Begini Reaksi Hewan Liar Saat Lihat Cermin

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 15 Juni 2015 16:45
Begini Reaksi Hewan Liar Saat Lihat Cermin
Reaksi hewan liar itu beragam. Ada yang agresif, ada yang biasa saja.

Dream - Fotografer Prancis, Xavier Hubert Brierre, melakukan eksperimen unik terhadap satwa liar di hutan di negara Gabon.

Dengan memasang cermin besar dan kamera dengan sensor di beberapa titik, Xavier berniat mengetahui reaksi satwa liar ketika melihat 'foto kopi' mereka di cermin. Dia ingin tahu apakah binatang-binatang tersebut mengenali dirinya sendiri.

Hasilnya sangat menarik. Hanya beberapa binatang yang mampu mengenali bayangan mereka sendiri di cermin, yang dikenal sebagai uji pengenalan diri di cermin.

Manusia biasanya sudah bisa mengenali diri mereka sendiri saat berusia 18 bulan atau dua tahun. Namun sebagian besar binatang yang menjadi objek eksperimen Xavier bereaksi terhadap bayangan mereka sendiri secara agresif.

Gorila punggung perak dan leopard langsung menyerang begitu melihat 'musuh' yang terlihat sama dengan diri mereka.

Seekor gajah hanya melihat singkat ke arah cermin dan dengan tenang berjalan pergi. Sementara sekelompok simpanse lebih banyak menghabiskan waktu berdiri atau duduk di depan cermin. Beberapa bahkan menggunakan cermin untuk bersolek.

Sepertinya, gajah dan simpanse bisa mengenali diri mereka layaknya manusia. " Satu-satunya burung yang lulus uji cermin adalah murai Eurasia," kata Xavier. (Ism) 

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak