Dana Rp1,9 Triliun Digelontorkan untuk Perbaiki Masjid Bersejarah

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 13 November 2018 19:00
Dana Rp1,9 Triliun Digelontorkan untuk Perbaiki Masjid Bersejarah
Untuk tahap pertama ini, sebanyak 30 masjid di 10 wilayah akan direstorasi.

Dream - Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, memerintahkan pemulihan 130 masjid bersejarah di negaranya.

Permintaan itu disampaikan ke program National Program for the Restoration of Historic Mosques yang diawasi oleh Saudi Commission for Tourism and National Heritage (SCTNH) dan Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan.

Program nasional untuk pemulihan masjid ini dilakukan dalam beberapa tahap. Untuk tahap pertama ini, sebanyak 30 masjid di 10 wilayah akan direstorasi. Menurut laman Arab News, biaya yang dihabiskan untuk restorasi sebesar 50 juta riyal Saudi, atau Rp1,9 triliun.

Program nasional restorasi masjid ini diadopsi dari Pangeran Sultan bin Salman, Presiden SCTNH dan pendiri Al Turath Charitable Foundation, sebagai bagian dari pelayanan masjid dan warisan arsitektur Islam.

Yayasan ini telah mendokumentasikan dan mengembalikan wajah sejumlah masjid yang punya nilai sejarah sejak peluncuran pertamanya pada 1998.

Program yayasan itu mendapat sponsor dari Raja Saudi, Salman bin Abdulaziz. Dua masjid bersejarah di Ad Diriyah dan Jeddah, dan masjid Al-Hanafi di Jeddah mendapat bantuan renovasi.

Dukungan Mohammed untuk masjid-masjid bersejarah berasal dari keyakinannya akan pentingnya agama Islam dan warisan arsitektur dengan kekayaan sejarah, sosial dan budaya yang mereka wakili.

Dukungan itu membuat Mohammed dianggap paling dermawan dalam sejarah Saudi. Sebab, jumlah masjid dan biaya keseluruhan sejak peluncuran program 20 tahun yang lalu yang makin meningkat.

Proyek Mohammed untuk pengembangan masjid bersejarah akan memperkuat perhatian untuk mengembangkan wilayah sejarah dan warisan Saudi.

Arab Saudi telah menyaksikan pertumbuhan bangunan yang cepat. Kondisi itu telah mengabaikan sebagian besar masjid tua dan bersejarah. Beberapa masjid baru muncul menggantikan masjid lama. Program ini akan mengurus masjid-masjid yang terlantar ini.

Tim restorasi ini telah mulai merumuskan desain proyek ini. Tahap pertama meliputi 30 masjid yang akan dipulihkan: setiap masjid akan mampu menampung lebih dari 4.000 jemaah.

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik