Bandara Halim `Dikosongkan` 45 Menit Buat Raja Salman

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Jumat, 24 Februari 2017 06:30
Bandara Halim `Dikosongkan` 45 Menit Buat Raja Salman
Seluruh penerbangan domestik dari dan ke Halim akan tertunda saat Raja Salman mendarat nanti.

Dream - Masyarakat yang ingin bepergian menggunakan pesawat pada awal Maret mendatang, sebaiknya mulai bersabar. Kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al Saud sebagai tamu VVIP diperkirakan bakal membuat jadwal penerbangan molor 45 menit. 

Seperti diketahui, Raja Salman akan membawa delegasi sekitar 1.500 orang termasuk 10 menteri dan 25 pangeran. Kargo para delegasi saat ini sudah mulai berdatangan baik di Jakarta maupun Denpasar. 

Manajer Operasi dan Layanan Bandara Halim Perdanakusuma Ibut Bastono mengatakan akan terjadi 'no time notice' (tak ada lalu lintas penerbangan) saat rombongan Raja Salman mendarat. Kebijakan itu membuat sejumlah penerbangan domestik dari dan ke Halim kemungkinan mengalami penundaan (delay) selama 45 menit.

" Tetap ada perubahan regulasi, karena untuk kedatangan tamu negara ada no time notice to airman expected delay' untuk memberikan kesempatan kepada tamu negara," kata Ibut di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis 23 Februari 2017.

Ibut menjelaskan waktu 45 menit itu dialokasikan untuk memberikan kesempatan 30 menit sebelum mendarat dan 15 menit setelah mendarat.

" Untuk pesawat rombongan datang bertahap, mereka biasanya ground time," ucap dia.

Pengelola Bandara Halim memastikan telah memberitahukan adanya no time notice kepada para pengelola maskapai. Maskapai diharapkan melanjutkan informasi ini kepada para penumpang.

Selain itu, pihak bandara juga akan melakukan sterilisasi empat jam sebelum kedatangan dan sebelum keberangkatan Raja Salman.

" Sterilisasi bandara empat jam sebelum kedatangan dan sebelum keberangkatan," ujar dia.(Sah)

Beri Komentar