Menag: Masjid Istiqlal Insya Allah Tetap Gelar Ibadah Ramadan

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 15 Maret 2020 06:00
Menag: Masjid Istiqlal Insya Allah Tetap Gelar Ibadah Ramadan
Menag meminta masjid di seluruh Indonesia dibersihkan agar tidak terpapar virus corona.

Dream - Menteri Agama Fachrul Razi menyatakan Masjid Istiqlal tetap melaksanakan ibadah Ramadan baik berbuka, sholat Tarawih, dan Witir. Dia meyakini virus corona baru alias Covid-19 tidak akan menjangkiti jemaah.

" InsyaAllah bila tidak ada perubahan, penyelenggaraan buka puasa Ramadan, sholat Tarawih serta sholat Witir tahun ini dapat digelar di Masjid Istiqlal," ujar Fachrul.

Tetapi, Fachrul meminta jemaah untuk menjaga kesehatan. Jika merasa kurang enak badan, dia menyarankan sebaiknya tidak pergi ke masjid.

" Kalau suhu tubuhnya dinyatakan tidak normal, maka disarankan jemaah tidak memasuki masjid demi kenyamanan dan kesehatan jemaah lainnya," kata dia.

Tak hanya itu, Fachrul juga meminta seluruh masjid di Indonesia dibersihkan secara menyeluruh untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para jemaah dari ancaman virus corona.

" Kami mengimbau seluruh masjid di Tanah Air untuk menggulung karpet dan melakukan pembersihan menyeluruh guna memberikan rasa nyaman dari risiko penularan virus corona kepada umat dalam menjalankan ibadah," terang Fachrul.

Dia juga meminta masjid juga menyediakan alat deteksi suhu tubuh untuk memastikan tidak ada jemaah sedang sakit memaksakan diri sholat di masjid.

1 dari 4 halaman

Ikhtiar Cegah Virus Corona, Menag Imbau Karpet Rumah Ibadah Sementara Digulung

Dream - Menteri Agama, Fachrul Razi mengimbau seluruh umat beragama membersihkan tempat ibadah sebagai tindakan kewaspdaan terhadap penyebaran virus corona baru. 

" Sebagai ikhtiar kita mencegah penyebaran Covid-19, saya ajak umat untuk bersama-sama melakukan aktivitas bersih-bersih rumah ibadah," ujar Fachrul, Jumat, 13 Maret 2020.

Selain bersih-bersih, Fachrul juga meminta pengurus tempat ibadah menggulung dan menyisihkan sementara karpet di rumah ibadah.

" Gulung dan sisihkan sementara karpet yang ada di rumah ibadah. Semprot ruang peribadahan dengan disinfektan," ucap dia.

Kepada umat Islam, Fachrul berpesan agar menjaga dan memastikan kondisi tubuhnya dalam keadaan sehat. Aktivitas peribadahan sedapat mungkin tidak memakan waktu yang panjang.

" Jangan lupa membawa sajadah sendiri. Pesan khutbah diharapkan juga menekankan pentinganya menjaga kebersihan dan kesehatan," kata dia.

2 dari 4 halaman

Jemaah yang Sedang Flu dan Demam?

Dia juga mengingatkan umat Islam untuk sementara menghindari jabat tangan, berpelukan dengan menempelkan pipi, dan aktivitas yang membutuhkan kontak fisik.

Selain itu, Fachrul juga mengajak pengurus rumah ibadah melakukan upaya preventif pencegahan penyebaran Covid-19, dengan menyemprot disinfektan, sabun di toilet dan air wudhu.

Jika memungkinkan, pengurus rumah ibadah menyiapkan alat pendektsi tubuh dan hand sanitizer bagi jemaah.

" Jemaah yang sedang mengalami demam, batuk, dan flu, disarankan tidak memasuki rumah ibadah demi kenyamanan dan kesehatan jemaah lainnya,” ujar dia.(sah)

3 dari 4 halaman

Jokowi Pantau Sterilisasi Masjid Istiqlal

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memantau gerakan bersih-bersih di Masjid Istiqlal guna mencegah penyebaran virus Corona baru, Covid-19. 

Jokowi tiba di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat, 13 Maret 2020, pukul 09.15 WIB. Jokowi didampingi pejabat terkait, seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Menteri Agama Fachrul Razi.

Petugas menggunakan alat pelindung diri (APD) dan membawa cairan disinfektan. Petugas tersebut terdiri dari 15 petugas PMI, 6 Kesdam Jaya, 6 Gegana, 6 Kodim Jakarta Pusat, 2 KAI DAOPS.

 Cegah Corona di Masjid Istiqlal© Deki Prayoga/Dream.co.id

Proses sterilisasi dimulai dari area dalam masjid. Petugas mengenakan pakaian pelindung lengkap dengan kacamata, sarung tangan, dan sepatu boots.

Proses sterilisasi dilakukan dengan menyemprotkan disinfektan ke seluruh area masjid.

Tidak hanya Masjid Istiqlal, rencananya Jokowi juga akan meninjau sterilisasi beberapa lokasi fasilitas umum untuk mencegah penyebaran Covid-19.

4 dari 4 halaman

Gulung Karpet Masjid!

 Cegah Corona di Masjid Istiqlal© Deki Prayoga/Dream.co.id

Fachrul Razi mengimbau seluruh pengurus masjid di tanah air untuk mensterilkan lingkungan masjid sebagai upaya mengurangi risiko penularan penyakit virus Corona baru.

" Kami mengimbau seluruh masjid di tanah air untuk mengulung karpet dan melakukan pembersihan secara menyeluruh guna memberikan rasa nyaman dari resiko penularan virus corona kepada umat dalam menjalankan ibadah," kata Fachrul.

 Cegah Corona di Masjid Istiqlal© Deki Prayoga/Dream.co.id

Menurut Fachrul, imbauan agar menggulung karpet dan melakukan pembersihan menyeluruh tersebut merupakan arahan Presiden Jokowi. Selain menggulung karpet Fachrul juga mengimbau setiap masjid dilengkapi dengan alat deteksi suhu tubuh.

" Ya kalau suhu tubuhnya dinyatakan tidak normal maka disarankan jemaah tidak memasuki masjid demi kenyamanan dan kesehatan jemaah lainnya. Insyaallah bila tidak ada perubahan, penyelengaraan buka puasa ramadhan, salat Tarawih serta shalat Witir tahun ini dapat digelar di Masjid Istiqlal," kata dia.

Beri Komentar