Pengertian Kompilasi Hukum Islam, Kedudukan, dan Pembagian Pasal-pasalnya

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 19 November 2021 13:00
Pengertian Kompilasi Hukum Islam, Kedudukan, dan Pembagian Pasal-pasalnya
Kompilasi hukum islam terdiri dari 3 buku yang membahas tentang hukum perkawinan, kewarisan, dan perwakafan.

Dream – Apakah sahabat Dream pernah mendengar tentang kompilasi hukum islam? Dalam agama Islam, keberadaan kompilasi hukum islam ini sangatlah penting, bahkan dijadikan pegangan bagi para hakim di pengadilan agama untuk bisa memutuskan suatu perkara yang berkaitan dengan perkawinan, waris, wasiat, hibah, dan sebagainya yang pihak-pihak di dalamnya adalah seorang Muslim.

Begitu sangat pentingnya kompilasi hukum islam, sampai-sampai dibukukan agar lebih mempermudah dalam penggunaannya. Namun dalam kehidupan sehari-hari, istilah kompilasi itu jarang sekali digunakan. Sehingga ada kemungkinan belum semua orang mengetahui apa itu sebenarnya kompilasi.

Sebagaimana dikutip dari perpustakaan.mahkamahagung.go,id, ditinjau dari segi bahasa, kompilasi adalah kegiatan pengumpulan dari berbagai bahan tertulis yang diambil dari berbagai buku atau tulisan tentang suatu persoalan tertentu.

Pengumpulan bahan dari beberapa sumber yang telah dibuat oleh beberapa penulis yang berbeda untuk kemudian dituliskan lagi dalam suatu buku tertentu. Dengan begitu, materi yang dibutuhkan pun bisa ditemukan dengan lebih mudah dalam buku tersebut.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang kompilasi hukum islam, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Pengertian Kompilasi Hukum Islam

Pengertian Kompilasi Hukum Islam© Freepik.com

Kompilasi hukum islam memiliki peranan yang sangat penting bagi umat Islam. Kompilasi hukum islam atau yang biasa disingkat KHI ini biasanya menjadi pegangan bagi para hakim dalam menjalankan tugas-tugasnya di pengadilan.

Seperti dikutip dari perpustakaan.mahkamahagung.go.id, kompilasi hukum islam Indonesia yang ditetapkan tahun 1991, tidak menyebutkan secara jelas tentang ap aitu pengertia dari kompilasi hukum islam. Tetapi jika dilihat dari rencana kegiatannya, arti kompilasi dalam pengertian kompilasi hukum islam adalah rangkuman dari beberapa pendapat hukum yang diambil dari beberapa kitab lalu ditulis oleh para ulama fiqh.

Di mana hal tersebut bisa digunakan untuk dijadikan referensi di Pengadilan Agama agar nantinya dikembangkan dan dihimpun dalam satu himpunan. Nah, himpunan itulah yang kemudian dikenal dengan sebutan kompilasi.

Sedangkan kompilasi hukum islam adalah suatu istilah yang digunakan untuk menunjukkan sebuah himpunan kaidah-kaidah hukum Islam yang sumbernya berasal dari kitab-kitab fiqh empat mazhab. Dari seluruh pandangan keempat ulama tersebut akhirnya dijadikan satu dan dibentuk menjadi sebuah buku dengan menggunakan bahasa perundang-undangan.

2 dari 4 halaman

Kedudukan Kompilasi Hukum Islam

Kedudukan Kompilasi Hukum Islam© Freepik.com

Adanya kompilasi hukum islam ini berdasarkan pada Inpres No.1 Tahun 1991. Di mana kedudukannya di dalam Sistem Hukum Nasional mengarah pada kedudukan Inpres tersebut pada tata urutan perundang-undangan di Indonesia. Dalam artian, kompilasi hukum islam ini berada di posisi bawah dari Undang-undang dan Peraturan Pemerintah.

Bedanya, hal-hal yang disampaikan dalam kompilasi hukum islam, terkhusus pada Buku I dan Buku II yang membahas tentang Hukum Perkawinan dan Perwakafan adalah suatu hukum yang memang sudah ada di tengah umat Islam.

Menurut pendapat Abdullah Kalib dalam tulisan Barmawi Mukri yang berjudul “ Kedudukan dan Peranan Kompilasi Hukum Islam dalam Sistem Hukum Nasional” mengatakan bahwa Presiden bisa mengeluarkan instruksi pada setiap menterinya dalam upaya membantu Presiden. Namun dengan syarat selama visi dan tujuan dari instruksi tersebut tidak bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, Tap MPR, dan UU yang masih berlaku.

Selain itu, keberadaan dari kompilasi hukum islam ini memiliki kedudukan yang kuat untuk bisa menciptakan sebuah ketertiban, keadilan, dan kepastian hukum. Sehingga tidak mengapa jika kompilasi hukum islam memegang kedudukan yang kuat untuk kemudian dijadikan sebagai hukum material bagi Pengadilan Agama.

Bahkan kompilasi hukum islam juga memiliki keabsahan otoritas dan pemberlakuannya bisa dipaksakan bagi umat Islam dengan adanya kewenangan dari Pengadilan Agama.

3 dari 4 halaman

Isi Kompilasi Hukum Islam

Isi Kompilasi Hukum Islam© Freepik.com

Mungkin sahabat Dream ada yang belum tahu dan penasaran, apa saja yang dibahas dalam kompilasi hukum islam tersebut. Ya, ada banyak sekali pembahasan dalam kompilasi hukum islam. Bahkan ada tiga buku, di mana pada buku I membahas tentang Perkawinan, lalu pada buku II membahas tentang Kewarisan, dan pada buku III membahas tentang Perwakafan.

Kesemua hal tersebut tentu sangatlah penting dan selama ini hidup di tengah umat Islam. Sehingga keberadaan kompilasi hukum islam sangatlah membantu dalam mengatur segalanya. Pembagian ke dalam tiga buku ini hanyalah pengelompokan di bidang hukum.

Menurut Edi Gunawan dalam tulisannya yang berjudul “ Eksistensi Kompilasi Hukum Islam di Indonesia”, hal-hal yang dibahas adalah bidang hukum Perkawinan (munakahat), bidang hukum Kewarisan (faraidh), dan bidang hukum Perwakafan. Nah, dalam setiap buku tersebut masih terbagi lagi menjadi beberapa bab yang dalam bab-nya dibagi lagi menjadi bagian yang lebih rinci lagi dalam bentuk pasal-pasal.

4 dari 4 halaman

Isi Kompilasi Hukum Islam

Kalau digabungkan atau secara keseluruhan, kompilasi hukum islam ini terdiri dari 229 pasal dengan pembagian yang berbeda-beda pada setiap bukunya. Untuk bagian atau pembahasan yang paling banyak adalah pada buku Hukum Perkawinan, mulai dari pasal 1 hingga pasal 170.

Lalu tentang Hukum Kewarisan mulai dari pasal 171 hingga pasal 193. Hukum Wasiat mulai dari pasal 194 hingga pasal 209, dan Hukum Hibah mulai dari pasal 210 hingga pasal 214.

Sedangkan pembahasan yang paling sedikit adalah tentang Hukum Perwakafan, mulai dari pasal 215 hingga pasal 227. Lalu ada tambahan pasal ketentuan peralihan dan ketentuan penutup yang masing-masingnya memiliki satu pasal.

Itulah pembahasan sedikit mengenai kompilasi hukum islam terkait dengan pengertiannya, kedudukan, dan isi dari kompilasi hukum islam sendiri. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan sahabat Dream ya.

Beri Komentar