Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Petobo Palu Lenyap Ditelan Lumpur, Ratusan Orang Diduga Terkubur

Petobo Palu Lenyap Ditelan Lumpur, Ratusan Orang Diduga Terkubur

Dream - Pasca gempa dan tsunami di Palu kemudian muncul fenomena lumpur dan tanah bergerak bernama likuifaksi. Fenomena tersebut menyebabkan tanah kehilangan kekuatan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, lokasi yang paling parah akibat dampak dari fenomena likuifaksi berada di Perumnas Petobo.

"Kemudian perumnas Petobo tenggelam oleh lumpur, diperkirakan ada 744 unit rumah, ini posisinya perumahan Petobo dekat dengan sesar Palu Koro," kata Sutopo di kantornya, Jakarta, Senin 1 Oktober 2018.

Baca juga: Innalillahi... Satu Kampung Lenyap Dilumat Lumpur Usai Gempa Palu

Diduga ada ratusan orang yang ikut terkubur dari amblasnya tanah tersebut. Meski demikian, Sutopo mengaku belum mengetahui berapa jumlah pasti korban yang berada di bawah reruntuhan Perumnas Petobo.

"Perkiraan lebih 500 jumlah korban dan proses evakuasinya memang sulit kondisinya," ujar dia.

Baca juga: Geger Fenomena Alam Aneh Muncul Setelah Gempa

Selain Perumnas Petobo, ada juga Perumnas Balaroa yang ikut amblas akunya fenomena likuifaksi. Jumlah rumah yang ikut tersedot juga lebih banyak lagi.

"Mekanisme yg terjadi di perumnas Balarowa, Perumnas Balaroa itu ambles yang tadi saya sampaikan 1747 rumah, jaraknya kurang lebih 2,60 meter dari sesar Palo Karo" ucap dia.

Gempa Terganas: Kampung Petobo Palu Terseret 2 Kilometer, Lenyap Ditelan Bumi

Dream - Dua wilayah, yakni Kelurahan Petobo, Kota Palu, dan Desa Jonooge, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi, mengalami kerusakan cukup parah usai gempa yang disusul tsunami, Jumat kemarin.

Perut bumi memuntahkan lumpur, menenggelamkam rumah, kendaraan, jalan, serta menyeret kampung Petobo hingga dua kilometer.

" Daratan seperti hanyut dan tergeser dua kilo dari posisi semula. Rumah tenggelam," kata Muh Sutomo, warga Masamba yang saat ini berada di Petobo mencari keluarganya yang hilang, dikutip dari laman Fajaronline.id, Senin 1 Oktober 2018.

Menurut laporan jurnalis Fajaronline.id, Ridwan Masrzuki, hampir seluruh bangunan di wilayah tersebut rata. Lumpur yang tiba-tiba muncul dari permukaan tanah menyapu seisi daratan.

Kini Kelurahan Petobo dan Desa Jonooge berubah menjadi lautan lumpur. Sebagian rumah dan fasilitas umum tenggelam. Dari lokasi bencana usai gempa dan tsunami, keluar sumber air bercampur lumpur. Saat kejadian, juga muncul suara ledakan.

Akses menuju lokasi bencana di Desa Jonooge masih lumpuh. Banyak badan jalan yang terbelah dan berubah jadi gundukan. Jembatan ambruk dan rusak berat. Sementara itu, wilayah Kota Palu yang juga belum tersentuh proses evakuasi adalah Kelurahan Petobo.

Hampir satu kelurahan wilayah tersebut berubah menjadi padang lumpur. Perumahan BTN dan permukiman penduduk setempat dilumat air bercampur lumpur dari perut bumi.

Material rumah bercampur kendaraan berserakan hingga menggunung. Belum diketahui jumlah korban jiwa di dua wilayah terisolasi tersebut. 

Para Ilmuwan Dunia Tercengang Dahsyatnya Tsunami Palu

Dream - Para ilmuwan terkejut dengan kekuatan tsunami yang menghancurkan Kota Palu pada Jumat pekan lalu. Sebab, dalam pandangan mereka, gempa yang sebelumnya terjadi seharusnya tidak menimbulkan gelombang yang merusak.

"Kami kira itu bisa menimbulkan tsunami, tidak sebesar itu," ujar geofisikawan pada firma konsultan Temblor sekaligus pengajar di Humboldt State University Kalifornia, Amerika Serikat, Jason Patton, dilansir Sydney Morning Herald.

Dia menambahkan apa yang terjadi di Palu belum pernah ditemukan oleh para ilmuwan. " Kita cenderung belum pernah mengamati sebelumnya," kata dia.

Gempa 7,4 Skala Richter pada Jumat sore kemarin berpusat di 80 Kilometer utara Kota Palu. 30 menit kemudian muncul gelombang air setinggi 5 meter menerjang Kota Palu, menerjang bangunan, kendaraan, dan menewaskan ratusan orang.

Musibah tsunami kerap terjadi setelah adanya gempa bumi megathrust, yang terjadi akibat sesar naik turun pada patahan bumi.

Gempa ini memicu gelombang besar yang bergerak dengan kecepatan tinggi dan menyebabkan kerusakan pada radius ribuan mil dari pusat gempa.

Beda Karakter dengan Tsunami Aceh

Gempa di Sulteng kemarin diyakini bergerak dengan kecepatan 800 kilometer per jam. Tetapi, karakter gempa ini berbeda dengan gempa di Sumatera dengan kekuatan 9,1 SR yang menimbulkan tsunami hebat setinggi 30 meter di Aceh dan sekitarnya yang termasuk sesar megathrust.

Terus Bertambah, Korban Meninggal Gempa Palu 384 Orang

Sesar yang adalah strike-slip, yaitu bergerak secara horisontal. Sesar ini diyakini seharusnya tidak menimbulkan tsunami.

"Tetapi, dalam keadaan tertentu bisa saja terjadi (tsunami)," kata Patton.

Banyak Kemungkinan

Sesar strike-flip di Sulteng diprediksi memiliki beberapa gerakan vertikal. Bisa juga sesar pada daerah patahan melewati kawasan dasar laut yang bisa naik turun, sehingga terjadi gesekan bisa mendorong air laut.

Kemungkinan lain tsunami terjadi akibat adanya longsoran dasar laut karena gempa. Longsoran itu menimbulkan tekanan pada air, seperti yang terjadi di Alaska pada 1964. Saat itu, Alaska diguncang gempa 9,64 SR.

Ini Penjelasan Mengapa Gempa Palu Picu Tsunami Tinggi

Patton pun menjelaskan berbagai macam faktor bisa menjadi penyebab tsunami Palu. Kajian dasar laut menjadi sangat penting untuk memahami apa yang sedang terjadi.

"Kita tidak akan tahu penyebabnya sampai semuanya selesai," ucap dia. (ism)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Pasutri di Depok Luka-Luka Usai Terkena Petasan di Malam Tahun Baru

Pasutri di Depok Luka-Luka Usai Terkena Petasan di Malam Tahun Baru

Sebuah pasangan harus menanggung rasa sakit karena terkena dampak ledakan petasan saat merayakan pergantian tahun baru.

Baca Selengkapnya
Perawatan Penting untuk Telinga Si Kecil yang Baru Ditindik

Perawatan Penting untuk Telinga Si Kecil yang Baru Ditindik

Jangan sampai area bekas tindikan terpapar kotoran yang bisa picu infeksi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Ekspektasi X Realita Karyawan Saat Weekend

NOTED KAK! Ekspektasi X Realita Karyawan Saat Weekend

Sahabat Sream suka gak sih ketika ekspetasi mau leyeh-leyeh tapi diminta bantuan pekerjaan. Kalau perasaan kalian bagaimana?

Baca Selengkapnya
DRESS IT! 3 Tutotrial Hijab Simple Dan Mudah

DRESS IT! 3 Tutotrial Hijab Simple Dan Mudah

Sahabat Dream lagi nggak mau ribet? Nih tips and trick 3 cara tampil dengan hijab simple dan mudah. Yuk coba

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Gak Enakan

NOTED KAK! Gak Enakan

Sahabat Dream pernah nggak sih punya perasaan gak enak minta bantuan atau kasih komentar tapi malah jadi makan hati sendiri?

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Challenge Makan Jeruk Nipis

BUNGKUS! Challenge Makan Jeruk Nipis

Sahabat Dream, seru juga nih tes tingkat ketahanan kamu makan buah jeruk nipis. Kira-kira kalau kalian masuk yang mana nih?

Baca Selengkapnya