulang ke negaranya dengan selamat," kata dia.

 

4 dari 4 halaman

Persiapan Terus Berjalan

Wamenag Zainut menyatakan pihaknya juga terus melakukan persiapan sembari menunggu keputusan dari Saudi untuk haji 2021. Sehingga, Indonesia bisa segera memberangkatkan jemaah haji begitu Saudi sudah mengambil keputusan.

" Sejumlah persiapan terus kami lakukan, misalnya dari penyiapan dokumen hingga vaksinasi (Covid-19) bagi jemaah," ucap Zainut.

Dia juga berharap pandemi yang terjadi baik di Indonesia maupun Saudi dapat segera diatasi. Sehingga Indonesia dan negara-negara lain dapat kembali mengirimkan jemaah haji.

" Sehingga umat Islam dari Indonesia dan negara lainnya, dapat kembali berangkat ke Tanah Suci untuk beribadah haji," kata Zainut.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar