Presiden Jokowi: Pengangguran Muda Jadi Tantangan Umat Islam

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 2 Agustus 2016 16:43
Presiden Jokowi: Pengangguran Muda Jadi Tantangan Umat Islam
Masyarakat muda begitu dekat dengan teknologi. Oleh karena itu, kata Jokowi, mereka harus didorong untuk berintegrasi dengan teknologi, seperti media sosial.

Dream - Presiden Joko Widodo mengatakan, umat Islam di dunia menghadapi sejumlah tantangan besar. Salah satunya masalah pengangguran.

" Kami juga mengalami tingkat pengangguran tinggi, khususnya di tingkat kaum muda," kata Jokowi saat pembukaan World Islamic Economic Forum (WIEF) 2016 di Jakarta Convention Center Senayan, Selasa 2 Agustus 2016.

Presiden yang sohor dengan nama Jokowi ini menambahkan, masyarakat muda begitu dekat dengan teknologi. Oleh karena itu, kata dia, mereka harus didorong untuk berintegrasi dengan teknologi, seperti media sosial.

" Bila kita tidak mendidik dan melatih masyarakat kita, dunia akan meninggalkan kita," ujar dia.

Tak hanya pengangguran, tantangan yang juga dihadapi umat Islam adalah persoalan pertumbuhan ekonomi dunia yang cenderung melambat usai krisis global delapan tahun lalu.

" Perdagangan global pada titik terendah. Tahun lalu, ekspor turun 14 persen," kata Jokowi.

Untuk menghadapinya, kata mantan gubernur DKI Jakarta ini, masyarakat Muslim harus menggunakan kekuatan fundamental, yaitu demografi.

Dia mengatakan secara demografis, dua per tiga umat Islam merupakan masyarakat usia produktif. Ini merupakan peluang yang harus benar-benar dimanfaatkan oleh umat Islam.

Beri Komentar
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-