Paru-paru Pasien Covid-19 Sembuh Dapat Pulih Sepenuhnya

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 24 November 2020 10:00
Paru-paru Pasien Covid-19 Sembuh Dapat Pulih Sepenuhnya
Penurunan fungsi paru usai terkena Covid-19 bisa terjadi pada pasien bergejala berat.

Dream - Pasien penyintas Covid-19 ada yang mengalami penurunan fungsi paru. Fakta itu memang terjadi, namun tidak semua mengalaminya.

Dokter spesialis penyakit dalam, Dirga Sakti Rambe, menjelaskan, penurunan fungsi paru pada penyintas Covid-18 tidak sepenuhnya benar. Dia menyebut kondisi itu hanya bisa terjadi pada pasien bergejala berat.

" Jadi sebenarnya tergantung kondisi Covid-19. Kalau kena Covid-19 yang berat, artinya masuk ICU pakai ventilator memang sangat mungkin ada gangguan atau penurunan fungsi paru," ujar Dirga, dalam diskusi virtual yang disiarkan channel YouTube FMB9ID_IKP.

Beda halnya untuk pasien dengan gejala sedang dan ringan. Menurut Dirga, fungsi paru untuk pasien kategori ini dapat kembali normal usai menjalani perawatan.

Kondisi ini juga bisa terjadi pada pasien yang sudah sembuh tetapi masih mengalami gejala ringan.

" Teman-teman yang pernah Covid-19 ringan atau sedang itu sangat mungkin, besar sekali kemungkinan paru-parunya kembali pulih 100 persen," ucap Dirga.


Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

1 dari 4 halaman

BPOM Beri Sinyal Positif Soal Penggunaan Vaksin Covid-19 di Masa Darurat

Dream - Badan Pengawas Obat dan Makanan memberikan sinyal positif terkait penerbitan Emergency Use Authorization (EUA) untuk vaksin Covid-19. Proses tersebut saat ini sedang berjalan.

" Badan POM nanti akan memberikan EUA pada waktunya," ujar Kepala BPOM, Penny Lukito, disiarkan channel YouTube Sekretariat Presiden.

Penny mengatakan saat ini lembaganya sedang menjalanankan analisa terhadap vaksin buatan Sinovac. Dia juga menyebut uji klinis tahap tiga atas vaksin itu sudah selesai dijalankan.

" Alhamdulillah aspek keamanan dalam uji klinik pantauannya baik, aspek mutu dari vaksin Sinovac juga baik," kata dia.

 

2 dari 4 halaman

Analisa Sedang Berjalan

Penny menyatakan pemerintah berkomitmen menjalankan vaksinasi dengan vaksin yang telah memenuhi khasiat, keamanan, dan keefektivan. Hal ini juga juga menjadi komitmen BPOM dalam menjalankan analisa.

" Sekarang kita sedang menunggu proses analisa sehingga aspek keamanan bisa kita dapatkan dan kita bisa berikan UEA sehingga vaksinasi bisa kita jalankan," kata Penny.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta kepastian mengenai datangnya vaksin Covid-19. Ini agar perencanaan vaksinasi dapat disusun dan dijalankan.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

3 dari 4 halaman

Vaksin Covid-19 Sudah Dibayar, Jokowi: `Sampai di Tangan Kita Kapan?`

Dream - Presiden Joko Widodo meminta kepastian mengenai proses pengadaan vaksin dari luar negeri. Salah satu perhatian presiden adalah kapan vaksin tersebut sudah bisa diterima Indonesia.

" Saya nanti minta laporan yang pertama mengenai vaksin, ini sampai di tangan kita kapan," ujar Jokowi saat membuka Rapat Terbatas Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Senin 23 November 2020.

Jokowi mengatakan semua proses, baik administrasi maupun pembayaran, sudah dilakukan pemerintah.

" Karena ini sudah prosesnya, mestinya proses administrasi proses pembayaran sudah dilakukan," ucap dia.

Selain itu, Jokowi juga meminta laporan perkembangan kesiapan vaksinasi termasuk proses distribusinya kepada masyarakat. Hal lain yang tak boleh diabaikan adalah kesiapan sarana loggistis terutama cold storage untuk menyimpan vaksin yang akan datang tersebut.

" Kemudian persiapan cold chain, persiapannya seperti apa dan proses administrasi menuju ke tahapan-tahapan di BPOM yang berkaitan dengan Emergency Use Authorization seperti apa, saya ingin mendapat laporannya," kata Jokowi.

4 dari 4 halaman

Distribusi Vaksin

Pekan lalu, Jokowi sempat meninjau pelaksanaan simulasi vaksinasi Covid-19 di lapangan. Dia menilai simulasi sudah dijalankan dengan cukup bagus dan meminta terus dilakukan.

" Saya akan mengecek mungkin satu atau dua kali lagi sehingga nanti saat pelaksanaan betul-betul pada kondisi yang sangat baik," ucap Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menekankan agar proses vaksinasi terus dievaluasi. Terutama untuk proses distribusi vaksin ke daerah.

" Yang menurut saya paling penting agar perjalanan vaksin ke daerah bisa berjalan dengan aman dan lancar," kata dia.


Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar