Saudi Larang Muslim Israel Berhaji dan Umroh?

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 9 November 2018 11:00
Saudi Larang Muslim Israel Berhaji dan Umroh?
Selama ini, Muslim Israel masuk ke Saudi menggunakan paspor sementara dari Yordania.

Dream - Mulai tahun depan, umat Islam Israel tidak bisa lagi menjalankan haji dan umroh. Sebab, Arab Saudi memberlakukan pelarangan Muslim Israel menuju Mekah.

Kebijakan ini baru diketahui setelah Komite Haji dan Umroh Israel mengurus persyaratan bagi penduduk Muslim Negeri Bintang Daud itu ke Yordania.

Saudi selama ini memang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Para Muslim Israel kerap melaksanakan haji dan umroh difasilitasi oleh Pemerintah Yordania.

Mereka terlebih dulu diharuskan mengurus persyaratan ke otoritas Yordania. Selanjutnya, Muslim Israel mendapatkan paspor Yordania yang sifatnya sementara untuk masuk ke wilayah Saudi.

Ketentuan ini berlaku sejak 1978 berdasarkan keputusan yang dibuat oleh Raja Yordania, Hussein. Berdasarkan keputusan tersebut, Muslim Israel bisa masuk ke Saudi melewati Yordania.

Tetapi, Saudi mengubah kebijakan tersebut dan sepenuhnya melarang Muslim Israel masuk. Larangan ini juga berlaku bagi Muslim Israel yang memegang paspor sementara Yordania.

1 dari 1 halaman

Langsung Berdampak ke Muslim Israel

Ketua Komite Haji dan Umroh Israel, Salim Shalata, mengaku mendapatkan informasi mengenai larangan tersebut ketika sedang kontak dengan Kementerian Urusan Wakaf dan Tempat-tempat Suci Islam Yordania.

Kepada Haaretz, Salim mengatakan bahwa Saudi hanya membolehkan Muslim masuk menggunakan paspor reguler. Salim menilai kebijakan tersebut berdampak besar bagi umat Islam Israel.

Salim mengaku tidak mengetahui secara pasti alasan Saudi mengubah aturan yang sudah berjalan selama 40 tahun ini. Padahal, kata dia, selama ini semua berjalan tanpa hambatan.

" Kami tidak memiliki penjelasan atas apa yang terjadi, jadi kami naik banding ke setiap jalan bantuan yang mungkin," kata Salim

" Tetapi, kami sangat menyesal umroh yang sedianya berjalan pada Desember, di mana sudah ribuan orang mendaftar, tidak dapat terlaksana," lanjut dia.

Sumber: Liputan6.com/ Rizki Akbar Hasan

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan