Pemkab Banyuwangi Kuatkan Enterpreneurship dengan Teknologi

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 20 Juli 2017 17:55
Pemkab Banyuwangi Kuatkan Enterpreneurship dengan Teknologi
Inovasi teknologi mendorong terciptanya kemandirian usaha.

Dream - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi ingin terus menguatkan jiwa kewirausahaan (enterpreneurship) di kalangan masyarakat . Munculnya enterpreneur baru diakui telah ikut memajukan ekonomi daerah.

" Enterpreneurship menjadi salah satu jalan keluar untuk membangun kemandirian ekonomi masyarakat," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat menghadiri Festival Teknologi Inovasi 2017 di Taman Blambangan, Rabu, 19 Juli 2017.

Salah satu upaya meningkatkan enterpreneurship ialah dengan mengembangkan inovasi dalam teknologi.

" Inovasi teknologi sangat penting untuk meningkatkan daya saing daerah. Dengan terus berinovasi diharapkan akan lahir produk-produk baru yang lebih efisien dan bermanfaat bagi masyarakat," kata Anas saat membuka festival,

Potensi di Bumi Blambangan memang terbilang beragam. Beberapa mahasiswa Politeknik negeri Banyuwangi (Poliwangi), misalnya, menciptakan paving berpori sebagai solusi resapan tanah.

Siswa SMKN Darul Ulum Muncar dalam pekan teknologi itu juga menambilkan inovasi berupa sepeda motor berbahan bakar gas LPG. Tabung gas LPG tiga kilogram yang dipasang di kendaraan itu mampu menempuh perjalanan sejauh lebih dari 200 kilometer.

Di bidang pangan, ada pembuatan nata de fish. Berbahan air rebusan ikan lemuru, produk inovasi ini dapat menambah protein anak-anak.

Beri Komentar