Presiden Rusia Vladimir Putin Isoman Usai Orang Terdekat Positif Covid-19

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 15 September 2021 12:01
Presiden Rusia Vladimir Putin Isoman Usai Orang Terdekat Positif Covid-19
Putin dijadwalkan menghadiri pertemuan multilateral membahas situasi Afghanistan akhir pekan ini.

Dream - Presiden Rusia Vladimir Putin menjalani isolasi mandiri setelah salah satu orang terdekatnya dinyatakan positif Covid-19. Putin tetap akan memimpin sejumlah rapat penting meski dilakukan melalui video conference.

Sekretraris Bidang Pers Istana Kepresidenan di Kremlin, Dimtry Peskov, menyatakan Putin dalam kondisi sehat. Isolasi yang dijalani orang nomor satu di Rusia itu tidak akan membatasi kerjanya. 

" Tetapi tidak akan ada acara tatap muka untuk beberapa waktu," ujar Peskov.

Putin dijadwalkan menghadiri pertemuan puncak Organisasi Kerjasama Shanghai di Dushanbe, Tajikistan, akhir pekan ini. Pertemuan itu akan membahas kondisi Afghanistan sebagai agenda utama.

Dia dilaporkan akan menghadiri pertemuan itu secara virtual. Pada hari Senin, presiden Rusia bertemu dengan pemimpin Suriah Bashar Assad, dan juga menghadiri latihan militer di Nizhny Novgorod dengan Menteri Pertahanan Sergey Shoigu dan Jenderal Valery Gerasimov.

 

1 dari 2 halaman

Lingkaran Dalam Terinfeksi Covid-19

Berita itu muncul hanya satu hari setelah Putin mengatakan sejumlah kasus Covid-19 telah terdeteksi di lingkaran dalamnya. Dia mungkin harus segera membatalkan pertemuan tatap muka untuk mencegah penyebaran virus.

Peskov kemudian mengatakan pernyataan Putin merupakan dugaan pribadi. Dokter Kepresidenan belum mengeluarkan rekomendasi agar Putin isoman.

Putin menerima dua dosis vaksin virus corona domestik awal tahun ini dalam pertemuan tertutup. Pada bulan Juni, pemimpin Rusia itu mengungkapkan dia telah diimunisasi dengan suntikan Sputnik V buatan Moskow.

 

2 dari 2 halaman

Terima Vaksin Sputnik V Juni Lalu

" Terutama karena angkatan bersenjata kita sedang divaksinasi dengan Sputnik V, dan saya adalah Panglima Tertinggi," kata Putin saat itu.

Putin mengaku tidak merasakan gejala apa-apa setelah suntikan pertama. Tetapi empat jam setelah itu, dia merasakan pegal di titik suntikan dan demam semalaman.

Rusia telah mengalami gelombang infeksi ketiga dalam beberapa pekan terakhir, dengan 17.837 tes positif untuk virus tercatat dalam 24 jam terakhir. Selanjutnya 781 pasien dikatakan meninggal karena Covid-19, sehingga total kematian sejak awal pandemi pada Maret 2020 menjadi 194.249, dikutip dari RT.

Beri Komentar