MK Putuskan Perkawinan Beda Agama Siang Ini

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 18 Juni 2015 10:43
MK Putuskan Perkawinan Beda Agama Siang Ini
Permohonan uji materi ini diajukan oleh tiga mahasiswa Fakultas Hukum UI, yang berpendapat larangan perkawinan beda agama membatasi hak konstitusionalitas warga negara.

Dream - Mahkamah Konstitusi akan memutuskan kedudukan hukum perkawinan beda agama. Putusan tersebut akan dibacakan siang ini.

Berdasarkan jadwal sidang yang diunggah dalam laman mahkamahkonstitusi.go.id, Kamis, 18 Juni 2015, sidang putusan akan digelar pada pukul 13.30 WIB.

Uji materi perkawinan beda agama terdaftar di kepaniteraan MK dengan nomor perkara 68/PUU-XII/2014. Pemohon uji materi ini adalah tiga orang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia yaitu Damian Agata Yuvens, Rangga Sujud Widigda, dan Varita Megawati Simarmata.

Pemohon berpendapat pemberlakuan Pasal 2 ayat 1 Undang-undang (UU) Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan yang mengatur pernikahan, hanya bisa dijalankan pada pasangan yang beragama sama justru bertentangan dengan konstitusi.

Pasal itu dianggap telah menghalangi hak konstitusional warga negara dengan dasar yang sudah dinyatakan terlarang dalam hukum internasional yaitu agama dan ras.

Uji materi ini kembali menuai polemik di kalangan tokoh agama. Majelis Ulama Indonesia bersamaan dengan beberapa ormas Islam dan lembaga keagamaan lain seperti PHDI, Walubi, Konghucu menyatakan perkawinan, beda agama merupakan praktik terlarang dalam ajaran agama masing-masing.

Pendapat berbeda diajukan oleh KWI dan PGI, yang merupakan lembaga agama Kristen. Kedua lembaga ini menyatakan pernikahan beda agama merupakan hak yang tidak boleh dicampuri oleh negara. (Ism)

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna